4 Fakta Unik Garang Asem

Hai Serupedians!

Ada beragam makanan tradisional yang kita jumpai setiap harinya. Jika di Madiun kita menjumpai pecel, di Bandung kita menjumpai karedok, di Malang kita menjumpai bakso malang, dan masih banyak lagi. Tapi, tahukah kalian tentang makanan asal Kota Semarang, garang asem?


Nama garang asem hakikatnya merujuk pada rasa makanan dan cara memasaknya. Garang asem adalah lauk yang dimasak dengan cara dibungkus daun pisang dan dikukus (digarang/dipanaskan). Lauknya bisa apa saja, seperti berlaku pada masakan pepes, misalnya ayam, jeroan, ikan, jamur, atau tahu. Rasanya agak asem (asam) karena lauk tadi dicampuri irisan tomat hijau.

Berikut 4 Fakta Unik Garang Asem.

1. Hanya untuk yang mampu

Jaman dahulu, garang asem adalah makanan kalangan atas yang hanya dapat dimakan oleh orang berada. Pada saat itu harga daging ayam kampung sangatlah mahal. Sehingga daging ayam kampung  hampir tidak dapat terbeli oleh masyarakat menegah ke bawah. Sekarang harga garang asem sudah terjangkau oleh kalangan manapun dan merupakan salah satu makanan favorit Indonesia.

2. Paling mahal di menu

Walaupun harganya sudah terjangkau, garang asem merupakan menu yang paling mahal di rumah makan soto tradisional Jawa Tengah. Garang asem terdiri dari ayam (daging) yang dimasak bersama bumbu rempah-rempah. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Namun yang membuatnya mahal adalah proses memasaknya yang membutuhkan waktu berjam-jam selain itu menu garang asem merupakan menu yang rempah-rempahhnya paling komplit. Itulah mengapa garang asem harganya paling mahal di menu.

3. Memasaknya yang sulit

Garang asem adalah lauk yang dimasak dengan cara dibungkus daun pisang dan dikukus (digarang/dipanaskan). Lauknya bisa apa saja, seperti berlaku pada masakan pepes, misalnya ayam, jeroan, ikan, jamur, atau tahu. Rasanya agak asem (asam) karena lauk tadi dicampuri irisan tomat hijau.Garang asem dimasak hampir selama dua jam. Walaupun caramua sederhana, namun jika salah dalam proses memasak, garang asem ini malah akan menjadi opor ayam.

4. Asal usul nama garang asem

Ada dua cerita tentang asal mula nama garang asem. Pertama adalah karena rasanya yang pedas-pedas (garang) dan asam manis segar (asem), sehingga masakan ini disebut dengan garang asem. Kedua adalah asal mula masakan ini yang berasal dari desa di kabupaten kudus yang bernama Desa Garang.


No comments:

Post a comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete