Recent Posts

Sejarah Bajaj dan Fakta Menarik Tentangnya

19.33.00 Add Comment
Halo serupedians

Siapa yang tidak mengenal kendaraan unik yang satu ini. Ya! Bajaj. Yang sangat populer di ibu kota negara kita, Jakarta. Seperti apa sejarah dan sepak terjangnya. Berikut serupedia akan mengulasnya.


Bajaj (Dilafalkan "ba-jai") merupakan kendaraan bermotor yang beroda tiga yang banyak digunakan di Jakarta. Selain di Jakarta, bajaj juga ditemukan di kota Banjarmasin dan Pekanbaru serta beberapa ibu kota kabupaten di Indonesia yang umumnya difungsikan sebagai modal transportasi umum.

Bajaj diketahui berasal dari India. Nama bajaj sendiri sebenarnya merupakan merek salah satu perusahaan otomotif di India, Bajaj Auto. Ada juga serial komedi lawak drama di TV yaitu Bajaj Bajuri, serial komedi yang bercerita tentang seorang sopir bajaj. Faktanya juga, bajaj ini juga merupakan kendaraan yang diluncurkan dari Bajaj Auto yang mengeluarkan sepeda motor Bajaj seperti Bajaj pulsar, dll juga merupakan dari satu asal merek kendaraan India.

Bajaj adalah alat transportasi Ibukota Jakarta yang cukup legendaris. Awalnya, bajaj adalah motor diimpor dari Italia. Desain aslinya Vespa Piaggio 150 GS. Buat konsumsi negara berkembang yang bisa jadi transportasi rakyat.

Bisa ditebak, mereka memodifikasi 150GS jadi roda tiga dengan nama Bajaj. Saat itu negara India tertarik membeli motor ini. Tahun 1971 Bajaj memisahkan diri dari pabrikasi Piaggio di Italia dan getol memproduksi motor berlabel Bajaj. 

Pabrikasi India ini tergolong dinamis. Coba simak! Masuk 1980, mereka membuat Bajaj keluaran anyar kapasitas 49 cc 2-langkah. Lantas membuat varian kapasitas 80 cc dan 100 cc.

Era 1986 jadi babak penting Bajaj. Mereka kerjasama dengan pabrikasi raksaksa Kawasaki untuk bikin motor paing handal. Dari situ lahir Bajaj-Kawasaki KB100. Dan terus bikin motor lain semisal Kawasaki ZZR 250 cc dua silinder. 

Kronologis Sejarah Perusahannya

PT. Bajaj Auto merupakan perusahaan terbesar di India untuk produsen skuter dan sepeda motor. perusahaan industri India yang tetap eksis dalam persaingan terhadap produsen dengan teknologi Jepang dengan investasi pengalaman. penjualan tertinggi produksi saat itu adalah skuter dengan harga termurah didunia, perusahaan Bajaj merupakan perusahaan keluarga Bajaj dan digerakkan oleh keluarga Bajaj turun temurun sejak awal.

Bajaj Auto sebenarnya telah dibentuk pada tanggal 29 November 1945 saat itu mereknya adalah Bachraj Trading Ltd. Bajaj Group lahir pada awal kemerdekaan India terhadap jajahan inggris.

Jamnalal Bajaj putra dari Mahatma Gandhi, merupakan putra kelima Mahatma Gandhi. Jamnalal Bajaj digantikan oleh putra sulungnya yang bernama Kamalnayan yang berumur 27 tahun saat itu , pada tahun 1942. Namun Kamalnavan terlalu sibuk dengan perjuangan kemerdekaan India waktu itu.

Pada tahun 1947, Kamalnayan berkonsolidasi dengan beragam kelompok, bahkan perusahaan bajaj group bercabang menjadi perusahaan semen, ayurveda obat-obatan, peralatan listrik, dan peralatan, sampai perusahaan produsen Scooter.

Pada tahun 1948, Bajaj mulai menjual kendaraan hasil adopsi roda dua yang menjadi kendaraan roda tiga dan memperoleh lisensi manufaktur dari pemerintah selama 11 tahun. pada tahun 1960, Bajaj Auto menjadi sebuah perseroan terbatas publik.

Pada tahun 1965 Kepemimpinan Bajaj Auto diambil alih kendali Oleh Rahul Bajaj yang merupakan anak dari Kamalnayan, Rahul Bajaj ternyata juga pemuja skuter Vespa buatan Piaggio yang terkenal di Italia. hingga tahun 1960, di usianya yang mencapai 22 tahun perusahaan bajaj berhasil dipercaya menjadi lisensi Piaggio untuk India untuk membuat scooter dengan nama Bajaj Auto, inilah pertamakali di mulainya memproduksi kendaraan roda dua scooter hingga tahun berikutnya.

Rahul Bajaj menjadi kelompok chief executive officer pada tahun 1968 setelah pertama kali mengambil gelar MBA di Harvard.

Dia tinggal di sebelah pabrik di didaerah Pune, sebuah kota industri dengan jarak tiga jam perjalanan dari Bombay. Perusahaan Bajaj memiliki omset tahunan sebesar Rs 72 juta pada waktu itu. Pada tahun 1970, perusahaan telah menghasilkan 100.000 kendaraan. Krisis bahan bakar mobil saat itu justru membuat usahanya maju karena memproduksi kendaraan roda dua yang murah, efisien dan diminati banyak orang.

Sejumlah model baru diperkenalkan pada 1970-an, termasuk kendaraan roda tiga pengangkut barang, Bajaj Chetak pada awal dekade, Bajaj Super dan Bajaj Super dengan tiga buah roda, dan menggunakan mesin belakang berteknologi Autorickshaw pada tahun 1976 dan 1977. Bajaj Auto memproduksi 100.000 unit kendaraan dan mendominasi ditahun 1976-77 .

Perjanjian kerjasama teknis dengan Piaggio Italia pun berakhir pada tahun 1977. Setelah itu, Piaggio membuat scooter dengan merek asalnya kembali yaitu Vespa di negara India, pelanggaran paten mengenai produk yang dianggap meniru Vespa membuat perusahaan bajaj memblokir penjualan skuter Bajaj nya di Amerika Serikat, Kerajaan Inggris, Jerman Barat, dan Hong Kong. jumlah pendapatan ekspor Bajaj pun jatuh, dari Rs 133.2 juta di tahun 1980 menjadi hanya Rs 52 juta ($ 5,4 juta) pada tahun 1981-82, meskipun total pendapatan naik menjadi lima persen Rs 1.16 miliar. belum lagi Laba Bajaj dipotong pajak menjadi dua, sehingga hanya mendapat laba bersih sebesar Rs 63 juta.

Apa saja fakta menarik tentang bajaj saat ini?

Pertama, Jangan pernah menawar harga bajaj lebih rendah dari tawaran pertama si abang, apalagi kalau harus sampai Tarik urat karena Cuma beda 1000perak, sekali lagi jangan. Pecinta fast to furious mungkin akan senang melihatnya, tapi sebagai penumpang, nyawa sebagai taruhannya, si abang akan ngebut sekencang bajaj dekilnya bisa dipacu dan selipan juga tikungannya lebh dahsyat daripada biasanya. Si abang tidak akan segan-segan berputar 180 derajat demi memuaskan hasratnya karena gagal dalam tawar menawar.

Kedua, Percayalah, 90 dari 100 orang yang naik bajaj terjadi karena keadaan terpaksa.

Ketiga, Tarif bajaj kadang-kadang sangat tidak masuk akal, beda-beda tipis dengan argo taksi.

Keempat, Terlalu sering merasakan getaran didalam bajaj bisa menyebabkan iritasi permanen pada bagian selangkangan dan gerak tubuh tidak lagi seimbang, selain itu mendengar bunyi angin ribut knalpotnya selama 10 menit sama efeknya dengan 100 menit ketika anda dugem.

Kelima, Percaya tidak percaya, tikungan dan rem bajaj bisa kita lakukan dengan satu sentuhan (dinamakan teknologi one touch), caranya, tepak pundak si abang.

6 Hasil Penemuan Besar yang Ditemukan Pada Abad Ini

10.19.00 Add Comment
Halo Serupedians!

Sebagai umat manusia, kita memang dituntut untuk terus-menerus menciptakan inovasi. Hal ini diperlukan semata-mata guna membangun kehidupan yang jauh lebih baik lagi dari sebelumnya. Kini, kita pun telah memasuki era abad ke-21, era dimana inovasi yang dulu istilahnya ‘tidak mungkin’ menjadi perihal yang lumrah untuk kita lakukan. 

Kali ini, Serupedia akan membahas beberapa penemuan terbesar abad ini yang memiliki dampak luar biasa terhadap kehidupan kita. Berikut daftarnya, 

1. Abiocor Artificial Heart (2001)


Jantung buatan ala Abiocor ini pertama kali digunakan untuk menggantikan jantung manusia pada sebuah operasi di tahun 2001. Uniknya, tidak seperti jantung buatan biasanya, jantung buatan ala Abiocor ini dapat bekerja sendiri secara otomatis. Produk ini pun tidak menggunakan kabel yang sifatnya mengganggu sehingga dapat mengurangi resiko infeksi yang biasa terjadi pada si pemakai. 

Sayang, jumlah penggunaan jantung buatan yang satu ini nyatanya masih terhitung sedikit. Ya, mari berharap saja semoga pemakaian produk yang keren nan canggih ini dapat semakin ditingkatkan di kemudian hari.

2. Skype (2003)


Penemuan yang satu ini bisa dibilang merupakan sebuah revolusi  penting di dalam bidang komunikasi. Jika dahulu kita butuh usaha ekstra untuk menghubungi sanak famili maupun kerabat di luar negeri, kini kita tidak perlu bersusah payah lagi. Inovasi yang satu ini telah membuat kita bisa dengan leluasa berkomunikasi dengan siapa saja, kapan saja, dan dimana saja via komputer personal yang kita miliki.

Skype hadir dengan membawa inovasi fitur telepon, bahkan video chat, yang dapat dipergunakan secara gratis melalui perantara WiFi. Skype sangatlah digemari dan bahkan sudah dapat diakses melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui ponsel.

3. 4G (2008)


Pada tahun 2008, Persatuan Telekomunikasi Internasional menetapkan segelintir ketentuan untuk standar koneksi generasi keempat alias 4G. So, katakan selamat tinggal pada koneksi yang lemot karena 4G menyediakan akses internet broadband selular yang jauh lebih mumpuni daripada 3G. Selain itu, koneksi 4G ikut menawarkan kapasitas data yang jauh lebih besar serta fitur-fitur keren seperti support teleponi IP, layanan games dan komputasi awan. 

Di Inggris, layanan 4G bahkan sudah tersebar di 93% dari populasi mereka, lho. Hm, semoga layanan koneksi 4G juga semakin meluas di seantero Indonesia kita tercinta, ya.

4. Nissan Leaf (2010)


Pamor mobil listrik nyatanya memang masih tidak sepopuler pesona mobil berbahan bakar minyak. Namun begitu, kini mobil listrik mulai dilirik sebagai pilihan yang menarik karena sifatnya yang ramah terhadap lingkungan. 

Nissan leaf, contohnya. Sebagai salah satu dari 30 merk mobil listrik yang telah beredar di pasaran, Nissan Leaf pun digadang-gadang sebagai mobil listrik dengan penjualan tertinggi di dunia. Tak tanggung-tanggung, total penjualan mobil keluaran Jepang ini sudah mencapai angka sebanyak lebih dari 200 ribu unit di 35 negara. Wow, fenomenal kan?

5. Google Driverless Car (2012)


Usut punya usut, Google kabarnya akan secara luas merilis sebuah produk mobil-tak-bersopir, lho. Produk ini pun sudah mulai melewati serangkaian tes di California sejak tahun 2012 dan rencananya akan mulai dirilis pada  tahun 2017. 

Mobil ini dikabarkan akan memiliki kecepatan maksimal hingga 25 mil per jam serta didesain untuk terus menerus bergerak sesuai dengan arus lalu lintas yang dideteksi oleh Google. Wih, sudah mirip teknologi ala film fiksi ilmiah saja, ya?

6. Tinder (2012)


Ayo siapa yang statusnya masih jomblo angkat tangan! Hehe, tenang, sekarang anda sudah bisa dengan mudah mengganti status hidup anda yang awalnya adalah ‘single’ menjadi ‘sudah memiliki pasangan‘. Ya, ucapkan terima kasih pada teknologi karena Ia telah menghadirkan sebuah aplikasi berkencan yang bernama Tinder.

Tinder hadir memperkenalkan sebuah gestur ‘swiping'  yang akan mempermudah proses pemilihan pasangan kencan anda. Para pengguna aplikasi pun dapat memilih sederet teman kencan potensial mereka hanya dengan bermodalkan gesekkan jari semata. Cukup gesekkan jari ke kanan untuk sebuah jawaban ‘iya’ dan gesekkan jari ke kiri untuk sebuah jawaban ‘tidak’ . Fantastisnya lagi, pada tahun 2014, aplikasi ini ternyata sudah menghasilkan sekitar 1 milyar swipes per hari. Luar biasa.



Itulah 6 Hasil Penemuan Besar yang Ditemukan Pada Abad Ini. Semoga di masa depan, akan lebih banyak lagi penemuan yang dapat membantu kelangsungan hidup kita di dunia, ya.

5 Tanaman yang Baik Dikonsumsi Pada Saat Survival di Hutan

19.39.00 Add Comment
Halo Serupedians

Pernah mengalami tersesat di gunung atau hutan rimba? Pada saat itulah kita bener-benar harus melakukan Survival atau bertahan hidup di hutan dalam segala keterbatasan. Kondisi ini sangat ja!uh dari kata nyaman. Dan yang membuat kita akan tersiksa adalah melawan rasa lapar dan dahaga yang teramat sangat.


Salah satu jalan keluar untuk mengatasi rasa lapar tersebut adalah memanfaatkan tumbuhan yang disediakan di hutan. Berikut serupedia akan mengulasnya dalam 5 Tanaman yang Baik Dikonsumsi Pada Saat Survival di Hutan. Selamat menyimak!


1. Daun semanggi

Mungkin Anda pernah melihat ada rumput kecil di bawah tanah, dan memiliki daun mirip yang berbentuk seperti hati. Inilah daun semanggi atau biasa disebut clover.

Daun semanggi merupakan jenis tumbuhan paku air ( salvinialis ) dari spesies marsiela, tumbuhan ini sangat mudah diperoleh di Indonesia, biasanya tanaman ini dapat ditemukan di tepi saluran irigasi sawah ataupun di pematang sawah. Tumbuhan dengan spesies ini memiliki bentuk yang khas seperti payung yang tersusun dari empat anak daun yang posisinya berhadapan, di dalamnya terkandung beberapa zat yaitu minyak atsiri, zat samak, dan saponin. Yang mana semua anggotanya memiliki dua tipe spora yang berbeda kelamin.

Tak sulit untuk menemukan rumput clover. Rumput ini termasuk kosmopolit atau mudah ditemukan di dataran, termasuk hutan Indonesia. Nah, saat tersesat, tanaman inilah yang paling mudah Anda cari untuk bahan makanan. Ambil saja daunnya dan bersihkan kemudian konsumsi.

2. Begonia

Anda tahu tanaman begonia? Biasanya tanaman ini dipajang di depan rumah sebagai hiasan. Nah, ternyata begonia juga banyak ditemukan di dalam hutan. Ciri-cirinya adalah tumbuhan ini berbulu di bagian tangkai hingga daun.

Begonia adalah genus dalam keluarga tanaman berbunga Begoniaceae. Satu-satunya anggota keluarga lainnya Begoniaceae adalah Hillebrandia, genus dengan spesies tunggal di Kepulauan Hawaii, dan genus Symbegonia yang baru-baru ini termasuk dalam Begonia.

"Begonia" adalah nama umum serta nama generik untuk semua anggota genus.Nama genus, diciptakan oleh Charles Plumier, pelindung Perancis botani, menghormati Michel Begon, mantan gubernur koloni Perancis Haiti kemudian diadopsi oleh Linnaeus. Dengan lebih dari 1.500 spesies, Begonia adalah salah satu dari sepuluh genera angiosperma terbesar. 

Spesies yang terestrial (kadang-kadang epifit) herbal atau undershrubs dan terjadi di iklim lembab subtropis dan tropis, di Amerika Selatan dan Tengah, Afrika dan Asia Selatan. Spesies darat di alam liar biasanya tegak bertangkai, rhizomatous, atau tuberous. Tanaman yang berumah satu, dengan bunga-bunga berkelamin jantan dan betina terjadi secara terpisah pada tanaman yang sama, laki-laki mengandung banyak benang sari, betina memiliki ovarium rendah besar dan 2-4 stigma bercabang atau bengkok. Dalam sebagian besar spesies buah adalah kapsul bersayap yang mengandung banyak biji menit, meskipun buah baccate juga dikenal. Daun, yang sering besar dan beragam ditandai atau beraneka ragam, biasanya asimetris (tidak sama sisi). Masalah yang biasanya dihadapai dalam tumbuhan begonia adalah kutu putih, tungau, thrips, lalat putih, embun tepung, busuk batang, rimpang busuk, dan nematoda.

Meski tanaman berbulu biasanya tidak layak dikonsumsi, begonia bisa Anda manfaatkan sebagai bahan makanan jika sedang tersesat di hutan. Potonglah daun dan tangkainya kecil-kecil sebelum dimakan. Jika Anda membawa alat masak, sebaiknya direbus dulu sebelum dikonsumsi.

3. Pohpohan

Pohpohan adalah salah satu tumbuhan yang sudah biasa dijadikan lalapan di rumah-rumah. Tumbuhan berdaun lebar ini ternyata banyak ditemukan di hutan Indonesia. Biasanya, bagian pohpohan yang sering dikonsumsi adalah bagian daun mudanya.

Kandungan gizi yang terdapat dalam daun pohpohan (per 100 gr bahan) yaitu energi 37 Kal, protein 2,5 gr, lemak 0,8 gr, karbohidrat 6,9 gr, Kalsium (Ca) 744,0 mg, fosfor 80,0 mg, besi 5,9 mg, vitamin A 900 RE, vitamin C 5 mg, vitamin B1 0,03 mg, air 87,4 gr dan BODnya 69 %. Dengan melihat komposisinya ternyata daun pohpohan sangat tinggi kandungan kalsium per 100 gr (744,0 mg) jika dibandingkan dengan sayuran lain, misalnya daun katuk 540 mg, daun singkong 165 mg dan daun bayam 267 mg. Tubuh manusia sangat memerlukan kalsium untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang dan gigi pada masa pertumbuhan anak-anak hingga remaja, pada saat hamil dan selama masa menyusui. Kecukupan kebutuhan kalsium dapat mencegah pengapuran pada tulang (osteoporosis) pada usia dewasa.

4. Paku sayur

Salah satu tumbuhan yang banyak ditemukan di dalam hutan, terutama hutan Indonesia adalah jenis paku-pakuan. Tanaman paku memiliki ciri daun bergerigi, dan biasanya ada banyak kantung spora seperti bintik-bintik hitam di bagian bawah daun.

Paku sayur (Diplazium esculentum) merupakan sejenis paku/pakis yang biasa dimakan ental mudanya sebagai sayuran oleh penduduk Asia Tenggara dan kepulauan di Samudera Pasifik. Paku ini biasanya tumbuh di tepi sungai atau di tebing-tebing yang lembap dan teduh. Pemanfaatanya biasanya digulai ("gulai paku") atau dijadikan lalap setelah direbus terlebih dahulu. Konsumsi mentah tidak dianjurkan karena mengandung asam sikimat yang mengganggu pencernaan manusia.

Nah, jika Anda bertemu tanaman seperti ciri-ciri di atas, berarti Anda dihadapkan dengan tanaman paku. Tanaman ini juga biasa dijadikan lalapan, sehingga disebut paku sayur. Sama seperti pohpohan, bagian tumbuhan paku yang bisa dinikmati adalah daun mudanya.

5. Rotan

Nah, selain paku tumbuhan lain yang banyak ditemukan di hutan Indonesia adalah rotan. Biasanya rotan hutan menjadi musuh utama para pendaki karena duri yang menyelimuti seluruh batangnya.

Rotan adalah sekelompok palma dari puak (tribus) Calameae yang memiliki habitus memanjat, terutama Calamus, Daemonorops, dan Oncocalamus. Puak Calameae sendiri terdiri dari sekitar enam ratus anggota, dengan daerah persebaran di bagian tropis Afrika, Asia dan Australasia. Ke dalam puak ini termasuk pula marga Salacca ( misalnya salak), Metroxylon (misalnya rumbia/sagu), serta Pigafetta yang tidak memanjat, dan secara tradisional tidak digolongkan sebagai tumbuhan rotan.

Batang rotan biasanya langsing dengan diameter 2–5 cm, beruas-ruas panjang, tidak berongga, dan banyak yang dilindungi oleh duri-duri panjang, keras, dan tajam. Duri ini berfungsi sebagai alat pertahanan diri dari herbivora, sekaligus membantu pemanjatan, karena rotan tidak dilengkapi dengan sulur. Suatu batang rotan dapat mencapai panjang ratusan meter. Batang rotan mengeluarkan air jika ditebas dan dapat digunakan sebagai cara bertahan hidup di alam bebas. Badak jawa diketahui juga menjadikan rotan sebagai salah satu menunya.

Namun ternyata tumbuhan ini bisa menjadi sahabat ketika Anda tersesat. Buah dari rotan yang masih muda aman untuk dimakan langsung. Sedangkan batangnya menyimpan air yang bisa untuk diminum.

Referensi diambil dari wikipdia

6 Meme Kocak Finding Dory yang Akan Menyaingi Ketenaran Si Valak

17.35.00 Add Comment
Halo Serupedians!

Setujukah kalian dengan pernyataan bahwa masyarakat Indonesia itu adalah masyarakat yang kritis? Lho, kok bisa? Iya, buktinya, masyarakat Indonesia selalu jago dalam merespon sebuah trend dengan menyalurkannya melalui media yang bernama meme. Ada isu yang sedang trending sedikit saja, eh, besoknya langsung bertebaran deh gambar meme-nya. Gambar-gambar meme ini pun variatif ragamnya, mulai berupa permainan kata, dagelan konyol hingga hasil editan gambar yang bisa membuat para pembacanya tertawa terpingkal-pingkal. 

Nah, jika akhir-akhir ini kita banyak dibuat geli oleh meme-meme lucu ala hantu biarawati kesayangan kita semua, si Valak — kini kita dikejutkan oleh kemunculan meme-meme unik dari seekor ikan yang bernama si Dory. 

Dory? Siapakah gerangan dia?


Kalian pasti sudah familiar dengan eksistensi si ikan unyu yang satu ini. Dory sebelumnya memang telah dikenal melalui film animasi keluaran Pixar yang berjudul Finding Nemo (2003). Kehadirannya pada Finding Nemo pun begitu digemari sehingga Ia akhirnya mendapatkan filmnya sendiri yang bertajuk Finding Dory (2016). 

Di sini, Dory tetap dikisahkan sebagai seekor ikan biru yang pelupa. Namun begitu, kini Ia berada dalam misi untuk mencari keberadaan keluarganya. Sejauh ini, film ini telah meraup pendapatan hingga $135,2 juta. Kepopuleran film ini pun akhirnya dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia melalui kreativitas meme-meme yang mereka buat. Yuk kita lihat,

1. Tidak mau kalah dari Dory, grup band yang satu ini pun ikutan numpang promosi lagu... 


2. Enggak capek apa kayak gini terus... 



3. Misteri abadi yang kerap terjadi di sekolah... 



4. Derita para jomblo... 



5. Yang adem, yang adem... 



6. Hm, udah deh, daripada bingung nyari si Dory yang enggak ketemu-ketemu mending kita... 



Nah, itulah 6 Meme Kocak Finding Dory yang Akan Menyaingi Ketenaran Si ValakJadi, bagaimana? Sudah siapkah kalian untuk move on dari si Valak dan menjadikan Dory sebagai target yang selanjutnya? 

5 Anak yang Dinobatkan Sebagai Anak Terpintar di Dunia

14.49.00 Add Comment
Halo Serupedians

Anak adalah aset yang sangat berharga. Apalagi jika ia memiliki kecakapan tertentu yang membuat kita kagum dan terperangah melihat bakat luar biasa yang dimilikinya. 



Berikut serupedia akan mengulas dan mengenalkamu pada 5 Anak yang Dinobatkan Sebagai Anak Terpintar di Dunia. Siapa saja? berikut ulasannya.

1. Gregory Smith - Penerima Hadiah Nobel Perdamaian usia 12 tahun

Lahir pada tahun 1990, Gregory Smith mencatatkan namanya pada nobel perdamaian. berkat usahanya dalam mendirikan International Youth Advocates. Perkumpulan Orang muda seluruh dunia.

Dia tampak seperti anak yang normal, tetapi Anda harus mengetahui bahwa ia sudah belajar di perguruan tinggi pada usia 10 tahun, ketika ia menerima beasiswa empat tahun untuk Randolph-Macon College. Hanya dua tahun setelah peristiwa yang luar biasa, ia menerima nominasi pertamanya untuk Nobel Peace Prize hanya di usia 12 tahun.

Sejak nominasi yang pertamanya, ia dinominasikan tiga kali, sebagai hasil dari kerja kemanusiaan di Timor Timur (timor leste), Sao Paolo, Rwanda dan Kenya.

2. Kim Ung-Yong : Manusia Ber-IQ Tertinggi di Dunia

Lahir pada tahun 1962, Anak dari Korea ini dinobatkan sebagai manusia jenius di seluruh dunia. Bayangkan Pada unur 4 tahun, dia sudah bisa membaca huruf Jepang, Korea, Jerman, Inggris. Pada umur 5 tahun ia mampu memacahkan masalah pada soal kalkulus. ia mencatatkan dirinya pada Guinness Book of World Records dengan "Highest IQ" 210.

Kemudian pada usia 3 tahun, ia menunjukan kecerdasan dan kemampuannya dengan memecahkan masalah persamaan kalkulus yang rumit dengan mudah dan tanpa masalah yang bagi banyak orang sangat sulit dipecahkan. Kemudian Ketia ia berusia 4 Tahun, ayahnya Professor Kim Soo-Sun mengakui bahwa Kim Ung-Yong telah menghapal sekitar 2000 kata baik dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Jerman.

Kemudian, dalam wawancaranya di televisi Jepang pada tanggal 2 November 1967, dia menunjukan kemampuannya dalam berbahas China, Spanyol, Vietnam, Tagalog, Jerman, Inggris dan Jepang serta Korea, dan juga berhasil memecahkan soal diferensial yang amat rumit dan soal integral kalkulus, yang bagi banya orang merupakan soal yang amat rumit yang membuat banyak orang yang melihatnya terkagum-kagum Dia juga menulis puisi dalam bahasa Korea dan Cina dan telah menulis dua buku esai singkat (kurang dari 20 halaman). Nama Kim Ung-Yong kemudain masuk dalam Guinness Book Of World Records dengan gelar Manusia dengan IQ Tertinggi yaitu dengan skor 210. 

Kim Ung-Yong kemudian menjadi mahasiswa Tamu di Jurusan Fisika, di Universitas Hanyang, Korea di usia 3 sampai dengan 6 tahun. Kemudian pada usia 7 Tahun ia kemudian terbang ke Amerika Serikat memenuhi undangan dari NASA. Dia menyelesaikan studinya di Universitas dan kemudian mendapatkan gelar doktornya atau Ph.D dalam bidang Fisika di Colorado State University, pada usia 15 tahun di tahun 1974 yang membuat banyak orang terkagum-kagum akan pencapaiannya. Selama studinya tersebut, dia mulai berkerja sebagai peneliti di Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA sampai pada tahun 1978. Di Tahun itu juga ia kemudian kembali ke Korea Selatan.

3. Akrit Jaswal : Dokter Bedah usia 7 tahun

Akrit Jaswal melakukan operasi pertamanya saat usia 7 tahun. Dia mengoperasi seorang anak berusia 9 tahun, dengan memisahkan jari-jari yang terbakar dan menyatukannya. Peristiwa itu berawal dari keluarga miskin yang mendengar bahwa ada seorang anak yang memiliki IQ tinggi.

Keluarga miskin itu tidak dapat melakukan operasi karena biaya yang mahal dan meminta Akrit melakukan operasi secara gratis. Akrit pun menyanggupi dan operasi berjalan lancar. Alhasil, dia pun menjadi terkenal di negara kelahirannya, India. Hebatnya, ilmu bedah tersebut dia dapatkan secara otodidak, tanpa pengajar, ataupun keturunan khusus.

Lahir pada 23 April 1993, Akrit Jaswal sudah menunjukkan kegeniusannya sejak kecil. Pada usia 10 bulan sudah dapat berbicara, usia 5 tahun sudah membaca buku sains dan anatomi, dan usia 6 tahun berkeinginan mempelajari medis. Akrit mengembangkan ilmu pengetahuan medisnya dengan mengunjungi rumah sakit dan melihat proses langsung operasi pembedahan. Pada usia 12 tahun, Akrit diterima di Universitas Punjab, Lahore, dan menjadi mahasiswa termuda di India. Pada usia 13 tahun, Akrit mendapatkan IQ 146.

Akrit menguasai buku-buku yang dibacanya dengan kebiasaan belajar selama 1 jam tiap hari. Pada tahun 2005, dia di undang ke Imperial College, London, untuk diuji kecerdasannya dan bertukar pikiran tentang penelitian medis.

Menghabiskan waktu dua minggu, Akrit Jaswal dites oleh, Profesor Mustafa Djamgoz (Peneliti Biologi dunia), Anup Patel (Ahli bedah dan kosultan Urologi), para inkuisitor, Tim Fokus IQ terkemuka di Inggris, dan Rosemary (Psikolog anak). Hasilnya Akrit memiliki potensi yang besar di dunia medis, tapi masih perlu bimbingan dengan baik.

Saat ini Akrit Jaswal sedang menjalani program S1 Zoologi, Botani, dan Kimia. Dia pun berharap bisa melanjutkan S2-nya di Universitas Harvard. Cita-cita terbesarnya dapat menemukan obat penyembuh kanker.

4. Aelita Andre : Pelukis di usia 2 tahun

Anak kelahiran Australia ini, baru berumur dua tahun sudah menunjukkan kualitasnya sebagai jenius, ia memiliki sebuah gedung pertunjukkan untuk karya-karya abstraknya. Pada mulanya Mark Jamieson, direktur dari Brunswick Street Gallery di Melbourne's Fitzroy. Tretarik melihat sebuah poto lukisan dari Aelita Andre. dan dia menginginkannya bergabung dalam grupnya karena bakat lukisannya itu. Ketika undangan telah dibuat, ia baru saja menyadari bahwa Aelita adalah anak yang masih berumur 22 bulan. Namun ia tetap melanjutkan pertunjukannya itu.

Sejak usia satu tahun, seorang bocah asal Australia bernama Aelita Andre sudah gemar menggambar. Sekarang, bocah yang berusia dua tahun ini berhasil menghasilkan 20 lukisan yang bisa disejajarkan dengan karya pelukis-pelukis dunia. Keahliannya tersebut mengundang perhatian kritikus seni hingga ia dijuluki “seniman lukisan abstrak professional” di usiannya yang masih sangat muda ini. Bahkan menurut sumber yang ilmuwancilik dapatkan hasil lukisannya disamakan dengan pelukis ternama seperti Jackson Pollock dan Pablo Picasso. Pada bulan juni 2012 lalu di New York, Aelita menggelar pameran lukisan professional.

Jangan salah, harga lukisan Alita ini sangat mahal. 47 juta rupiah adalah harga lukisannya yang paling murah. Sedangkan,yang paling mahal bisa mencapai 1.6 miliar rupiah. Harga ini dikabarkan melebihi harga lukisan karya profesinal lainnya. Karya-karya nya ini sempat menghebohkan dunia pada tahun 2012 lalu bagi pemerhati karya lukis abstrak dunia.

Kini pelukis yang dianggap sebagai anak ajaib ini kembali menunjukkan karya-karyanya dalam sebuah pameran di New York, atau lebih tepatnya di Agora Gallery. Menurut harian Huffington Post, setiap karya Aelita dibanderol dengan harga yang bervariasi, dari yang terkecil (sekitar 18 x 36 inchi) USD 4.600 hingga yang terbesar (132 x 60 inchi) USD 12.900. Rekor tertinggi ia pecahkan dengan menjual lukisan stasiun luar angkasa Rusia dengan harga USD 24.000.

Simak Vidoenya 

5. Joey Alexander - Maestro Pianis asal Indonesia

Joey dilihat banyak pihak sebagai anak ajaib di bidang musik jazz. Keajaibannya itu telah diulas di banyak media Amerika, termasuk surat kabar The New York Times dan Daily Telegraph, televisi CNN, WCBS, dan NBC News serta majalah musik Down Beat. Bocah kelahiran Bali pada 26 Juni 2003 itu belajar memainkan musik jazz secara otodidak mulai usia 6 tahun. Di usia ke-9, dia menyabet penghargaan Grand Prix pada kompetisi musik jazz semua umur Master-Jam Fest di Odessa, Ukraina. Kompetisi ini diikuti 43 musisi dari 17 negara.

Joey pertama kali muncul di muka publik ketika diundang UNESCO pada Desember 2011 di Jakarta untuk bermain piano tunggal di depan Herbie Hancock, musisi jazz legendaris Amerika. Setahun kemudian, Joey tampil bersama band-nya di Java Jazz Festival. Keajaiban Joey dilirik Wynton Marsalis, musisi jazz berpengaruh di Amerika yang juga merupakan direktur lembaga pertunjukan prestisius di New York, Jazz at Lincoln Center.

Kerap tampil di berbagai panggung bergengsi, termasuk Montreal International Jazz Festival, Copenhagen Jazz Festival, New Port Jazz Festival, Rochester Jazz Festival, Apollo Theater dan Arthur Ashe Learning Center. Sejak 2014, Joey dan keluarganya bermukim di New York City

”My Favorite Things” adalah album pertama Joey yang dirilis pada Mei 2015, saat dia berusia 11 tahun. Album berisi sembilan lagu itu diproduksi pemenang Grammy, Jason Olaine, melalui Motema Music, perusahaan rekaman yang berbasis di New York. Pada 30 Mei 2015, album tersebut bertengger di urutan ke-174 tangga lagu Billboard 200. Billboard mencatat album milik remaja 12 tahun ini melejit pekan ini dengan penjualan 9.000 kopi atau naik 3,563%.
Referensi:
[1]. https://prezi.com/d0ucexmvtywy/1-gregory-smith-penerima-hadiah-nobel-perdamaian-usia-1/
[2]. http://www.biografiku.com/2013/11/biografi-kim-ung-yong-manusia-super.html
[3]. http://www.anehdidunia.com/2013/02/akrit-jaswal-dokter-bedah-termuda-di.html
[4]. http://ilmuwancilik.com/aelita-andre-seniman-cilik-dunia-di-bidang-seni-lukis-abstrak/
[5]. http://carboonj.blogspot.co.id/2011/12/7-anak-terpintar-didunia.html
[6]. https://www.satuislam.org/umum/melihat-anak-jenius-yang-menginspirasi-dunia/

Inilah Daftar 5 CEO Perusahaan yang Paling Dicintai di Amerika

13.25.00 Add Comment
Halo Serupedians!

Baru-baru ini, Glasdoor, sebuah komunitas online yang berkecimpung dalam hal karir dan pekerjaan, merilis hasil peringkat 50 CEO yang paling disukai di seluruh Amerika tahun 2016. Laporan ini pun murni berdasarkan polling dari para karyawan yang terpilih untuk berpartisipasi secara online dan anonim.

Para responden tersebut dipinta untuk menilai CEO mereka dan dimintai pendapat mengenai senang atau tidaknya mereka akan kepemimpinan CEO perusahaan mereka. Untuk menghasilkan peringkat final yang pas, Glassdoor memberi ketetapan bahwa setiap CEO yang berada di peringkat harus paling tidak menjalankan sebuah perusahaan dengan 1000 karyawan. Selain itu, perusahaan yang dijalankan juga harus paling tidak memiliki 100 angka rating persetujuan, rating manajemen senior, dan ulasan perusahaan dari bulan Mei 2015 hingga bulan Mei 2016.

Oke, langsung saja yuk kita intip 5 peringkat teratas-nya!

1. Bob Bechek, Bain & Company 



Rating persetujuan CEO:  99%

Pria yang merupakan lulusan dari MIT ini sudah kurang lebih 30 tahun bekerja pada Bain & Company. Saat ditanyai soal pendapatnya mengenai Bob Bechek, seorang konsultan asosiasi Bain & Company pun menulis, “ Pemimpin yang tangguh adalah mereka yang mau meluangkan waktu mereka untuk melakukan hal yang benar dan mendukung para karyawan yang sedang berkembang. Dan itulah Bob. “

Bain & Company yang ber-slogan “shared ambition, true results” merupakan sebuah perusahaan konsultan manajemen global yang berpusat di Massachusetts, Amerika Serikat. Didirikan sejak 1973, perusahaan ini menyediakan layanan konsultasi pada banyak perusahaan bisnis, organisasi non-profit, hingga pada pihak pemerintahan. Pendapatan perusahaan ini sendiri dikabarkan telah mencapai angka senilai $2,1 milyar (Oktober 2014). Bain hingga saat ini telah memiliki 53 kantor di 34 negara dan 5700 orang karyawan. 


2. Scott Scherr, Ultimate Software


Rating persetujuan CEO:  99%

Pria berusia 63 tahun ini nyatanya sudah menjabat sebagai direktur Ultimate Software Group semenjak 20 tahun silam. Tidak heran kalau CEO yang satu ini selalu disayang oleh para karyawan-nya. Seorang karyawan penjualan luar Ultimate Software pun menulis, “ Scott adalah pria paling manis yang pernah ada di bumi ini dan itulah alasan kenapa perusahaannya memiliki kultur yang begitu luar biasa ... dia benar-benar peduli pada siapa saja dan pada mereka yang berada di sekitarnya. “


Ultimate Software sendiri adalah sebuah perusahaan teknologi asal Amerika yang mengembangkan dan menjual UltiPro, sebuah sistem manajemen sumber daya manusia yang berbasis SaaS (perangkat lunak berbentuk layanan melalui internet). Dibangun semenjak tahun 1990, perusahaan ini berpusat di Florida, Amerika Serikat dan dikabarkan telah mencapai pendapatan hingga sebesar $506 juta (31 Desember 2014).

3. Dominic Barton, McKinsey & Company


Rating persetujuan CEO:  99%

Pria asal Kanada yang lahir pada tahun 1962 memang telah bergabung bersama Mckinsey & Company semenjak tahun 1986. Seorang karyawan McKinsey & Company pun melontarkan pujiannya pada Dominic, “Perusahaan ini memiliki infrastruktur yang baik. Dominic memiliki jati diri kepemimpinan yang tangguh. Perusahaan pun jadi tidak pernah berhenti berkembang, pertumbuhan karir selalu tinggi, banyak motivasi, koordinasi bersama tim leadership begitu bagus. Terakhir, ide-idemu pun juga akan selalu diapresiasi olehnya. “ 

Mckinsey & Company sendiri adalah sebuah perusahaan manajemen konsultasi internasional yang mengurus analisis kualitatif dan kuantitatif sebuah perusahaan. Hal ini dimaksudkan guna mengevaluasi keputusan manajemen terhadap sektor privat dan sektor publik dari si perusahaan tersebut. Dibangun semenjak tahun 1926, perusahaan ini telah memiliki 110 kantor dan 17 ribu karyawan. Pendapatan perusahaan ini pun mencapai angka fantastis senilai $8,3 milyar (2014).


4. Mark Zuckerberg, Facebook


Rating persetujuan CEO:  97%

Pria jebolan Harvard University ini memang memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap perkembangan komunikasi dunia. Seorang karyawan kemitraan Facebook pun berpendapat, “ Mark Zuckerberg memang fenomenal. Tim leadership-nya begitu luar biasa. Ia sangat terbuka, tidak ada BS, dan membuka banyak misi hebat.  Tunjangannya pun besar. Pekerjaan dan para rekan tim-nya pun membuat saya sangat betah bekerja. “ 

Facebook sendiri merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan layanan jejaring sosial dengan kantor yang berpusat di California, Amerika Serikat. Didirikan pada September 2012, Facebook telah memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Facebook sendiri memiliki anak perusahaan yang sama-sama besarnya seperti WhatsApp, Instagram, Oculus VR, dan PrivateCore. Facebook sendiri tercatat telah memiliki lebih dari 11 ribu karyawan (September 2015) dan laba bersih hingga senilai $2,94 miliar (2014).

5. Jeff Weiner, LinkedIn




Rating persetujuan CEO:  97%

Pria yang sempat bekerja untuk Yahoo ini ternyata terkenal akan kebijakan-nya yang tidak mengekang para karyawan-nya, lho. Manajer pemasaran LinkedIn pun menulis, “ Saya sangat menyukai fakta bahwa para manajer dibebaskan untuk menerima berbagai tantangan ber-skala besar. Ditambah lagi, CEO perusahaan ini jelas merupakan seorang pemimpin yang hebat. “ 

LinkedIn sendiri merupakan situs web jaringan sosial berorientasi bisnis yang terutama digunakan untuk jaringan profesional. Didirikan dan berpusat di California, Amerika Serikat semenjak tahun 2003, situs ini dikabarkan telah mencapai lebih dari 14 juta pengguna. Para pengguna situs ini pun meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi. Karyawan LinkedIn pun telah menyentuh angka lebih dari 2400 karyawan dan perusahaan ini telah menghasilkan pendapatan senilai $522 juta (2011).

5 Orang Biasa yang Menikah Dengan Anggota Keluarga Kerajaan

12.32.00 Add Comment
Halo Serupedians!

Apa sih yang terlintas benak kalian saat disuruh untuk menggambarkan kehidupan ala kerajaan? Hm, mungkin langsung tergambar di pikiran kalian akan sebuah kehidupan klasik di istana bersama sang putri atau sang pangeran. Di sana, kalian pun memerintah kerajaan kalian dengan arif nan bijaksana hingga akhirnya hidup bahagia untuk selama-lamanya.

Usut punya usut, ternyata kehidupan semacam itu tidak hanya terlukis pada kisah-kisah ala negeri dongeng saja, lho. Di kehidupan nyata, ternyata ada beberapa ‘orang biasa’ yang dapat mencicipi kehidupan impian ala kerajaan tersebut. Mereka pun akhirnya mendapat gelar kebangsawanan mereka setelah menikah dengan salah satu anggota keluarga kerajaan. Wah, beruntung sekali, ya? Kira-kira, siapa saja sih mereka? 


1. Grace Kelly (Princess of Monaco)


Grace Kelly merupakan aktris papan atas di zamannya yang memulai karir aktingnya semenjak tahun 1950. Pada tahun 1955, Ia bertemu Pangeran Rainier III alias sang pangeran Monaco pada sebuah sesi pemotretan Festival Film Cannes. Setelah itu, Grace akhirnya memutuskan untuk pensiun dari karir beraktingnya pada tahun 1956 dan menikahi sang pangeran pujaannya. Pasangan ini pun akhirnya dikaruniai 3 orang anak.

Grace meninggal di usia 52 tahun akibat serangan stroke minor saat berkendara. Ia meninggal pada tahun 1982 karena mobil yang ditumpanginya jatuh ke jurang setinggi 45 kaki.

2. Charlene Wittstock (Princess of Monaco)



Sama seperti mendiang ayahnya, Pangeran Albert II pun juga memutuskan untuk menikahi seorang wanita biasa. Anak laki-laki dari Grace Kelly dan Pangeran Rainier III ini memutuskan utuk menikahi seorang mantan perenang olimpiade asal Afrika Selatan yang bernama Charlene Wittstock. 

Mereka pertama kali bertemu pada sebuah pertemuan renang di Monaco pada tahun 2000. Pasangan ini pun mengumumkan hubungan mereka di tahun 2006 pada upacara pembukaan olimpiade musim dingin dan memutuskan untuk menikah pada Juli 2011. Pada tahun 2014, Charlene melahirkan sepasang anak kembar fraternal bernama Gabriella Thérèse Marie dan Jacques Honoré Rainier.


3. Kate Middleton (Duchess of Cambridge)




Kate yang dulunya merupakan mahasiswi sejarah seni di University of St. Andrews seketika berubah kehidupannya ketika Ia bertemu dengan Pangeran William pada tahun 2001. Setelah putus-nyambung selama beberapa tahun, pasangan ini akhirnya menikah pada 29 April 2011. 

Upacara pernikahan mereka pun dihelat secara meriah, disiarkan secara global dan disaksikan oleh jutaan orang dari berbagai belahan dunia. Sampai saat ini, mereka sudah dikarunia dua orang anak yakni Pangeran George dan Putri Charlotte.

4. Daniel Westling (Prince of Sweden, Duke of Västergötland)




Siapa yang sangka bahwa Daniel yang awalnya adalah seorang pemilik pusat kebugaran sekaligus pelatih olahraga kelak akan menjadi seorang Pangeran Swedia? Hal ini pun menjadi kenyataan saat Ia bertemu Putri Mahkota Victoria di tahun 2001, tepat setelah sang Putri menghadiri sebuah sesi latihan bersama Daniel. 

Sekalipun telah menjalin hubungan dengan sang Putri, Daniel pun masih sempat membangun sebuah perusahaan pusat kebugaran bernama ‘Balance’ pada tahun 2006. Pasangan ini akhirnya menikah pada bulan Juni 2010 dan telah memiliki dua orang anak.

5. Jetsun Pema (Queen of Bhutan)




Bak cerita dari negeri dongeng sungguhan, kabarnya Jetsun Pema bertemu suaminya Jigme Khesar Namgyel Wangchuck pada sebuah piknik ketika Ia masih berumur 7 tahun.

Pada saat itu, Jigme pun masih berusia 17 tahun namun Ia berjanji bahwa Ia akan menikahi Jetsun ketika Jetsun sudah dewasa nanti. Jigme akhirnya naik tahta menjadi raja pada 2008 dan memenuhi janjinya pada saat Jetsun telah berusia 21 tahun. Pasangan yang manis ini pun baru saja dikaruniai anak pertama mereka pada bulan Februari 2016 lalu.



Itulah 5 Orang Biasa yang Menikah Dengan Anggota Keluarga Kerajaan. Setelah membaca artikel ini, apakah kalian jadi tertarik untuk mengikuti jejak mereka? 

10 Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat

23.05.00 Add Comment
Halo Serupedians

Bicara kolestro memang tidak ada matinya. Banyak yang mengira bahwa kolestrol adalah penyakit, padahal kolestrol adalah zat lemak yang dikenal dengan istilah lipid yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Selain itu Kolesterol juga sering diidentifikasi sebagai jenisi khusus lipid yang disebut steroid yang memiliki struktur kimia khusus yang terdiri dari 4 cincin karbon.


Sebenarnya tidak semua kolesterol itu jahat. Namun kadang yang jahat inilah yang selalu ada di dalam tubuh kita. Bagaimana cara menurunkannya. Ada beberapa makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau Low-Density Lipoproptein (LDL). Berikut serupedia akan mengulasnya dalam 10 Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat yang diolah dari literasi berbagai sumber.

1. Kacang-kacangan

Kacang merupakan sumber serat larut yang begitu tinggi, di mana serat larut mampu mengurangi kadar kadar kolesterol. Oleh karena itulah, makam kacang-kacangan (buncis, kacang merah, dan kacang panjang) dengan rutin selama enam minggu dapat mengurangi kacang kolesterol sebanyak sepuluh persen.

Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki molekul asam lemak terendah dan yang paling baik dari tiga jenis lemak lainnya, seperti lemak tak jenuh ganda, lemak jenuh, dan lemak tak jenuh tunggal.

Lemak yang berasal dari kacang alami dan tidak melalui proses kimia, dapat membuat jantung Anda sehat. Hendaknya Anda mengonsumsi kacang-kacangan tersebut dalam kondisi mentah tanpa ada campuran gula atau garam. Karena gula dan garam hanya akan menambahkan kalori pada kacang tersebut. Dan bila Anda memiliki kolesterol yang tinggi, hendaknya mengkonsumsi kacang-kacangan dengan jumlah yang wajar dan jangan terlalu berlebihan.

Baca Juga : Kupas Tuntas Tentang Kolesterol

2. Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang mampu meingkatkan level HDL. Namun sayang, alpukat bersifat tinggi kalori sehingga harus dicampur dengan sayur-syuran penekan kalori. Sebuah alpukat dengan ukuran sedang memiliki 300 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh. Sementara itu, kebutuhan normal tubuh manusia yaitu 1.800 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh setiap harinya.

Sebuah studi telah menemukan penurunan kadar kolesterol sebanyak 17%, pada peserta yang meningkatkan makan alpukat selama satu minggu. Para peneliti mempercayai hal ini disebabkan oleh beta sitosterol,  yang sebelumnya telah ditemukan membantu menurunkan kadar kolesterol. 

3. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak Omega 3 yang berperan penting dalam menjaga kadar kolestrol tetap terkendali. Asam lemak Omega-3 juga membantu jantung dengan beragam cara seperti menurunkan tekanan darah dan menekan risiko pembekuan darah. Ikan salmon, sarden, dan herring membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 4 persen. 

Kandungan asam Omega-3 yang ada dalam ikan salmon sangat baik menurunkan LDL dan trigiserilda serta meningkatkan HDL. Selain itu, EPA dan DHA yang ada dalam ikan salmon sangat baik untuk kesehatan jantung. The American Hearth Association menyarankan sedikitnya dua porsi per minggu untuk memperoleh khasiat yang maksimal. Selain ikan salmon, konsumsi lainnya yang juga baik, seperti tuna, trout, sarden, makerel, dan hering.

4. Bawang Putih

Bawang putih diyakini mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Orang-orang Mesir Kuno manggunakan bawang putih untuk meningkatkan stamina. Di zaman modern, bawang putih dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol, melindungi tubuh dari infeksi, mencegah pembekuan darah, dan menurunkan tekanan darah. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa bawang putih dapat mencegah partikel kolesterol menempel di dinding pembuluh darah.

Zat sulfur yang menjadi antioksidan bisa melebarkan area pembuluh darah dalam tubuh. Dan bawang putih tersebut bisa anda konsumsi dalam kondisi mentah, Dengan cara mencampurkan pada makanan yang  dihidangkan untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga secara tidak langsung, Anda bisa mengambil khasiat dari bawang putih tersebut.

5. Kacang Kedelai

Mengonsumsi kedelai sangat baik bagi jantung. Dengan menambahkan ½ cangkir kedelai dalam pola makan Anda, dapat membantu menurunan kadar kolesterol sebanyak 8 persen. Anda juga perlu mencoba kedelai hitam, kacang merah, atau kacang pinto yang mampu memenuhi sepertiga dari kebutuhan serat harian.

Kacang kedelai dan olahannya seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan tepung kedelai, di dalamnya mengandung isoflavon (zat yang mampu menekan LDL). Namun, tahu dan tempe mungkin saja tidak efektif menurunkan kolesterol jika diolah secara sembarangan. Contohnya, digoreng dengan minyak jelantah atau dicampur dengan santan karena santan dan minyak goreng merupakan sumber lemak jenuh. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mnegatakan bahwa untuk menurunkan kolesterol, konsumsilah minimal 25 gram protein kedelai setaip harinya.

6. Mede, Almon, dan Kenari

Kandungan lemak tidak jenuh tunggal dalam kacang mede, almon, dan kenari, sangat baik untuk kesehatan jantung karena rendah lemak. Ketiganya mengndung vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berhubungan erat dengan kesehatan jantung. Namun, kcang-kacangan ini sangat tinggi protein, sama seperti alpukat.


7. Bawang Merah

Kandungan quercetin dalam bawang merah ini juga bisa membantu untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh anda. Karena quercetin ini dikenal sebagai antioksidan kuat yang mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik dan menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh sebab itu, mengkonsumsi bawang merah memang bagus untuk menurunkan kolesterol jahat yang bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh. Dalam proses penurunan kolesterol jahat, Maka anda bisa mengkonsumsi bawang merah mentah, Dan bisa anda jadikan sebagai salad atau jus.

8. Bayam

Bayam adalah sayuran yang banyak mengandung lutein, yaitu zat penting yang dapat menjaga kesehatan dan ketajaman fungsi mata. Lutein pun dapat menjaga kesehatan jantung karena mampu mencegah lemak menempel pada pembuluh darah. Oleh sebab itu, diajnurkan mengonsumsi bayam setengah mangkuk setiap harinya untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Sayuran yang satu ini mengandung sekitar 13 macam flovanoid yang dapat menjauhkan Anda dari kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis. Dengan mengonsumsi ½ cangkir sayuran yang kaya kandungan lutein ini, dapat menjaga Anda dari serangan jantung.

9. Cokelat

Pecinta cokelat bisa merasa senang karena sebungkus dark cokelat yang sehat kaya akan antioksidan dan zat pengurang kolesterol.

Menurut sebuah penelitian di Spanyol yang dipublikasikan dalam “Journal of Hepatology” menjelaskan bahwa kandungan antioksidan dalam dark chocolate dapat mengurangi kerusakan yang terjadi di pembuluh darah, yang dapat mengancam kesehatan seseorang dengan sirosis (penyakit hati kronis).

Ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi 100 gram dark cokelat setiap hari dalam membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 21%.

10. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida tanpa mengurangi kadar kolesterol baik. Berbagai tahapan pengolahan memberikan beragam varietas minyak zaitun, seperti extra virgin, virgin, pure, dan pomace.