5 Aplikasi Kecerdasan Buatan pada Sistem Android


Halo Serupedians

Aplikasi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence yang biasa disingkat AI merupakan proses dimana peralatan mekanik dapat melaksanakan kejadian-kejadian dengan menggunakan pemikiran atau kecerdasan seperti manusia. AI mempelajari bagaimana membuat komputer melakukan pada suatu kejadian atau peristiwa yang mana orang melakukannya dengan baik. 

Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

Hal yang menarik adalah AI ini telah diterapkan pada sistem Android yang akrab kita gunakan dalam smartphone. Berikut serupedia akan menulas 5 Aplikasi Kecerdasan Buatan pada Sistem Android. 

1. Waze


Waze sendiri merupakan aplikasi navigasi untuk perangkat seluller genggam, dalam aplikasi waze hampir mirip dengan aplikasi peta lainnya, yaitu ada navigasi, perkiraan waktu sampai ke suatu tempat, informasi tempat umum terdekat seperti pom bensin, restoran, dll. yang menarik dari waze yaitu kita memberikan informasi jalan ke komunitas, sehingga kita mendapatkan info yang up to date dari waze. 

Informasi mengenai kecelakaan, kemacetan jalan, polisi, bahaya berdasarkan kondisi nyata yang dilaporkan para penggunanya. Pengguna Waze yang juga disebut wazers juga bisa melakukan pemutakhiran peta, pemberian nomor rumah/bangunan, penandaan lokasi secara pribadi dan langsung.

Waze juga mempunyai fasilitas ngobrol (chat), memberikan poin untuk setiap kegiatan yang dilakukan seperti menjelajah, memutakhirkan peta dan peristiwa khusus lainnya. Dengan demikian Waze adalah gabungan dari aplikasi navigasi dengan jejaring sosial dan permainan online.

2.  Photo Math

PhotoMath berfungsi layaknya kalkulator, namun pada PhotoMath kita hanya memfoto objek angka yang mau kita hitung maka PhotoMath secara otomatis menkonversi foto tersebut menjadi angka dan melakukan penghitungan. 



Aplikasi PhotoMath ini dikembangkan oleh MicroBlink yang merupakan developer asal dari Kroasia. Aplikasi yang sebenarnya telah dikembangkan sejak tahun 2011 ini mempunyai teknologi pembaca teks yang canggih untuk memindai soal-soal matematika yang diunggah penggunanya.

Pengalaman MicroBlink dalam mengembangkan aplikasi berbasis pemindaian foto memang tak bisa diragukan lagi. Sebelumnya MicroBlink telah sukses meluncurkan aplikasi PhotoPay yaitu sebuah aplikasi untuk memudahkan melakukan pembayaran dengan memotret tagihan menggunakan kamera smartphone.

PhotoMath sendiri sampai saat ini telah mampu mendeteksi dan menyelesaikan soal-soal matematika seperti topik desimal, pecahan, aritmatika, akar, dan persamaan liner sederhana. Kemampuan PhotoMath untuk memecahkan soal matematika ini memang tak lepas dari teknologi yang dimilikinya seperti pengenalan karakter untuk membaca soal matematika.

Untuk menjalankan aplikasi PhotoMath ini caranya cukup mudah dan sederhana. Pengguna cukup menyiapkan soal dan mengarahkan kamera smartphone miliknya ke soal matematika tersebut berdasarkan frame yang telah disediakan. Untuk soal yang panjang, pengguna harus menyesuaikannya dengan ukuran frame dari PhotoMath.

Setelah soal difoto, soal akan dipindai dalam beberapa saat. Tak lama setelah itu Anda akan segera memperoleh jawaban dari soal matematika yang telah Anda foto tersebut di layar dengan warna merah. Untuk mengetahui pembahasan atau langkah-langkah dari jawaban yang ada, Anda cukup menekan tombol Steps pada aplikasi PhotoMath dan proses pemecahan soal matematika akan ditampilkan.

3. Locale

Locale merupakan sebuah Aplikasi canggih untuk handphone Android. Aplikasi ini mempunyai kemampuan untuk mengondisikan ponsel yang dipakai sesuai dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Aplikasi canggih Locale ini menggunakan sistem teknologi Artificial Intelligence yaitu sebuah teknologi yang buat dengan algoritma khusus dengan kecerdasan buatan dalam bentuk aplikasi. Sayangnya, Aplikasi kecerdasan buatan Locale ini hanya berjalan di sistem operasi Android.

Aplikasi kecerdasan buatan Locale ini berguna sekali untuk Anda karyawan dan pekerja yang memiliki mobilitas cukup tinggi dalam hal urusan kerja di kantor atau kerja lapangan. Dengan menggunakan aplikasi kecerdasan buatan canggih ini, Anda dapat melakukan pengaturan ponsel sesuai dengan lingkungan sekitar Anda. Misalkan jika Anda sedang rapat di suatu ruangan , secara otomatis aplikasi ini akan ter-setting dengan semua pengaturan ,baik itu nada dering, kondisi senyap, panggilan telepon, dan email. Dengan aplikasi canggih berteknologi Artificial Intelligence tidak ada lagi kekonyolan terjadi pada saat rapat berlangsung ponsel Anda berdering keras tanpa Anda sadari.

Kegunaan lain dari aplikasi kecerdasan buatan ini adalah kemampuannya untuk mengondisikan berbagai hal lain. Contohnya seperti mengelola dan otomatisasi berbagai pengaturan ponsel dengan tempat kerja. Jika Anda baru saja tiba di ruangan kantor Anda maka aplikasi ini akan langsung mengondisikan koneksi Wi-Fi pada ponsel Anda menyala untuk koneksi internet, kondisi nada dering Anda berganti senyap, wallpaper homescreen Anda akan berubah secara otomatis sesuai kondisi di tempat Anda bekerja dan pengondisian lainnya.

Aplikasi kecerdasan buatan canggih Locale ini menggunakan teknologi Artificial Intelegence yang didukung dengan accelerometer, cell, Wi-Fi, GPS, dan sinyal lain untuk deteksi lokasi secara instan di manapun Anda berada. Otomatisasi ini akan menghemat pekerjaan Anda tanpa harus menekan tombol keypad ponsel. Alangkah baiknya jika efesiensi ini bisa dipergunakan untuk melakukan pekerjaan lainnya yang lebih penting.

Tidak sampai di situ, masih ada beberapa hal lain yang tak kalah serunya untuk dibahas. Antara lain adalah pengondisian pengaturan lainnya seperti pengondisian (baterai, caller, lokasi, orientasi, waktu) dan built-in pengaturan (Bluetooth, Brightness, Timeout Display, Ringtone, Volume, Media Volume (Android 3.0 +), Shortcut (Android 3.0 +), Wallpaper, Wi-Fi). Jadi dengan integrasi semua elemen ini, dapat dipastikan pekerjaan Anda akan semakin ringan. Dan yang terakhir fitur unggulan lainnya yaitu aplikasi kecerdasan buatan canggih ini juga support dengan plug-in yang ada di Android Market. Kurang lebih ada sekitar 250 plug-in yang support dengan aplikasi Locale ini.

4.  Instant Heart Rate Pro

Aplikasi Instant Heart Rate Pro berfungsi sebagai pendeteksi seberapa sehat jantung kita. cara penggunaannya cukup mudah, hanya meletakan jari telunjuk pada kamera smartphone, maka beberapa detik kemudian hasilnya disajikan dilayar, aplikasi ini tentu sangat berguna bagi yang memiliki masalah dengan jantung.

Untuk lebih bisa menggunakan aplikasi ini, yuk simak videonya :


5. Dragon Go

Mungkin Dragon Go tiduk memiliki beberapa fitur bersinar seperti Google Now. Canggihnya Dragon Go ini sangat "patuh". Dragon Go merupakan teknologi pengenal suara yang bisa membantu pengguna untuk mencatat draft email, teks dan memo secara langsung dan praktis tanpa pengguna harus menyentuh tombol keyboard. Dragon Go merupakan aplikasi penerjemahh dari bahasa lisan ke tulisan yang sangat akurat.

Fitur Dictation adalah sebuah teknologi pengenalan suara. Teknologi ini memungkinkan anda untuk dapat menciptakan email, teks dan memo di mana saja dengan beberapa sentuhan saja. Bahkan aplikasi ini diklaim memiliki tingkat akurasi yang luar biasa tinggi untuk merubah suara yang terdengar menjadi sebuah tulisan. Bahkan aplikasi ini diklaim lebih mumpuni dari Siri milik Apple.


Dragon Go ini juga dapat anda sinkronisasi Netfix, iTunes dan Spotify untuk voice control. Aplikasi ini dapat anda unduh di Play Store jika ingin memilikinya.

Untuk bisa melihat fiturnya mari kita lihat video berikut ini :




Menarik bukan?


No comments:

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.