Kembangkan Ekspor UKMK dengan Layanan Transfer Valas

Memasuki tahun 2020, Kementerian Koperasi dan UKM optimis untuk dapat terus menggenjot peningkatan daya ekspor UMKM dalam berbagai sektor hingga mencapai target nilai dua kali lipat pada tahun 2024. Guna mencapai tujuan Strategi Pemberdayaan UMKM dalam lima tahun ke depan ini, Kementerian Koperasi dan UKM akan intensif bekerja sama dengan kementerian lainnya seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Kementerian Perindustrian.


Data menunjukkan, kontribusi UMKM dalam total nilai ekspor Indonesia saat ini baru menyentuh angka sekitar 14,5 persen per tahun, dan di akhir tahun 2020, kontribusi ini ditargetkan untuk meningkat menjadi 18 persen.  Sedangkan pada tahun 2024 mendatang, ditargetkan meningkat dua kali lipatnya yang berarti UMKM diharapkan dapat berkontribusi aktif pada kegiatan ekspor hingga 30,20 persen, berkontribusi terhadap PDB 65 persen, dan rasio kewirausahaannya sebesar 4 persen.

Pengembangan UMKM ini khususnya di tujukan pada mereka yang memproduksi komoditas Indonesia yang memang tinggi permintaannya di pasar global, seperti produk makanan/minuman hasil laut, pertanian, dan perkebunan. Selain itu, produk-produk dekorasi rumah seperti furniture dan kerajinan, serta produk busana muslim, juga diam-diam mulai meningkat permintaannya di pasar internasional.

Selanjutnya pengembangan UMKM ini akan diarahkan dengan pendekatan kelompok, komunitas, dan kluster, salah satunya misalnya menerapkan one village one product (OVOP) yang mendorong usaha daerah untuk konsentrasi ke produk unggulan mereka yang berbahan dasar lokal dan memiliki supply banyak.

Untuk itu, pemerintah diharapkan dapat secara konsisten mendorong berbagai UMKM di level kecil ataupun besar. Pelaku usaha kecil dapat dibantu dengan menghadirkan pihak agregator dan trading house seperti e-commerce maupun perdagangan biasa untuk bisa memasarkan produknya ke pasar global.

Sementara pelaku usaha besar diupayakan untuk bisa menjalin kemitraan yang mutual dengan usaha besar yang sudah eksis secara global. Pada implementasinya, para pelaku usaha di berbagai level ini juga membutuhkan dukungan dari pengembangan digitalisasi layanan yang memudahkan mereka untuk bertransaksi menggunakan valuta asing (valas) tanpa bertele-tele, dapat diproses dengan cepat oleh sang penerima di manapun berada, dan memiliki nilai tukar yang kompetitif.


Salah satu fitur layanan yang memudahkan mereka untuk melakukan transfer valas adalah dari Aplikasi digibank by DBS. Dilengkapi dengan akses 24/7 tanpa harus ke cabang dan kebebasan untuk melakukan transfer kemanapun tujuannya dengan gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara, digibank berikan kenyamanan dalam mengalokasikan investasi secara strategis di mana pun dan kapan pun.

Transfer valas untuk segala kebutuhan bisnis atau pribadi pun jadi lebih ringan dan menguntungkan karena digibank transfer valas memiliki nilai tukar yang kompetitif dengan FX Rate yang terkini dan juara, dan semakin cepat karena transaksimu sampai di hari yang sama.

Caranya gampang, masuk ke Aplikasi digibank by DBS, pilih “Transfer” lalu klik “Transaksi Valas”, kemudian klik “Tambah Penerima” dan ikuti petunjuk selanjutnya. Pilih negara yang dituju, pilih mata uang, lalu pilih bank dan masukkan detail penerimanya. Masukkan nominal yang akan dikirim lalu klik “Lanjut” dan selesaikan transaksinya.

Kembangkan bisnis jadi lebih menguntungkan dengan inovasi kemudahan cara berinvestasi dari digibank transfer valas. Transaksi valas ke siapa saja, kapan saja, dan di mana saja kini lebih mudah, cepat, dan praktis, ayo coba sekarang!


No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete