5 Fakta Menerik Seputar Kehidupan Astronot yang Berbeda dari Orang Biasa


Halo Serupedians

Menjadi Astronot dianggap sebagai pekerjaan yang menyenangkan dan juga menantang. Banyak orang ingin sekali menjelajah luar angkasa, namun ternyata hanya beberapa orang saja yang akhirnya bisa melaksanakan misi luar angkasa.


Banyak fakta mengungkapkan bahwa menjadi seorang astronot sangat berbeda sekali dengan orang biasa. Mereka harus merasakan hal yang tidak dialami oleh orang pada umumnya. Berikut serupedia akan mengulas 5 Fakta Menerik Seputar Kehidupan Astronot yang Berbeda dari Orang Biasa seperti yang dilansir dari liputan6.com.

1. Kerap Menjatuhkan Benda yang Dipegang

Salah satu kebiasaan astronot yang dilakukan adalah menjatuhkan barang-barang yang ada di genggaman saat berada di Bumi.

Sebab, mereka sudah terbiasa hidup di angkasa luar tanpa gravitasi. Seperti contoh, saat mereka kembali ke markas di Bumi dan sedang memegang cangkir, maka mereka akan kerap melepasnya usai minum.

Alhasil gelas jatuh dan pecah. Ini adalah kebiasaan semua astronot, tanpa terkecuali.

2. Jantung Harus Terus Dilatih

Karena gravitasi yang sangat rendah, maka jantung memiliki waktu yang lebih lama dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karenanya, seorang astronot yang berada di angkasa luar harus terus berolahraga setiap hari guna menjaga kesehatan jantungnya.

3. Harus Tidur di Sebelah Kipas Angin

Sistem ventilasi yang baik sangat diperlukan bagi seorang astronot saat sedang tidur. Sebab, udara hangat yang keluar dari dalam tubuh tidak bisa menghilang di angkasa luar.

Jika dibiarkan terus menerus tanpa adanya angin, maka karbondioksida atau suhu panas lainnya akan menggelembung di sekitar kita saat tidur.

Tentunya hal ini sangat berbahaya apabila kembali terhirup. Oleh karenanya, mereka harus tidur di sebelah kipas angin.

4. Melihat Matahari Terbit 90 Menit Sekali

Menjadi astronot bukan hanya soal sengsaranya saja. Pekerjaan ini tentu memiliki sisi indahnya juga. Ketika berada di angkasa luar, mereka akan melihat keindahan matahari.

International Space Station atau Stasiun Antariksa Internasional mengorbit Bumi sekitar 17.000 mph (27.000 km per jam). Itu berarti astronot yang ada di ISS bisa melihat matahari terbit serta terbenam setiap 90 menit sekali.

5. Butuh Berjam-jam untuk Pakai Baju

Jika seorang perempuan butuh waktu satu hingga dua jam untuk mempersiapkan diri, dari mulai makeup sampai pakaian, ke sebuah pesta, maka astronot lebih dari itu.

Menjadi seorang astronot tidaklah mudah. Bukan hanya latihan, satu persatu pakaian yang mereka kenakan harus sesuai standar. Sebelum bertolak ke angkasa luar, mereka harus menggunakan pakaian yang butuh waktu berjam-jam dikenakan.

Selain itu, dalam kurun waktu pemasangan pakaian mereka harus mengirup oksigen murni sebagai langkah persiapan. 

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete