Bisakah Robot Mengotomasi Semua Industri di Indonesia?

Kita sudah melihat adegan-adegan keren dalam film-film bertema futuristik mengenai betapa keren robot dapat melakukan pekerjaan manusia, namun realitanya apakah bisa?


Semenjak memasuki revolusi industri 4.0, para analis melihat gelombang robot yang akan menggantikan manusia sudah semakin menampakkan eranya. Para pakar melihat ada banyak sektor yang dapat di otomatisasi oleh robot, tentu saja hal ini memberikan beragam perubahan dalam industri. Positifnya, produksi atau layanan jasa bisa lebih masif, cepat serta memangkas biaya yang banyak. Negatifnya, lebih dirasakan kepada sumber daya manusia yang ada yaitu lapangan pekerjaan yang digantikan oleh robot. Namun, apakah semua dapat digantikan oleh robot?

Akankah semua aspek usaha dapat digantikan robot sepenuhnya?

Meskipun era robot sekarang mulai bangkit, ada beberapa sektor yang tidak dapat digantikan oleh robot. Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Mckinsey & Company berjudul ‘Otomasi dan masa depan pekerjaan di Indonesia: Pekerjaan yang hilang, muncul, dan berubah’, tidak semua pekerjaan
dapat digantikan oleh robot untuk otomatisasi. 

Dalam pemaparannya, efek yang paling dirasakan dari otomatisasi ini adalah munculnya potensi meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB), serta dapat menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi kepada pekerja Indonesia serta terciptanya peluang pasar bagi perusahaan.

Sektor yang paling berpengaruh terhadap otomatisasi adalah sektor pemrosesan data dan pekerjaan fisik yang dapat diprediksi. Sedangkan sektor yang sulit dilakukan otomatiassi diantaranya adalah industri pertambangan, perkebunan, kehutanan, instalasi mesin, dan pemadaman kebakaran.

Bagaimana dengan sektor jasa?

Bayangkan Anda dipijat oleh robot, memang saat ini sudah memungkinkan, tapi apakah hasil akhir pijatnya akan sama dengan seorang terapis yang handal? Inilah salah satu contoh kenapa manusia masih akan sangat diperlukan dalam beragam industri kedepannya.

Terutama dalam hal layanan jasa, memberikan sentuhan emosional ketika berhadapan dengan konsumen merupakan unsur yang membuat kedekatan antara jasa Anda dengan konsumen. Oleh karena itu, mengembangkan sumber daya manusia yang profesional secara teknis dan mampu membangun hubungan interpersonal menjadi keharusan untuk menambah pengalaman menikmati jasa yang diberikan.

Fungsi robot sebenarnya akan sangat berguna dimasa mendatang dalam layanan jasa, namun sama seperti sekarang ini, lebih tepat penggunaannya dalam membantu dan memudahkan pengerjaan manusia terhadap layanan yang diberikan.

Halo-Jasa Mendukung SDM Vendor Layanan Jasa

Salah satunya merupakan layanan yang berfokus kepada layanan jasa service ac dengan bentuk bisnis model,ecommerce  On-Demand, Halo jasa  menjadi  satu  platform layanan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Ibu Kota. Saat ini, memiliki 4 sektor layanan market place yakni:

-     Halo Clean, layanan jasa ART harian
-     Halo Auto, layanan vendor jasa cuci kendaraan & detailing
-     Halo Fix, layanan vendor jasa service  AC  
-     Halo Massage, layanan pijat dan kerok yang dapat Anda panggil kerumah

Setiap vendor yang bergabung dengan Halo-Jasa akan dibekali dengan pelatihan khusus untuk menunjang kemampuan Anda sebagai penyedia jasa dalam memberikan layanan yang maksimal kepada konsumen. Anda akan langsung praktek dilapangan dan dibekali dengan info sesi oleh penasehat yang kredibel dari Halo-Jasa, oleh karena itu dengan bergabung menjadi mitra Halo-Jasa, memastikan layanan yang diberikan merupakan yang terbaik merupakan tujuan yang ingin dicapai.

Selain itu, ditunjang dengan kinerja teknologi, Anda sebagai penyedia vendor jasa akan dapat ditemukan dengan lebih efektif oleh konsumen melalui smartphone. Anda dapat bergabung menjadi rekan Halo- Jasa dengan mengisi data diri melalui  aplikasi halo jasa.

Di Indonesia sendiri, tren otomatisasi sepenuhnya memiliki kemungkinan kecil untuk terjadi sehingga hal ini mengindikasikan peluang layanan jasa, seperti jasa-jasa yang tersedia di Halo-Jasa masih memerlukan manusia untuk mengeksekusinya. Menarik memang apabila ada teknologi yang bisa menyamai 100% pekerjaan jasa layaknya manusia, namun sepertinya masih memerlukan waktu yang cukup lama lagi untuk kita bisa melihat hal itu. Sambil menanti kabar-kabar menggempar seperti itu muncul, ada baiknya Anda menikmati layanan Halo-Massage untuk menikmati momen ‘me time’ dari para terapis vendor jasa pijat yang handal.

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete