Seberapa Canggihkah Teknologi 5G?

Halo Serupedians

Teknologi 5G yang saat ini diprediksi akan segera terwujud bisa menjadi teknologi supercanggih di era digitalisasi. Dampak yang pasti akan terjadi adalah semakin cepatnya akses internet dan tentunya hal ini akan semakin memanjakan netizen.


Seberapa Canggihkan Teknologi 5G? Baik, kali ini serupedia akan mencoba mengulas tentang Teknologi 5G yang digadang-gadang akan merubah peradaban dunia.

5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler meleibih standar 4G.

Kehadiran teknologi 5G yang disinyalir akan hadir secara global mulai tahun 2020 di sejumlah negara maju, menjanjikan koneksi superior dengan pengalaman yang lebih luas.

Dari segi kecepatan akses, Teknologi 5G akan sangat cepat bila dibandingkan dengan pendahulunya. Menurut situs Wire, 5G akan meningkatkan kecepatan download hingga 10 gigabit per detik. Itu berarti film full HD dapat di-download dalam hitungan detik. Contoh sederhananya jika Kita hendak mendownload film Spiderman yang kapasitasnya 5 GB, maka untuk mendownloadnya kita perlu waktu sekitar setengah detik. Wow !!!

Dalam dikutip 5g.co.uk, 5G mampu mentransmisikan data hingga 20Gbps. Sementara Nokia berpendapat bahwa layanan 5G mampu menyiarkan streaming video beresolusi 8K.

Hebatnya, 5G Innovation Center telah mencapai kecepatan lebih tinggi di pengujian, yakni sekitar 1 terabit per detik (1 Tbps). Kecepatan itu kira-kira 65 ribu kali lebih cepat.

Teknologi 5G juga akan membawa perubahan terbesar dengan memulai era smart car tanpa driver dan rumah pintar. Raksasa telekomunikasi terkemuka seperti Apple, Airtel, BSNl, dan Nokia telah mulai bekerja dengan teknologi 5G dan mungkin akan membawa kejutan besar. 

Para penikmat Internet dapat menikmati menjelajah internet dan mengunduh yang lebih cepat, panggilan video berkualitas lebih baik, streaming video UHD dan 3600, dan akses instan ke layanan cloud yang telah tersedia saat ini.

Dengan munculnya jaringan 5G, always connected PC akan dapat memberikan akses internet supercepat, konektivitas berlatensi rendah untuk layanan cloud berikutnya, serta konferensi video berkualitas tinggi, permainan interaktif, dan peningkatan dalam produktivitas karena fleksibilitas untuk bekerja di mana saja. 

Selain itu, hadirnya Teknologi 5G akan menghadirkan enhanced mobile broadband (eMBB) yang erat kaitannya dengan data plan. Hal ini akan membuat operator mampu menyediakan penjualan paket data berkapasitas besar. Misalnya, saat ini operator menawarkan paket data maksimal 10 GB. Melalui infrastruktur 5G, operator sanggup menyediakan kapasitas paket data hingga 50 sampai 100 GB per bulan.

Kecepatan internet 1Gbps memang bukan hal baru, tetapi cukup langka lantaran mahalnya biaya yang dikeluarkan untuk infrastruktur, misalnya pemasangan kabel fiber optik dan menghubungkannya ke alamat tujuan. Sementara itu, kecepatan internet nirkabel 5G tak akan semahal internet rumah, sebab tak membutuhkan pemasangan infrastruktur yang mahal pula.

Seperti yang dikutip, tak hanya kemajuan teknologi komunikasi semata, berdasarkan hasil studi "The 5G Economy" yang digagas oleh Qualcomm dan dilaksanakan oleh berbagai perusahaan riset, rantai nilai (value chain) 5G di seluruh dunia akan menghasilkan pendapatan hingga US$ 3,5 triliun dan membuka 22 juta lapangan pekerjaan pada 2035. Selain itu, 5G memungkinkan terciptanya distribusi barang dan jasa berskala global yang bernilai hingga US$ 12,3 triliun di tahun yang sama.

No comments:

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.