10 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Yang Jarang Diketahui

Halo Serupedians!

Komunikasi adalah sebuah proses dimana terdapat interaksi antara komunikan dan komunikator untuk melakukan pertukaran pesan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebuah interaksi sosial yang dapat dikatakan tidak berarti apa-apa apabila tidak terdapat komunikasi didalamnya. Dalam dunia kerja saat ini, teknologi sangat erat kaitannya dengan komunikasi. 


Komunikasi sangat berhubungan dengan pemanfaatan dan keberlangsungan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan zaman. Dengan berkembangnya zaman, waktu dan teknologi yang kian pesat ini tentu segala unsur dalam hidup kita mulai menerima banyak pengaruh dari hal–hal baru. Termasuk dengan cara berkomunikasi.

Dengan zaman yang semakin serba canggih dan mutakhir, komunikasi selalu menjadi hal pokok untuk menghadapi perkembangan zaman yang terjadi. Salah satunya dengan mengisi posisi-posisi penting yang ditawarkan melalui prospek kerja Ilmu Komunikasi. Untuk itu, Serupedia akan mengulas 10 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Yang Jarang Diketahui.

1. Jurnalis


Jurnalistik adalah salah satu bagian dari studi Ilmu Komunikasi. Jurnaslitik mempelajari teknik mengenai bagaimana cara menulis berita, fitur, artikel atau opini disebuah media massa, baik itu media cetak, media elektronik, maupun media online.

Dalam dunia Ilmu Komunikasi, jurnalistik menjadi mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa yang bersangkutan. Sebab dari mata kuliah inilah mahasiswa dilatih untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyebarkan berita yang dibuat.

Menulis adalah menu wajib bagi mahasiswa yang ingin menekuni bidang jurnalistik. Mahasiswa dituntut untuk mampu menulis, menganalisa terhadap kondisi sosial serta berpikir kritis terhadap polemik yang terjadi disekitarnya. Meskipun demikian, jurnalistik dapat dipelajari oleh siapapun, tidak harus dari lulusan Ilmu Komunikasi.

Adapun bidang-bidang kerja dari seorang jurnalis antara lain menjadi wartawan, redaktur, dan reporter.

2. Fotografer


Fotografer adalah seseorang yang melakukan kegiatan fotografi secara profesional yang merupakan tanggung jawabnya yang sebagai kegiatan pokok untuk memperoleh penghasilan. Fotografer adalah sebuah profesi yang dapat ditekuni oleh seseorang yang bekerja dalam bidang komunikasi. Memang, ada yang menjadikan fotografi sebagai hobi, meskipun tak jarang ada pula yang menjadikan fotografi sebagai profesi.

Untuk lulusan Ilmu Komunikasi yang mengambil konsentrasi jurnalistik, didalamnya terdapat mata kuliah mengenai teknik fotografi. Bagaimana cara mengambil gambar dari angle yang menarik, mengambil gambar yang unik ataupun menarik. Menjadi fotografer dapat dijadikan sebagai profesi bagi lulusan Ilmu Komunikasi.

3. Penyiar


Seperti yang kita ketahui, bahwa dunia penyiaran pada dasarnya adalah proses menyampaikan suatu pesan melalui media massa seperti televisi, radio ataupun media online kepada masyarakat. Dengan tuntutan yang demikian, profesi seorang penyiar menjadi profesi yang sangat cocok untuk seseorang yang menekuni bidang komunikasi.

Menjadi produser, sutradara, reporter, copy writer, penyiar radio dan lain–lain adalah jenis pekerjaan yang terlibat dalam bidang penyiaran, dan pekerjaan-pekerjaan itu adalah prospek kerja yang paling banyak dicari oleh industri-industri komunikasi yang sedang berkembang saat ini.

4. Juru Kamera


Bagi lulusan Ilmu Komunikasi yang mengambil konsentrasi broadcasting menjadi juru kamera pasti hal yang tidak asing. Juru kamera adalah orang yang mengoperasikan kamera untuk merekam sebuah gambar film. Juru kamera bertangung jawab atas memelihara komposisi seluruh adegan atau bidikannya.

Dalam pembuatan sebuah film naratif juru kamera bertugas secara langsung dengan sang sutradara, penata fotografi, aktor serta anggota yang lain guna membuat keputusan teknis dan kreatif. Kecakapan sang juru kamera yang terpenting adalah mengetahui teknik dalam pengambilan gambar, serta didukung pengetahuan mengenai pengambilan gambar. Menjadi seorang juru kamera dapat juga dijadikan profesi untuk kalian para lulusan Ilmu Komunikasi.

5. Presenter/Master of Ceremony


Presenter adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan sebuah event. Misalnya, mungkin menjadi presenter dari sebuah pameran, acara pernikahan, atau ulang tahun. Pada media penyiaran, presenter adalah orang yang mengambil peran utama dalam sebuah program.

Kemampuan menyampaikan pesan dengan baik dan dapat menarik perhatian khalayak, tentu menjadi bagian yang dipelajari oleh lulusan Ilmu Komunikasi. Kemampuan tersebut pun sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang presenter.

Lulusan Ilmu Komunikasi selalu dituntut untuk pandai berbicara dengan efektif dalam menyampaikan maksud dan tujuannya. Hal tersebutlah yang menjadikan posisi presenter menjadi sasaran yang tepat sebagai prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi.

6. Advertiser


Advertising merupakan suatu usaha yang bergerak dibidang periklanan, advertising tidak akan terlepas dari sebuah ide karena untuk membuat iklan membutuhkan ide yang bagus dan kreatif. Disinilah para lulusan Ilmu Komunikasi ada dalam menyediakan jasa untuk membuat konsep, percetakan, maupun penempatan iklan.

Iklan yang ditampilkan harus dikemas semenarik mungkin oleh para advertiser. Dalam iklan, semakin menarik dan membuat penasaran, maka semakin sukses dan efektif pula iklan tersebut. Prospek kerja dalam dunia advertising bagi lulusan Ilmu Komunikasi, antara lain sebagai project leader advertising, copy writer, media planner, dan lain sebagainya.

7. PRO/Public Relation Officer


Pekerjaan public relation officer adalah pekerjaan yang sangat menarik dan menantang. Karena di dalam pekerjaan tersebut, lulusan Ilmu Komunikasi harus mampu menarik perhatian masyarakat pada perusahannya dengan membangun citra yang sangat baik.

Sebab public relation sendiri adalah sebuah kegiatan komunikasi yang dimaksudkan untuk membangun citra yang baik terhadap perusahaan. Seorang public relations dituntut untuk selalu berpikir kreatif, solutif, persuasif, dalam menyampaikan pesan – pesan perusahaan kepada masyarakat agar perusahaan yang dikelolanya senantiasa memiliki reputasi yang baik.

8. Event Organizer


Event Organizer adalah pengelola suatu kegiatan. Setiap kegiatan yang diselenggarakan bertujuan untuk memperoleh keuntungan dari kedua belah pihak, baik penyelenggara maupun yang hadir pada saat kegiatan berlangsung. Keuntungan ini tidak harus bersifat material namun juga dapat bersifat non materi.

Bagi lulusan Ilmu Komunikasi, melalui sebuah event inilah mereka dapat mengeksplor kemampuannya dalam mengorganisir massa dan merancang konsep sekreatif mungkin. Bagaimana mereka merencanakan perhelatan event bagi sebuah tim agar mampu menyampaikan sebuah pesan atau makna tertentu dan mewujudkan reputasi yang baik dari pihak penyelenggara.

9. Komunikasi Pemasaran


Komunikasi Pemasaran adalah sarana yang digunakan sebuah perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk dan meningkatkan konsumen langsung atau tidak langsung tentang produk dan merk yang mereka jual. Produk atau merk semua dapat dijadikan lahan bisnis ahli marketing.

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mengambil konsentrasi bisnis memiliki peluang yang besar untuk bekerja disebuah perusahaan sebagai perancang strategi pemasaran yang sesuai untuk perusahaan. Pekerjaan ini berusaha menciptakan pemasaraan yang efektif dan menarik bagi sebuah perusahaan sesuai dengan apa yang telah dipelajari selama bangku perkuliahan.

10. Pengusaha


Tak sedikit pula lulusan Ilmu Komunikasi mengambil jalan hidup sebagai pengusaha. Diantara mereka ada yang berpikir disamping tersedianya prospek kerja Ilmu Komunikasi yang luas, perlu ada penambahan prospek kerja Ilmu Komunikasi yang baru.

Berbekal dengan ilmu perkuliahan yang telah dipelajari, para lulusan Ilmu Komunikasi mempraktikkan Ilmu Komunikasi diranah komunikasi bisnis. Hal ini sangat tepat selain Ilmu Komunikasi adalah ilmu pokok dalam menjalin relasi bisnis, Ilmu Komunikasi juga sangat mempengaruhi bagaimana seseorang membangun jaringan.

Itulah 10 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Yang Jarang Diketahui versi Serupedia. Apakah pekerjaan diatas ada yang sesuai dengan bakat dan minat anda sebagai lulusan Ilmu Komunikasi? Apapun pekerjaannya, yang terpenting adalah bagaimana kita sebagai manusia dapat membangun komunikasi tanpa terkecuali agar tetap dapat berhubungan satu sama lain.

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete