3 Hal Yang Terjadi Bila Komputer Kuantum Menguasai Dunia

Halo Serupedians!

Seperti halnya komputer pada umumnya, Komputer Kuantum adalah sebuah alat hitung, namun dengan kecepatan dan ketepatan yang luar biasa. Komputer Kuantum menggunakan fenomena mekanika kuantum seperti superposisi dan gelombang. 


Komputer Kuantum menggunakan logika-logika yang mengacu pada superposisi, spin, gelombang, dan keadaan mekanika kuantum lainnya yang membuat perhitungan dari Komputer Kuantum menjadi lebih cepat dari komputer pada umumnya.

Komputer Kuantum biasanya dipasang pada sebuah alat super canggih yang membutuhkan perhitungan yang presisi dan cepat. Sebagai contoh, pemasangan Komputer Kuantum pada sebuah pesawat tanpa awak, server internet sedunia, dan lain sebagainya.

Dapat dilihat dari penjelasan diatas bahwa Komputer Kuantum dapat merubah tatanan teknologi yang ada saat ini. Berikut Serupedia membahas 3 Hal Yang Terjadi Bila Komputer Kuantum Menguasai Dunia.

1. Kehidupan Melebihi Sains Fiksi


Pada tahun 1935, Albert Einstein berkolaborasi dengan fisikawan Boris Podolsky dan Nathan Rosen di atas kertas yang dirancang untuk mencari kelemahan mekanika kuantum. Mekanika kuantum sendiri adalah sebuah cabang dari ilmu fisika yang berfokus pada partikel yang sangat kecil seperti elektron. 

Pada saat itu, ditemukan sebuah fenomena "keterikatan". Meskipun fenomena "keterikatan" sangatlah baru, istilah itu bahkan belum pernah diungkapkan sebelumnya. Einstein tidak menyia-nyiakan keraguannya terhadap "keterikatan" tersebut. dan menyebutkan fenomena "keterikatan" tidaklah mungkin terjadi.

Hampir satu abad kemudian, kita sekarang memiliki banyak bukti bahwa "keterikatan" mungkin terjadi. Sebenarnya, sekarang kita berada di ambang membangun Komputer Kuantum yang memungkinkan kita menggunakan fenomena "keterikatan" ini untuk menjawab beberapa pertanyaan terbesar umat manusia. 

Komputer Kuantum menangani dan memproses informasi dengan cara yang jauh berbeda dengan komputer klasik. Sementara komputer klasik bekerja dengan "bit" sebagai tempat menyimpan informasi, Komputer Kuantum bekerja dengan "bit kuantum" (qubit). Sementara "bit" membawa informasi baik dalam keadaan 0 atau 1, qubit dapat 0s dan 1s pada saat bersamaan berkat superposisi kuantum.

Sementara itu, "keterikatan" memungkinkan partikel dimanipulasi meski jarak di antara keduanya tidak memungkinkan, karena apapun yang terjadi pada satu partikel akan langsung tercermin di sisi lain. Oleh karena itu informasi dapat dikirim melalui jarak yang jauh lebih cepat daripada komputer klasik.

Meskipun bidang komputasi kuantum masih dalam tahap yang baru lahir dan sangat rumit, para peneliti telah membuat kemajuan signifikan dalam beberapa tahun terakhir pada pengembangan Komputer Kuantum. Mereka telah menemukan cara untuk mempertahankan kehidupan qubit untuk meningkatkan lamanya informasi dapat disimpan dalam sistem kuantum, dan menurut para ahli, Komputer Kuantum yang bekerja kemungkinan besar akan tersedia dalam beberapa dekade mendatang dan kehidupan manusia akan jauh melebihi film sains fiksi yang ada saat ini.

2. Hidup Dengan Komputer Kuantum


Komputer Kuantum akan mampu melakukan perhitungan yang jauh lebih rumit daripada komputer klasik. Masa depan komputasi kuantum akan memecahkan beberapa pertanyaan paling rumit yang dihadapi dunia saat ini dan tidak hanya di bidang seperti fisika atau sains.

Bayangkan saja ketika anda sedang melakukan pekerjaan yang membutuhkan proses cepat seperti penghitungan data geologi atau apapun. Dengan bantuan Komputer Kuantum, data yang jumlahnya ribuah bahkan puluhan ribu tersebut dapat diproses dengan sangat cepat. Hal ini membuat waktu menjadi lebih efektif dan membuat penelitian menjadi lebih cepat.

3. Internet Jenis Baru


Komputer Kuantum membutuhkan komunikasi kuantum dimana salah satu aplikasi jauh lebih menarik untuk masa depan bila mengacu pada saat ini adalah kecepatan internet yang luar biasa.

Peneliti di dunia saat ini telah mulai mengeksplorasi potensi membangun jaringan kuantum dengan menggunakan prinsip yang sama di balik komputasi kuantum. Penciptaan jaringan ini pada akhirnya akan membuka pintu untuk internet kuantum, sistem komunikasi yang lebih aman dimana informasi disimpan dan dikirimkan dengan kriptografi tingkat lanjut. Jaringan semacam itu, bagaimanapun, tidak dapat benar-benar direalisasikan sampai Komputer Kuantum terealisasi.

Jalan yang  paling mungkin adalah melalui penciptaan chip komputer khusus yang mampu berfungsi seperti Komputer Kuantum, namun memiliki komponen canggih yang dibutuhkan oleh sistem tersebut. Revolusi komputasi kuantum juga bisa dimulai dengan rata-rata orang yang mengakses Komputer Kuantum melalui Cloud Service, seperti yang IBM dan Google ciptakan.

Itulah 3 Hal Yang Terjadi Bila Komputer Kuantum Menguasai Dunia versi Serupedia. Intinya, bila teknologi Komputer Kuantum sudah sampai ke tangan orang umum, maka kehidupan berinternet dan berteknologi akan berubah drastis dan manusia akan dapat lebih mengeksplorasi internet dengan lebih cepat. 

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete