Perbedaan Kepintaran dan Kecerdasan yang Harus Kamu Ketahui

Halo Serupedians

Kadang secara spesifik Kita susah membedakan kepintaran dan kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. Hasil telaah dari pakar psikologi menyatakan bahwa kepintaran dan kecerdasan adalah hal yang berbeda. Dimana bedanya?


Berikut serupedia akan mengulas tentang Perbedaan Kepintaran dan Kecerdasan yang Harus Kamu Ketahui.


Kepintaran

Kepintaran adalah kemampuan Kamu dalam menyerap informasi. Ketika Kamu mampu membaca dan mengambil ilmu pengetahuan dari buku atau informasi yang Kamu serap, Kamu cukup pintar. 

Akan tetapi, kepintaran berhenti disitu saja. Orang pintar memiliki banyak pengetahuan, akan tetapi kadang menghambatnya dalam pengambilan keputusan, karena pengetahuan yang banyak itu memberikan banyak informasi.

Kepintaran memiliki batas, contohnya adalah nilai, yang lebih banyak di hubungkan dengan lingkup akademis, seperti kalau IPK tinggi berarti pintar, kalau IPK rendah berarti bodoh. Nah, itulah bentuk keterbatasan dari kepintaran.

Kecerdasan

Kecerdasan adalah kemampuan mengelola kepintaran. Orang yang sukses kadang orang yang tidak terlalu pintar, akan tetapi bisa mengelola orang pintar. Kecerdasan membuatmu tahu siapa orang pintar yang cocok mengerjakan jenis pekerjaan tertentu. Kecerdasan membuat Kamu bisa mengambil keuntungan dari kombinasi kepintaran.

Kecerdasan tidak hanya berarti IQ tinggi. Tetapi arti kecerdasan meliputi beberapa dimensi yang disebut dengan Multiple Intellegences, yang harus dikembangkan sejak balita, baik melalui proses pendidikan, proses belajar atau stimulasi lainnya.

Semula konsep kecerdasan mempunyai arti, sebagai kemampuan untuk menangkap situasi baru serta kemampuan untuk belajar dari pengalaman masa lalu seseorang, dan ini kemudian didukung dengan penelitian bahwa dengan hasil test IQ tinggi, maka akan sukses secara akademik. Dari sini kemudian disimpulkan bahwa test IQ hanya mengukur bakat akademik, sementara kecerdasan sejati mencakup berbagai keterampilan yang jauh lebih luas.

Ukuran yang menyatakan bahwa kecerdasan hanya berarti IQ tinggi, sudah dibuktikan tidak tepat, dengan munculnya kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan lain sebagainya, sehingga kita menjadi cerdas, tanpa di batasi oleh kategori tertentu dari kecerdasan itu sendiri. Kita bisa cerdas sesuai keinginan kita sendiri.

Bagaimana contoh konkrit perbedaan orang pintar dan orang cerdas dalam kehidupan sehari - hari?

Menurut Julio Kido seperti yang dilansir dari Kompasiana, Pintar itu melakukan sesuatu dengan cara yang teratur dan rapi sesuai dengan aturan yang berlaku tanpa menambah atau mengurangi seperti menghapal sesuai dengan apa yang harus dihafal. Cerdas melakukan sesuatu tanpa aturan kadang menambah ide-ide kreatif dan lebih banyak improvisasi.

Berikut contoh orang pintar dan orang cerdas :

Pertama, Kalau orang Pintar sebelum berangkat sudah mempersiapkan gayung sebagai peralatan mandinya. Tapi kalau orang Cerdas hanya membawa peralatan seadanya, Begitu dilokasi orang Pintar akan mandi dengan gayungnya sedangkan orang cerdas mencari botol plastik lalu dibelah hingga berfungsi sama seperti gayung atau mungkin menggunakan batok kelapa atau alat lainnya yang bisa digunakan untuk menggantikan gayung. 

Kedua, Orang Pintar akan mempersiapkan Hanger sebelum berangkat, Orang Cerdas selalu seadanya. Setelah tiba dan ingin mengganti pakaian Orang Pintar akan menggunakan Hanger yang dibawanya sedangkan Orang cerdas akan mencari ranting pohon dan mencari tali kemudian ranting tersebut dibagian tengahnya diikat dengan tali dan digantung dipohon sehingga fungsinya akan sama seperti hanger.


No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete