5 Search Engine Terpopuler Sebelum Lahirnya Google


Halo Serupedians

Selama ini kita mengenal Search Engine (Mesin Pencarian) yang paling populer dan merajai adalah Google Inc. Namun jauh sebelum lahirnya Google pada tahun 1997 ada banyak mesin pencari yang populer dan banyak digunakan banyak orang.


Seiring waktu, mesin pencari itu berguguran karena ketatnya persaingan dan hadirnya Google dengan inovasi yang bisa dibilang gila-gilaan.

Berikut serupedia akan mencoba mengulas tentang 5 Search Engine Terpopuler Sebelum Lahirnya Google

1. Lycos

Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.

Seperti yang dilansir dari liputan6.com, Lycos diambil alih oleh perusahaan telekomunikasi Spanyol yaitu Telefonica dengan harga $ 12,5 miliar (sekitar Rp 100 triliun pada kurs saat itu). Kedua perusahaan pun melakukan merger menjadi Terra Networks

Tetapi empat tahun kemudian, Terra menjual Lycos ke Daum Communications Corporation yang sekarang bernama Kakao dengan harga $ 94 juta (atau sekitar Rp 827 miliar pada kurs saat itu). Jumlah tersebut jauh lebih kecil dari pembelian awal.

Terakhir, pada 2010 Daum menjual Lycos kepada Ybrand Digital yang berasal dari India. Sampai saat ini, Lycos masih dipegang oleh Ybrand.

2. Excite

Excite didirikan sebagai Architext pada tahun 1994 oleh Graham Spencer, Joe Kraus, Mark Van Haren, Ryan McIntyre, Ben Lutch dan Martin Reinfried, yang semuanya mahasiswa di universitas Stanford. 

Excite berasal dari Architext proyek, yang dimulai pada bulan Februari oleh, 1993 oleh enam mahasiswa undergrad Stanford. Mereka memiliki ide untuk menggunakan analisis statistik hubungan kata untuk membuat pencarian lebih efisien. 

Mereka segera didanai, dan pada pertengahan tahun 1993 mereka merilis salinan dari perangkat lunak pencarian mereka untuk digunakan pada situs web. Mesin pencari Excite merupakan salah satu mesin pencari yang mampu menampilkan informasi berupa web, gambar, berita, audio, dan video.

3. AltaVista

AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation 's Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah. Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks. 

Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.

Saat peluncuran, layanan itu memiliki dua inovasi yang mengaturnya depan mesin pencari lainnya; Ini digunakan cepat, multi-threaded crawler (Scooter) yang dapat mencakup banyak halaman Web lebih dari yang diyakini ada pada saat itu dan berjalan efisien pencarian back-end pada hardware lanjut.

Karena kalah saing dengan Google, akhirnya AltaVista dijual ke Yahoo pada 2003, tapi pada 2013 AltaVista sudah tidak bisa diakses, dan sekarang tautan menuju situs AltaVista dialihkan ke Yahoo Search.

4. Dogpile

Dogpile adalah mesin metasearch untuk informasi di World Wide Web yang mendapatkan hasil dari beberapa mesin pencari populer lainnya seperti Google, Yahoo dan Yandex termasuk dari penyedia konten audio dan video.

Dogpile mulai beroperasi pada bulan November 1995. Situs ini di buat dan di kembangkan oleh Aaron Flin dan kemudian diakuisisi oleh Go2net (yang pada gilirannya di jual ke Infospace).

Dari April 2001 sampai April 2007, Dogpile disimbolkan sebgai anjing. Ini dinamakan Arfie, di mana anjing itu tampil dalam berbagai tema. Dari tahun 2005 dan seterusnya, Dogpile menambahkan sebuah link yang memberi pengguna sebuah query pencarian yang sesuai dengan tema yang didukung situs tersebut.

Pada bulan April 2005, Dogpile (di miliki dan di operasikan oleh InfoSpace, Inc. saat itu) bekerja sama dengan para periset dari University of Pittsburgh dan Pennsylvania State University untuk mengukur perbedaan tumpang tindih dari mesin pencari Web terkemuka untuk mengukur manfaat menggunakan mesin metasearch untuk mencari web.

Hasil menemukan bahwa dari 10.316 kueri yang ditentukan pengguna dari Google, Yahoo dan Ask Jeeves hanya 3,2 % dari hasil pencarian halaman pertama di search engine untuk kueri tertentu. Studi lain pada tahun yang sama  dengan menggunakan 12.570 kueri yang ditentukan pengguna acak dari Google, Yahoo, MSN Search dan Ask Jeeves menemukan bahwa hanya 1,1 % hasil pencarian halaman di search engine untuk kueri tertentu.

5. Yahoo

Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.

Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang memilih kata tersbeut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift: “rude –kuat-, unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –kasar-)

Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum. Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. 

Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan. Pada bulan Juli 2012, Yahoo mendapatkan seorang CEO baru yang merupakan bekas salah satu petinggi saingan mereka, Google, Marissa Mayer.

No comments:

Post a comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete