9 Jurusan Paling Langka Dengan Prospek Gaji Luar Biasa.

Halo Serupedians!

Momen kelulusan bagi siswa SMA merupakan sebuah awal yang baru untuk menentukan masa depan masing-masing. Ada yang memilih untuk bekerja, berwirausaha dan ada pula yang memilih jalur akademik atau biasa disebut kuliah.


Saat ditanya mengenai rencana kuliah, sebagian besar calon mahasiswa baru cenderung bercita-cita memasuki jurusan yang favorit, seperti jurusan teknik, kedokteran, farmasi, hukum, ilmu politik, dan lain sebagainya. Padahal, selain persaingan yang sangat besar, jurusan yang difavoritkan tidak akan menjamin masa depan para calon mahasiswa tersebut. Berikut Serupedia ulas 9 Jurusan Paling Langka Dengan Prospek Gaji Luar Biasa.

1. Filsafat


Filsafat adalah studi mengenai seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis, dan dijabarkan secara mendasar. Studi filsafat membutuhkan logika berpikir dan logika bahasa. Namun, masih sedikit peminatnya dibandingkan jurusan-jurusan lainnya. Padahal jurusan filsafat punya potensi besar untuk menjadi sukses di masa mendatang. Anda bisa menjadi penasehat penelitian, atau bahkan penasehat presiden. Di Indonesia, Kampus yang menyediakan jurusan filsafat diantaranya Universitas Indonesia dan Universitas Gajah Mada.

2. Arkeologi


Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan manusia pada masa lalu melalui kajian sistematis atas data benda-benda yang ditinggalkan, seperti artefak dan prasasti. Dengan memilih jurusan ini anda berkesempatan direkrut oleh para ilmuwan arkeolog dari luar negeri untuk meneliti peradaban sebuah suku di sebuah bantaran sungai pada zaman dahulu. Anda pun dapat bergabung dengan mereka untuk meneliti sejarah kehidupan dinosaurus, misteri UFO, manusia purba dan lain sebagainya. Sangat menarik untuk anda yang menggemari bertualang berkeliling dunia. Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran adalah beberapa kampus penyelenggara studi arkeologi di Indonesia.

3. Batra


Batra adalah jurusan yang berkaitan dengan pembuatan obat tradisional. Mungkin tidak banyak dari anda yang kenal jurusan ini, tapi peluang kerjanya di masa depan cukup menjanjikan. Anda akan belajar bagaimana menciptakan obat-obat herbal dan tradisional baru. Pencipta obat itu gajinya juga cukup tinggi. Banyak royalty dari produsen yang bakal masuk ke rekening anda. Obat tradisional disini bukanlah klenik dan perdukunan yang mistis, melainkan obat-obatan herbal yang berasal dari alam dan jauh dari hal mistis. Salah satu kampus yang menyediakan jurusan batra adalah Universitas Airlangga.

Baca Juga : 5 Jurusan Kuliah Paling "Neraka"

4. Astronomi


Ilmu Astronomi sendiri merupakan cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit, antara lain bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi. Serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi. Justru dengan memilih jurusan ini, anda berpeluang melamar di badan astronomi Indonesia atau internasional dengan bayaran yang tidak main-main. Institut Teknologi Bandung adalah kampus yang menyediakan jurusan astronomi di Indonesia.

5. Ilmu Perpustakaan


Dengan mendengarnya saja, anda pasti mengacuhkan pilihan ini. Di benak anda, Perpustakaan adalah tempat yang membosankan. Tapi memilih jurusan ini dapat membawa anda menuju kesuksesan. Pasalnya, ilmu perpustakaan ini mengajarkan kamu mengenai cara pengumpulan, pengorganisasian, pengawetan, dan penyebarluasan sumber informasi yang ada di suatu perpustakaan, serta berkaitan dengan nilai ekonomi dan politis dari informasi pada umumnya. Dengan kata lain, wawasan anda akan bertambah luas dengan bayaran yang cukup tinggi. Ilmu perpustakaan tersedia di Universitas Pendidikan Indonesia.

6. Pendidikan Guru SLB


Secara umum, banyak yang memilih Pendidikan Guru Sekolah Dasar, atau Pendidikan Guru yang mengajari murid-murid normal. Jurusan ini mungkin tidak banyak yang memilih, tapi setelah lulus nanti banyak SLB-SLB yang siap membuka lowongan untuk anda. Anda juga bisa mendaftar untuk SLB yang ada di luar negeri, yang tentunya akan memperkaya pengetahuan dan pengalaman anda. Jurusan ini tersedia di Universitas Pendidikan Indonesia.

Baca Juga : 10 Jurusan yang Alumninya Paling Mudah Mendapat Pekerjaan

7. Seni Peran


Anda Yakin tidak mau milih jurusan ini? Lulus dari jurusan ini, bukan berarti anda hanya bisa jadi artis pada umumnya. Anda juga dapat belajar hal apapun yang berkaitan dengan seni peran, seperti riasan wajah, penulis naskah, men-direct para pemain. Bahkan anda juga bisa menjadi sutradara. Institut Kesenian Jakarta adalah salah satu kampus yang menyediakan jurusan seni peran.

8. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan


Bagi anda penggemar biologi pada saat SMA, jurusan ini bisa menjadi alternatif anda. Banyak yang beranggapan jurusan ini tidak kompeten. Tapi dengan lulus di jurusan ini, anda dapat menjadi pencetus produk-produk yang bisa mengatasi masalah hama dan penyakit tumbuhan. Ingat, Indonesia itu negara agraris dimana penghasilan Indonesia mayoritasnya didapat dari pertanian. selain itu, anda juga dapat menjadi dosen yang ahli di bidang ini. Jurusan ilmu hama dan penyakit tumbuhan dapat ditemukan di Universitas Hasanuddin.

9. Sosiologi


Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku sosial antara individu dengan individu, individu dengan kolompok, dan kelompok dengan kelompok. Manusia sebagai makhluk sosial tidak pernah jauh dengan yang namanya hubungan sosial, karena bagaimanapun hubungan tersebut memengaruhi perilaku orang-orang. Sosiologi profesional sangat dibutuhkan di era modern. Dalam rangka membenahi kehidupan sosial dan kesopanan masyarakat yang sudah mulai terkikis saat ini. Setidaknya ada nilai sukses yang lebih besar yang dapat anda dapatkan. Bukan uang, tapi kesuksesan kamu membenahi etika dan kesopanan masyarakat sekitar. Jurusan sosiologi dapat ditemukan di Universitas Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta.

Itulah 9 Jurusan Paling Langka Dengan Prospek Gaji Luar Biasa. Perlu diketahui, bahwa jurusan kuliah tidak akan menjadikan anda sukses apabila anda tidak serius dan berkecimpung dengan lingkungan sekitar. Hal yang paling penting adalah bagaimana anda mengamalkan ilmu yang anda dapatkan pada saat kuliah, baik pelajaran kelas maupun ilmu bersosialisasi dan organisasi.

No comments:

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.