5 Blue Hole Paling Indah dan Elok di Dunia

Halo Serupedians !

Blue Hole atau Lubang Biru merupakan fenomena alam yang paling indah dan elok yang hanya ada di Dunia ini. Blue hole terbentuk karena erosi batuan karbonat di dalam laut. Blue hanya akan terlihat indah saat dilihat dari permukaan. 

Penasaran blue hole mana saja yang dapat dikatakan paling indah di dunia? Berikut serupedia merangkumnya dalam 6 Blue Hole Paling Indah dan Elok di Dunia

1. Dean's Blue Hole, Bahama


Dean's Blue Hole yang berada dekat kota Clarence di Long Island, Bahama, dikenal sebagai lubang biru laut terdalam di dunia. Lubang tersebut juga dikenal dengan sebutan blue hole atau lubang biru.

Sementara sebagian besar lubang biru dan lubang tanah mencapai kedalaman maksimum 110 meter, kedalaman Dean's Blue Hole mencapai lebih dari 200 meter. Lubang laut ini berdiameter mulai dari 25 sampai 35 meter. Setelah penyelam turun pada kedalaman 20 meter, lubang akan semakin melebar jauh ke dalam gua, dengan diameter mencapai 100 meter.

Keajaiban alam ini disebut lubang biru, karena bagian yang dalam memiliki warna biru tua yang terlihat kontras dengan perairan dangkal di sekitarnya. Lubang ini, seperti dilansir amusingplanet, dibentuk oleh air tanah yang lebih dalam, yang secara bertahap melarutkan batuan kapur sampai langit-langit tanah runtuh. Kemudian permukaan laut pun naik dan mengisi lubang tersebut dengan air.

Menyelam makin dalam, blue hole ini melebar dari 24 meter menjadi 100 meter. Satu-satunya manusia yang mencatat rekor free diving di sini adalah William Trubridge. Dia mencapai kedalaman 100 meter hanya dalam 1 nafas. November tahun lalu, penyelam Nicholas Mevoli meninggal saat mencoba memecahkan rekor tersebut.

Berikut Videonya :



2. The Great Blue Hole, Belize


The Great Blue Hole of Belize adalah salah satu lubang biru yang paling indah dan terkenal di dunia. Berlokasi di lepas pantai Belize, sebuah negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah, situs ini kerap dikunjungi oleh penyelam dari seluruh dunia. 

Berada di dekat pusat Lighthouse Reef, sebuah atol kecil yang berada 70 km dari daratan utama dan kota Belize, lubang biru ini memiliki kedalaman mencapai lebih dari 300 meter. Menurut para ahli, blue hole ini terbentuk antara 150.000 hingga 15.000 tahun yang lalu.

Dikelilingi koral, Great Blue Hole terbentuk saat permukaan air runtuh dan membentuk gua vertikal. Tak sedikit penyelam profesional yang penasaran dan memasuki 'dunia biru' di Great Blue Hole. Rasanya, seperti masuk ke alam lain!
3. Azure Window, Malta



Lubang biru ini bisa ditemukan di pantai barat pulau Gozo, kepulauan Malta, di Laut Mediterania. Blue hole ini terletak di batuan dasar tebing, dengan kedalaman 55 meter dan lebar 10 meter. Penyelam yang datang ke The Blue Hole of Gozo biasanya mencari terowongan yang menghubungkan blue hole ini dengan lautan lepas. 
Di kalangan penyelam, The Blue Hole of Gozo sendiri merupakan salah satu situs penyelaman paling top di Eropa. Pada kedalaman 12 meter, penyelam akan menemukan sebuah lengkungan yang membawa mereka ke laut lepas. Sementara itu, pada kedalaman 55 meter, penyelam akan menemukan berbagai macam ikan dan kehidupan laut yang indah.

Dua fenomena alam ini, Azure Window dan blue hole di bawahnya, menjadikan lokasi ini sangat populer di kalangan turis. Apalagi dunia bawah laut blue hole ini merupakan salah satu yang tercantik. Aneka biota laut terdapat di sini, dari kuda laut sampai gurita.

Untuk memasuki blue hole di sini, turis harus memasuki gua sepanjang 80 meter yang menghubungkan 2 gua kapur bawah air. Indah!

Nonton yuk videonya


4. Blue Hole of Dahab

Terletak di pantai Laut Merah, lubang biru ini berada beberapa kilometer di utara kota Dahab, Mesir. Ini merupakan lubang biru terdalam kedua di dunia setelah Dean's Blue Hole. Blue Hole of Dahab memiliki kedalaman mencapai 130 meter.

Lubang ini bahkan telah merenggut nyawa banyak penyelam, yang berusaha menemukan terowongan melalui karang yang dikenal dengan sebutan The Arch. The Arch menghubungkan blue hole ini dengan laut lepas pada kedalaman sekitar 52 meter.

Diperkirakan, sedikitnya 40 penyelam meninggal di kedalaman Red Sea Blue Hole. Beberapa pihak bahkan mengatakan, jumlah aslinya mencapai dua kali lipat.
Meski begitu, tak sedikit penyelam yang penasaran memasuki blue hole sedalam 140 meter tersebut. Ada terowongan khusus dari koral yang menghubungkan blue hole ini dengan permukaan air.

5.  Santa Rosa Blue Hole, AS


Siapa sangka, turis bisa menemukan blue hole di tengah-tengah kota. Inilah Santa Rosa Blue Hole, yang terletak di Kota New Mexico, AS.

Blue hole ini terletak di Route 66. Sebuah kolam berisi air biru jernih terletak di tengah jalan. Kedalaman awal kolam ini hanya 24 meter, namun itulah awal dari gua bawah airnya.

Sampai saat ini, masih belum jelas banyaknya gua beserta kedalaman blue hole ini. Pada 1976, dua penyelam hilang saat berusaha menjelajahi Santa Rosa Blue Hole. Masih banyak terowongan bawah air yang belum ditemukan. Meski tetap saja, banyak turis dan siswa sekolah yang berenang di permukaannya tanpa mengetahui kedalaman sebenarnya.

Gimana? Ada rencana pergi kesana, serupedians?


No comments:

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.