7 Film Bertema Kecerdasan Buatan Terbaik Sepanjang Masa


Halo Serupedians

Kecerdasan Buatan adalah tema yang menarik dan sering diangkat dalam sebuah film. Film yang mengangkat tema kecerdasan buatan biasnya akan menceritakan tentang mesin cerdas (robot atau komputer) yang dirancang bisa menyaingi manusia, bahkan yang seru adalah bisa bertarung dengan manusia itu sendiri.

Berikut serupedia akan mengulas tentang 7 Film Bertema Kecerdasan Buatan Terbaik Sepanjang Masa.

1. Transcendence (2014)


Transcendence adalah sebuah film fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Wally Pfister, dan ditulis oleh Jack Paglen. Dibintangi oleh Johnny Depp, Rebecca Hall, Kate Mara, Cillian Murphy, Paul Bettany, and Morgan Freeman.

Dr. Will Caster (Johnny Depp) memiliki impian menciptakan sebuah teknologi komputer super canggih yang kemampuannya akan lebih besar dari kepintaran kolektif semua manusia yang pernah ada. Saat usahanya hampir berhasil, ia ditembak oleh kelompok yang menyebut diri sebagai 'gerakan antiteknologi'.

Dalam keadaaan sekarat, sang istri, Evelyn (Rebecca Hall) dan sahabatnya, Max (Paul Bettany) berusaha menolong Will dengan menghubungkan isi otak Will ke dalam teknologi komputer yang sedang dikembangkannya. Usaha ini ternyata membawa bencana bagi dunia yang mengancam kelangsungan umat manusia di bumi.

2. The Terminator (1984-2015)


The Terminator merupakan sebuah film aksi-fiksi ilmiah Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1984. Film yang disutradarai oleh James Cameron ini pemainnya antara lain ialah Arnold Schwarzenegger, Michael Biehn, dan Linda Hamilton. Tanggal rilisnya pada 26 Oktober 1984.


Diceritakan dithaun 2029, terjadi kerusakan dibumi akibat ulah robot-robot yang diprogram dengan Kecerdasan Buatan yang sangat handal. Ketika itu para robot menguasai bumi, mereka sudah seperti manusia. Mereka mampu menciptakan robot-robot yang lain. Namun para robot mendapat perlawanan dari seorang manusia bernama John Connor (Anak dari Sarah Connor) beserta para pasukannya (Kyle Reese, dll). Para robot jahat pada tahun 2029 itu kemudian menciptakan robot bernama The terminator yang dikirim ketahun 1984 untuk membunuh Sarrah Connor (Ibu dari John Connor) agar John Connor tidak lahir.

Disisi lain John Connor juga mengirim seorang prajurit terbaiknya bernama Kyle reese ketahun 1984 untuk melindungi ibunya.

Setelah sukses dengan The Terminator (1984), film ini memiliki 4 sekuel yang sangat baik dari film pertamanya, yakni Judgment Day (1991), Rise of the Machines (2003), Salvation (2009) dan Genisys (2015). 

3. The Matrix (1999 - 2003)


The Matrix adalah sebuah film fiksi ilmiah yang pertama kali dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 31 Maret 1999. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Wachowski bersaudara (Andy dan Larry). Pemeran utama adalah Keanu Reeves, Laurence Fishburne, Carrie-Anne Moss, dan Hugo Weaving.

The Matrix menghasilkan pendapatan sebesar US$171 juta di Amerika Serikat dan US$456 juta di seluruh dunia. Film ini sebelumnya tidak diperkirakan akan menjadi sangat sukses dan populer sampai mencapai status cult sehingga diproduksikan kedua film lanjutannya:The Matrix Reloaded dan The Matrix Revolutions. Wachowski bersaudara memang sudah ingin membuat sebuah trilogi, namun baru diperbolehkan setelah film pertama terbukti sukses.

Selain film ada pula sebuah game komputer berjudul Enter the Matrix dan sebuah koleksi film animasi yang terdiri dari sembilan cerita dan berjudul The Animatrix.

Cerita film ini tentang seorang hacker yang bernama Neo dan mengetahui akan keadaan sebenarnya dari realitas dan lalu bergabung dengan sebuah kelompok pemberontak melawan program-program komputer penjaga yang memiliki prorgam kecerdasan buatanyang disebut agen-agen. Para pemberontak ini dipimpin oleh Morpheus. Anggota lainnya adalah Trinity, Cypher, Tank, dan lain-lain.

4. A.I. Artificial Intelligence (2001)


A.I. Artificial Intelligence, juga dikenal sebagai A.I., adalah sebuah film drama fiksi ilmiah Amerika 2001 garapan Steven Spielberg. Skenarionya dibuat oleh Spielberg berdasarkan pada sebuah cerita karya Ian Watson dan cerpen tahun 1969 "Super-Toys Last All Summer Long" karya Brian Aldiss. 

Film tersebut diproduksi oleh Kathleen Kennedy, Spielberg dan Bonnie Curtis. Film tersebut dibintangi oleh Haley Joel Osment, Jude Law, Frances O'Connor, Brendan Gleeson dan William Hurt.

Film ini berkisah tentang David (Haley Joel Osment) seorang bocah yang bukan bocah biasa. Ia adalah robot yang diprogram welas asih. Diadopsi sebagai test case oleh pegawai Cybertronics (Sam Robards) dan istrinya, (Frances O'Connor). 

Ketika kehidupan di bumi tak lagi sesuai bagi David, ia pun dibawa berkelana oleh robot menuju “kampung halaman,” dunia lain yang dipenuhi robot dan mesin. 

5. I, Robot (2004)


I, Robot adalah film fiksi ilmiah-action tahun 2004. Film ini disutradarai oleh Alex Proyas dan diproduksi oleh John Davis, Topher Dow, Wyck Godfrey, Laurence Mark dan Will Smith. 

Will Smith membintangi film ini sebagai Detektif Del Spooner, pemeran utama film ini yang membenci robot dan tidak menyukai integrasi mereka kedalam kehidupan manusia. Pemeran lainnya meliputi Bridget Moynahan, Bruce Greenwood, James Cromwell, Chi McBride, Alan Tudyk, dan Shia LaBeouf. Film ini dirilis di Amerika Serikat dan Kanada pada 16 Juli 2004.

Film ini menceritakan, Pada 2035, robot super jenius dengan sistem kecerdasan buatan handal yang dipekerjakan di area publik untuk menjaga keamanan. Detektif Del Spooner (Will Smith) menginvestigasi kematian pendiri U.S. Robotics Alfred Lanning (James Cromwell).

Dicurigai, sang pembunuh tak lain robot yang menyerupai manusia (Alan Tudyk). Dengan bantuan pakar robot (Bridget Moynahan), Spooner mengungkap konspirasi yang membinasakan umat manusia.

6. Eagle Eye (2008)


Eagle Eye adalah film Amerika produksi tahun 2008 yang diproduksi oleh D.J. Caruso dan menampilkan Shia LaBeouf dan Michelle Monaghan. Eagle Eye akan dirilis dalam bentuk DVD dan Blu-ray pada 28 Desember 2008 bersamaan dengan DVD spesial edisi. 

Kisah film ini mengenai sebuah komputer super canggih yang mengambil keputusan sendiri karena menganggap para penjabat yang mengambil keputusan melanggar hukum.

Awalnya, kehidupan Jerry Shaw (Shia LaBeouf) biasa-biasa saja. Sampai suatu ketika, teknologi yang mereka gunakan sehari-hari, dari ponsel sampai mesin ATM, dikuasi kekuatan misterius.

Sutradara D.J. Caruso mengemas kecerdasan buatan dalam karakter Autonomous Reconnaissance Intelligence Integration Analyst (ARIIA) sebagai kekuatan misterius yang mengubah total kehidupan Shaw. 

7. Automata (2014)


Automata adalah sebuah film fiksi ilmiah 2014 yang dibintangi oleh Antonio Banderas. Film tersebut disutradarai oleh sutradara Spanyol Gabe Ibáñez dan ditulis oleh Ibáñez bersama dengan Igor Legarreta dan Javier Sánchez Donate. Bersama dengan Banderas, film tersebut dibintangi oleh Birgitte Hjort Sørensen, Melanie Griffith, Dylan McDermott, Robert Forster dan Tim McInnerny.

Film ini mengisahkan tentang waktu manusia di Bumi telah habis, kecerdasan buatan akan menggantikannya. Di masa depan bumi telah gersang dan hancur akibat badai matahari. Hanya sedikit yang bisa selamat. Di dunia yang seperti itu terdapat para robot yang memiliki kecerdasan buatan. Para robot memiliki dua buah protokol untuk membatasi kecerdasan mereka.


Protokol pertama berisi perintah supaya robot tidak membunuh makhluk hidup. Protokol kedua berisi perintah untuk tidak mengubah diri sendiri dan robot lain. Kedua protokol tersebut berfungsi untuk melindungi umat manusia. Namun, apa yang terjadi jika protokol tersebut dihilangkan ? "Your time is coming to an end. Ours is now beginning."

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete