6 Lembaga Kepolisian Terbaik di Dunia


Halo Serupedians

Polisi merupakan profesi yang menjamin setiap warga negara memiliki kenyamanan dan keamanan. Selama masih ada kejahatan di muka bumi, maka selama itu pula polisi senantiasa ada dan hadir dalam membantu masyarakat.


Seperti dikutip dari Wonderslist, berikut 6 lembaga kepolisian terbaik di dunia, dalam kaitannya dengan kinerja dan usaha mereka dalam melakukan penegakan hukum, serta langkah-langkah keamanan dan sistem yang mereka miliki untuk menindak kejahatan.

1. National Police Agency Jepang

Salah satu faktor penting yang membuat Kepolisian Nasional Jepang menduduki peringkat pertama adalah integritas, kedisiplinan, dan prinsip anti-korupsi mereka yang sangat dipegang teguh oleh hampir setiap personelnya.

Sistem platihan yang diterima oleh Kepolisian Jepang juga sangat luas dan mencakup beragam aspek untuk pencegahan kejahatan atau penegakan hukum.

Baik pria dan wanita juga dilatih secara merata di masing-masing divisi yang bertanggung jawab menangani semua masalah yang mereka latih di departemen mereka.

Ada juga Pusat Penelitian dan Pelatihan yang ditunjuk yang melakukan investigasi kejahatan keuangan yang menangkal kasus pencucian uang dan penipuan. Mereka juga dilatih untuk memerangi 'Cybercrime'. Implementasi sistem manajemen krisis yang mengagumkan untuk membantu dalam membantu bencana, juga kesungguhan mereka bekerja sama dalam skala internasional dengan pihak berwenang lainnya untuk membantu memerangi kejahatan di seluruh dunia juga menjadi faktor penting yang membuat Kepolisian Jepang sebagai salah satu yang terbaik.

2. New York PD

Telah eksis sejak 1845, Departemen Kepolisian New York (NYPD) telah memberikan pelayanan dan penegakan hukum terbaik bagi masyarakat di wilayah yurisdiksinya.

Mereka juga memiliki personel terlatih yang baik dengan standar tinggi.

Tanggung jawab mereka untuk melindungi manusia yang mencakup setidaknya 8.405.000 yang dijalankan dengan baik sejauh ini menjadi salah satu bukti tersendiri.

Keberhasilan NYPD dalam menekan angka kejahatan kekerasan (violent crime) hingga 80 persen selama dekade terakhir juga menjadi prestasi yang luar biasa.

Mereka juga mengkhususkan diri pada beragam unit, seperti Layanan Darurat, K9, Patroli Pelabuhan, Dukungan Udara, Anti Terorisme, Skuad Bom, narkotika dan transportasi umum -- yang mencakup hampir sebagian besar wilayah di mana kejahatan mengintai di New York.

3. Polizio Di Stato Italia

Polizia Di Stato menjadi salah satu dari institusi kepolisian yang sangat terlatih di dunia.

Mereka juga efektif dalam menjalankan divisi "Anti Mafia Italia" yang bertanggung jawab atas penangkapan 2 Mafia Bos paling berbahaya dan kekerasan tersembunyi di kedalaman pegunungan yang tandus.

Secara keseluruhan, institusi kepolisian itu terdiri dari jumlah yang mengejutkan sekitar 300.000 petugas -- menjadikan mereka unit kepolisian dengan kuantitas terbanyak di Uni Eropa.

Mereka juga berkolaborasi baik dengan Angkatan Bersenjata Italia dan juga pasukan khusus lainnya.

Oh ya, Kepolisian Italia juga memiliki mobil polisi super cepat seperti Lamborghini Huracan yang membantu mereka beroperasi sehari-hari.

4. Kepolisian Selandia Baru

Kehebatan The Royal New Zaeland Police adalah pada komponen akademi-nya, yang menghasilkan calon-calon polisi yang baik dan mumpuni untuk menghadapi fenomena kejahatan di Selandia Baru.

Sedari awal, para lulusan baru dituntut untuk mampu menunjukkan komitmen, integritas, dan kemampuan pemecahan masalah yang kompleks.

Sebagai persyaratan ketat untuk menjadi petugas yang sangat terlatih, masing-masing polisi dilatih untuk dapat menangani senapan mesin berat dan juga pistol. Mereka juga dipisahkan menjadi unit khusus, seperti skuad 111, Beat and Patrol, Counter Terror, Investigasi Kriminal, Skuad Diving, Unit K9, Narkotika, Forensik, Departemen Lalu Lintas serta E-Crime.

5. Kepolisian Nasional Prancis

Kepolisian Prancis sejatinya secara tradisional dilatih untuk menangani kejahatan ringan seperti pencurian kecil, penjambretan, penanganan kasus orang hilang, kecelakaan lalu-lintas, dan tilang.

Namun, mereka bekerja secara terspesialisasi, memiliki tim-tim khusus yang bertanggungjawab untuk memastikan bahwa keamanan negara dijaga setiap hari.

Dalam skala nasional, Kepolisian Nasional Prancis juga bertanggungjawab atas penegakan hukum di wilayah urban besar.

Kolaborasi mereka dengan Gendarmerie -- yang sejatinya merupakan komponen militer yang ditugaskan membantu kepolisian -- membuat Kepolisian Nasional Prancis semakin kompatibel menjawab tantangan kejahatan dan terorisme domestik di Negeri Mode setiap harinya.

6. Australian Federal Police

Kepolisian Federal Australia telah menjadi institusi yang memiliki reputasi dengan melakukan penegakkan hukum berdasarkan standar tertinggi.

AFP pernah bertanggung jawab atas peringkusan salah satu pabrik narkoba terbesar dalam sejarah Australia. Dalam penumpasan narkoba, mereka juga diperkirakan telah berhasil menyita sabu-sabu total senilai 900 juta dolar.

Kepolisian Australia juga memiliki reputasi yang sangat mencengangkan atas peradilan pidana, dengan kesuksesan mereka menginvestigasi kejahatan sindikat yang kompleks.

Alasan mengapa AFP menjadi salah satu institusi kepolisian yang terlatih dengan baik dibuktikan dengan sifat kooperatif mereka untuk bergabung ke dalam pasukan gabungan agar bisa bergabung sebagai satu batalyon kuat dengan NSW untuk memerangi terorisme.

Mereka juga menjadi institusi kepolisian yang menegakkan dan mempraktikkan prinsip kesetaraan gender dengan baik.

Mereka berencana untuk memiliki lebih banyak personel perempuan di kepolisian dalam dekade berikutnya yang akan datang.

Artikel ini telah tayang di Liputan6.com. Baca Sumber Artikel

(Rizki Akbar Hasan/liputan6.com)

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete