5 Benda Hasil Cetakan Printer 3D yang Luar Biasa

Halo Serupedians

Kecanggihan teknologi dewasa ini memang sangat menakjubkan, terlebih setelah ditemukannya Printer 3D dengan segala kecanggihan yang dimilikinya. 3D printer merupakan sebuah teknologi canggih yang dapat membentuk objek tiga dimensi secara solid yang berasal dari file digital. Objek dibangun layer demi layer hingga membentuk objek yang diinginkan dengan menggunakan material tertentu.


Dalam dunia industri, keberadaan Printer 3D ini sangat membantu dalam menghemat biaya karena kecepatan dan biaya produksi yang bisa dirancang lebih baik.

Berikut serupedia akan mengulas 5 Benda Hasil Cetakan Printer 3D yang Luar Biasa.

1. Gitar  


Sejak satu abad yang lalu, konstruksi gitar modern terbuat dari bahan kayu. Namun berkat hadirnya teknologi 3D printer, gitar pun dapat kita buat menggunakan bahan dasar plastik. Walaupun berbahan plastik, fungsinya tidak berkurang namun justru membuat gitar terasa lebih ringan dibandingkan dengan gitar yang terbuat dari kayu.

2. Rumah 


Tahun 2011, Behrokh Khoshnevis-seorang profesor teknik di University of Southern California memberikan gagasan luar biasa tentang pembuatan rumah yang dibuat dari desain pada 3D printer. 

Ia mencoba mendirikan rumah cetakannya diatas tanah seluas 2.320 meter persegi dan menghabiskan waktu 20 jam untuk membuatnya. Ide ini rencanaya akan digunakan untuk mengantisipasi kerusaan yang diakibatkan oleh gempa bumi sehingga para korban lebih mudah memiliki huniannya kembali.

3. Pakaian   



Pada awal penggunaan printer 3D, umumnya benda yang dicetak berukuran besar. Namun semakin lama berkembang, printer 3D pun merambah ke dunia fashion. 

Walaupun semula hanya dapat mencetak bikini, sekarang para desainer dapat membuat baju impian mereka melalui printer 3D dengan bahan sesuai yang mereka inginkan. Bahkan ada event dimana dipamerkan fashion khusus hasil cetakan printer 3D.

4. Makanan 



NASA yang merupakan perusahaan antariksa terbesar saat ini tengah mengembangkan produk makanan untuk para astronom yang bertugas di luar angkasa. 

Jika saat ini makanan para astronom berbentuk cair dan lunak, dimasa mendatang makanan itu akan dicetak seperti makanan yang ada di bumi sehingga menambah selera makan. Printer 3D akan mencetak semua bentuk makanan dan dengan rasa yang sama sesuai keinginan para astronom.

5. Lensa Kamera 

  
Fotografi mungkin adalah tempat terakhir yang Anda harapkan saat pencetakan 3D muncul. Sebuah kamera berkualitas tinggi bisa menghabiskan biaya beberapa ribu dolar untuk lensa dengan kualitas terbaik. 

Namun berkat teknologi percetakan 3D, seorang fotografer dapat mencetak lensa kameranya sesuai desain yang diinginkan. Tentu ini lebih menguntungkan karena dapat menghemat biaya untuk membeli lensa kamera.

No comments:

Post a comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete