5 Majalah Paling Berpengaruh di Dunia

Halo Serupedians

Walau keberadaannya mulai tergusur oleh media online, keberadaan majalah saat ini masih memegang peranan penting sebagai media informasi untuk masyarakat. Majalah-majalah yang diproduksi sekarang memang tak se-masif dahulu, namun tidak sedikit majalah yang masih berpengaruh dalam pemberitaan.

Berikut serupedia akan mengulas tentang 5 Majalah Paling Berpengaruh di Dunia versi serupedia

1. Forbes

Majalah Forbes adalah sebuah majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat yang didirikan pada 1917 oleh B.C. Forbes. Setelah kematiannya pada 1954 dan putra Bruce pada 1964, majalah ini terkenal bersama sang putra kedua Malcolm Stevenson Forbes, yang akrab dipanggil Malcolm Forbes (1917–1990). 

Saat ini, perusahaan tersebut dan majalahnya dipimpin Malcolm Stevenson Forbes Jr., (Steve Forbes) (1948–), dan saudara-saudaranya. Majalah Forbes pertama kali diterbitkan di Indonesia oleh PT Wahana Mediatama pada bulan November 2010.

Majalah ini bermarkas di Fifth Avenue di New York CityForbes terkenal akan daftar-daftar perusahaan dan orang-orang terkaya di dunia, di antaranya Forbes 500 (perusahaan terkaya di dunia), Forbes 400 (pengusaha terkaya di Amerika Serikat), World's Richest People (daftar orang-orang terkaya di dunia).

2. Time



TIME adalah sebuah majalah berita mingguan Amerika Serikat. TIME diterbitkan dalam beberapa edisi, edisi Eropa (Time Europe, dulu bernama Time Atlantic) diterbitkan dari London. Time Europe dijual di Timur Tengah, Afrika dan (sejak 2003) Amerika Latin. Edisi Asia (Time Asia) berpusat di Hong Kong, sedangkan edisi Kanada (Time Canada) berpusat di Toronto.

Edisi pertama TIME diterbitkan pada 3 Maret 1923, dengan Joseph G. Cannon, anggota DPR AS di sampulnya. TIME terbit lebih awal dari pesaing-pesaingnya, sekaligus menciptakan format majalah berita mingguan. Ia didirikan pada 1923 oleh Briton Hadden dan Henry Luce. Keduanya telah pernah bekerja sama semasa di Yale, menjadi editor dan ketua Yale Daily News. Hadden meninggal pada 1929, dan Luce menjadi orang penting di TIME dan tokoh besar dalam media pada abad ke-20.

Hadden adalah orang yang periang, dan menganggap TIME sebagai sesuatu yang penting namun juga menyenangkan. Ini turut memengaruhi isinya yang hingga kini kadang masih dianggap terlalu ringan untuk berita serius.

TIME terkenal akan garis merah di keempat sisi sampulnya yang banyak ditiru majalah lainnya. Fiturnya yang paling terkenal sepanjang penerbitannya adalah Person of the Year (Tokoh Tahun Ini, dulu bernama Man of the Year). Yang terpilih tidak harus orang baik, karena kriteria yang digunakan adalah orang tersebut harus merupakan orang yang paling memengaruhi berita-berita pada tahun tersebut. Contoh tokoh yang dibenci yang pernah menjadi Person of the Year adalah Adolf Hitler atau Ayatollah Khomeini. Selain itu, alat-alat atau robot pun kadang dapat mendapat gelar ini.

3. National Geographic



National Geographic, sebelumnya disebut National Geographic Magazine, adalah majalah resmi National Geographic Society. Majalah ini telah diterbitkan semenjak tahun 1888, sembilan bulan setelah pendirian National Geographic Society. 

Ada 12 isu bulanan National Geographic per tahun, ditambah setidaknya empat suplemen peta tambahan. Pada kesempatan langka, isu-isu khusus majalah juga diciptakan. majalah ini berisi artikel tentang geografi, ilmu pengetahuan populer, sejarah dunia, budaya, peristiwa terkini dan fotografi tempat dan hal-hal di seluruh dunia dan alam semesta. 

Majalah ini diterbitkan setiap bulan dan tersedia dalam edisi cetak maupun daring. Pada tahun 2011, majalah National Geographic telah beredar di seluruh dunia dalam tiga puluh enam bahasa dengan sirkulasi global sebesar 8,3 juta.Sirkulasinya di Amerika Serikat tercatat sekitar 5 juta per bulan.

4. People



People (awalnya bernama People Weekly) adalah sebuah majalah mingguan Amerika Serikat yang menyajikan kisah-kisah selebritis, human interest, dan berita yang diterbitkan oleh Time Inc.. Dengan jumlah pembaca mencapai 46,6 juta orang dewasa, People memiliki jumlah pembaca terbesar dibandingkan majalah Amerika lainnya.

People meraup pendapatan sebesar $997 dari iklan pada tahun 2011, pendapatan iklan tertinggi dibandingkan dengan majalah Amerika manapun. Pada tahun 2006, majalah ini memiliki sirkulasi 3,75 juta dan pendapatan mencapai $ 1,5 miliar.

People dinobatkan sebagai "Magazine of the Year" oleh Advertising Age pada bulan Oktober 2005 atas keunggulannya dalam editorial, sirkulasi dan iklan. People menempati peringkat ke-6 dalam daftar tahunan Advertising Age "A-list" dan #3 dalam Adweek "Brand Blazers" pada bulan Oktober 2006.

People paling dikenal karena penghargaan khusus tahunannya bertajuk "Most Beautiful People", "The Best Dressed", dan "The Sexiest Man Alive".

Baca Juga : 4 Majalah Dengan Harga Tidak Masuk Akal


Majalah ini memiliki biro editorial tunggal di Los Angeles. Karena alasan ekonomi biro di New York City, Austin, Miami, Chicago dan London ditutup pada tahun 2006.

5. PlayBoy



Playboy adalah nama sebuah majalah dewasa yang terkenal dengan foto-foto wanita bugilnya. Diterbitkan pertama kalinya pada tahun 1953 di Amerika Serikat oleh Scientitts dan rekan rekannya di Amerika Serikat. 

Perusahaannya sendiri menjadi Playboy Enterprise Inc., di mana Playboy tidak berhenti pada majalah saja, tetapi merambah keberbagai bentuk media seperti: penerbitan, perizinan penggunaan nama Playboy komersial, Playboy TV, dan hiburan.

Selain photo-photo sensual, Playboy juga memuat artikel mode, olahraga, barang-barang komersial, dan wawancara dengan tokoh tokoh ternama seperti: Bob Dylan, Michael Jordan, Bill Gates, dan Mohammad Ali. Playboy juga pernah melakukan wawancara fenomenal dengan Fidel Castro, Yasser Arafat, Moammar Khadafi dan Malcolm X. 

Selain itu, banyak penulis fiksi kawakan seperti: Margaret Atwood, Tom Clancy, Roald Dahl dan Arthur C. Clark mengontribusikan cerita pendek mereka di Playboy yang kemudian menjadi tulisan yang terkenal.

Baca Juga : 5 Penulis Terbaik Indonesia dengan Karya yang Tak Biasa

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete