Mengenal Seragam Unik Pelajar SMA di Berbagai Negara

Halo Serupedians

Seragam sekolah merupakan identitas bagi sekolah. Biasanya kebijakan seragam sekolah ditentukan oleh pemerintah setempat. Dari sekian banyak seragam sekolah yang ada. Berikut serupedia akan mengulas tentang Seragam Unik Pelajar SMA di Berbagai Negara.


1. Australia


Padu padan rok tartan di atas lutut dengan kemeja putih, jas dan dasi yang dikenakan pelajar perempuan di sekolah Australia sungguh menawan. Belum lagi ditambah dengan stocking hitam yang terlihat transparan. 

2. Jepang


Salah satu aspek penting dalam seragam sekolah adalah modelnya berubah sesuai dengan musim. Para murid memiliki seragam sekolah versi musim panas dan versi musim dingin untuk mengatasi perubahan cuaca (yang sering terjadi di Jepang). Banyak murid memilih untuk menambahkan sweater pada seragam musim panas saat cuaca dingin.

Dalam kehidupan nyata, banyak seragam sekolah yang tidak memiliki rok yang benar benar pendek (jika pun ada, biasanya gadis-gadis itu yang menaikkan roknya maupun memendekkannya dengan berbagai cara!). Terakhir, harga seragam terkadang mengejutkan! Kalian dapat membeli versi cosplay dengan harga murah, namun seragam sekolah yang sebenarnya memiliki harga yang sangat tinggi! (bisa di antara $400 dan $800).

3. Korea Selatan


Dalam kolonialis Jepang antara tahun 1910 dan 1945, seragam sekolah di Korea Selatan sudah menjadi umum. Pakaian wanita adalah celana kerja dan blus, sedangkan cowoknya mengenakan seragam warna yang snada dengan kulitnya. Tetapi seragam sekolah korea saat ini sudah sangat modis dan sudah menjadi trend dikalangan pelajar SMA di Korea. 

Seragam itu sendiri mencerminkan simbol dari sekolah dan juga attitude dari siswa yang memakainya itu, karena secara Tidak langsung seragam meningkatkan kebanggan tersendiri baik bagi sekolah atau siswanya yang mungkin bisa meningkatkan prestasi sisw itu sendiri. Banyak negara termasuk Korea yang memakai seragam. Tapi seragam SMA korea biasanya lebih kreatif karena sesuai dengan kepribadian siswanya.


4. Inggis


Kamu pernah nonton Harry Potter? Apakah kamu memperhatikan model seragam yang dikenakan para tokohnya? Nah, seperti itulah model seragam sekolah di Inggris. Pada umumnya, para pelajar biasanya menggunakan sweater atau bahkan blazer untuk outer dari seragamnya. Tidak lupa disertai dengan dasi yang juga wajib digunakan baik pelajar siswa maupun siswi. Inilah yang membuat gaya berseragam di Inggris terlihat resmi dan rapi.

5. Laos


Laos memiliki kain tradisional yang khas bernama Sinh. Model kainnya seperti kain songket di Indonesia. Yang membuat seragam di Laos unik adalah para siswi disana menggunakan sinh sebagai rok bawahan mereka. Seperti di Indonesia, di Laos juga menerapkan penggunaan warna kain yang berbeda untuk setiap jenjang pendidikan.

6. Turmenistan


Kalau seragam ini datangnya dari Turkmenistan, yaitu sebuah negara yang terletak di Asia Tengah. Keunikannya adalah seragam sekolah mereka merupakan pakaian tradisional. Ciri khasnya adalah gaun panjang sampai mata kaki berwarna cerah, menggunakan topi seperti peci, dan tidak lupa kepangan rambutnya.

7. Uzbekistan


Pelajar SMA di Uzbekistan menggunakan seragam yang sederhana namun tetap terlihat elegan. Untuk pelajar perempian, mereka menggunakan rok dan baju putih yang ditutup rompi biru. Sedangkan pelajar pria, menggunakan celana panjang dan atasan yang mirip dengan pelajar wanita.

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete