5 Manfaat Puasa yang Luar Biasa dan Tak Terduga Bagi Kesehatan

Halo Serupedias

Selain sebagai ibadah kita pada Allah SWT, ternyata puasa memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Kewajiban puasa di bulan Ramadhan bagi umat muslim, mengharuskan untuk mengosongkan perut sekitar hampri 13-14 jam setiap harinya. 


Lalu apa manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Berikut serupedia akan mengulasnya 5 Manfaat Puasa yang Luar Biasa dan Tak Terduga Bagi Kesehatan. Selamat menyimak !

1. Meningkatkan kemampuan otak

Puasa dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, yang membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak, dan pada akhirnya dapat meningkatkan fungsi otak. Penurunan jumlah hormon kortisol pada saat berpuasa yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dapat membuat seseorang menurunkan tingkat stres.

Para ilmuwan yang pernah melakukan penelitian di National Institute of Aging di Baltimore telah mengungkapkan bahwa tidak makan atau puasa dalam satu atau dua hari per minggunya bisa lebih efektif jika dibandingkan dengan program diet yang terus berkelanjutan.

Di bawah ini ada beberapa dampak positif dari berpuasa terhadap otak :
  • Dapat merangsang peningkatan autofagi saraf atau proses penyingkiran struktur di dalam saraf yang tidak diperlukan lagi
  • Mampu meningkatkan produksi keton yang merupakan hasil dari penguraian lemak
  • Mampu mengurangi risiko stroke, trauma dan depresi
  • Dengan pembatasan konsumsi jumlah kalori saat berpuasa, maka anda dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit Huntington dan Alzheimer


2. Menurunkan kadar kolesterol

Penurunan berat badan pada saat berpuasa merupakan salah satu manfaat puasa. Sebuah penelitian di Uni Emirat Arab menyimpulkan bahwa orang yang berpuasa terjadi pengurangan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol rendah meningkatkan kesehatan jantung, sehingga dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung atau stroke. Terlebih lagi jika mengikuti program diet sehat, tingkat kolesterol pun dapat diturunkan dengan mudah.

Seiring dengan penurunan berat badan, maka kolesterol dalam tubuh pun akan turun. Bagi penderita kolesterol tinggi, total kolesterol akan berkurang 10 persen selama puasa, termasuk penurunan LDL 15 persen, penurunan trigiselida 30 persen, dan kenaikan HDL delapan persen.

Hindari makanan berlemak tinggi, seperti keju atau susu full cream. Jika Anda ingin minum susu, pilih yang low fat, susu almond atau susu kedelai. Makanan yang ditumis atau direbus juga lebih baik daripada yang digoreng dengan banyak minyak (deep fried).

Dr Benjamin D Horne, direktur kardiovaskular dan epidemiologi genetik di Intermountain Medical Center Heart Institute, Amerika Serikat juga mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, selama ini kadar kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor pemicu jantung koroner. Dalam studinya, dia menemukan fakta bahwa bila seseorang berpuasa secara teratur, dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti kadar gula darah, trigliserida, dan berat badan.

Dia menyatakan, shaum juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik/high-density lipoprotein cholesterol (HDL) serta meningkatkan respons human growth hormone (HGH). “HGH ini berfungsi melindungi otot dan keseimbangan metabolis,” jelasnya seperti yang dilansir dari republika.co.id

Hasil penelitian di Dubai Uni Emirat Arab (2012), seperti dikutip dari Gulf News, menunjukkan puasa dapat meningkatkan kandungan lipid, menurunkan kolesterol jahat, dan trigliserida. Kepala Departemen Kardiologi Intervensional di American Hospital Dubai, dr Omar Kamel Hallak, mengatakan hasil penelitian menunjukkan penurunan kandungan triglyceride (TG) sekitar 15 persen dan 10,9 persen low-density lipoprotein cholesterol (LDL).

Kedua komponen tersebut merupakan dua faktor risiko utama pemicu penyakit jantung. Sementara itu, kadar HDL mengalami kenaikan. Hasil penelitian menunjukkan, kenaikan HDL hingga 11 persen dari 37,1 mg/dl menjadi 41,19 mg/dl. ‘’Hasil studi tersebut menunjukkan kenaikan rata-rata HDL, sementara LDL dan trigliserida turun. Ini mengurangi risiko serangan sakit jantung,’’ kata Hallack.

Hallack menjelaskan, kadar kolesterol darah yang tinggi dalam jangka panjang akan menyumbat saluran pembuluh darah, tetapi selama puasa ini akan menurun. Hal ini kemungkinan disebabkan perubahan pola makan dari tiga kali sehari menjadi dua kali sehari sehingga asupan lemak juga akan menurun.

Namun, manfaat ini akan dicapai bila pola makan saat puasa diatur dengan baik. Untuk itu, sebaiknya menghindari makanan gorengan saat makan sahur dan berbuka. Minyak goreng mengandung zat yang berpotensi meningkatkan kadar LDL dalam tubuh. 

3. Menyehatkan ginjal

Ginjal berfungsi untuk sebagai saringan zat berbahaya dari yang kita makan dan minum. Fungsi ginjal akan maksimal apabila kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dengan berkurangnya asupan air pada saat menjalankan ibadah berpuasa, target untuk mencapai kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai sehingga pada akhirnya akan berdampak baik untuk kesehatan ginjal.

Penghentian konsumsi air pada saat berpuasa terbukti efektif untuk meningkatkan konsentrasi urin pada ginjal, serta dapat meningkatkan kekuatan osmosis pada urin antara 1.000-12.000ml osmosis/ kg air. Pada kondisi tertentu, ini akan sangat memberikan perlindungan tersendiri terhadap fungsi ginjal. Kekurangan air pada saat berpuasa ternyata dapat meminimalkan jumlah volume air pada darah.

Apabila terjadi kondisi seperti itu akan berakibat memacu kinerja mekanisme lokal pengatur pembuluh darah, serta dapat menambah prostaglandin yang nantinya dapat memacu fungsi dan kerja sel darah merah.

Oleh karena itu, berpuasa merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal kita. Terutama untuk mereka yang sudah memiliki penyakit ginjal, akan lebih baik jika rutin melaksanakan puasa juga. Demikian tadi beberapa manfaat yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai puasa bagi kesehatan ginjal.Tags: manfaat puasa untuk ginjal manfaat puasa bagi ginjal puasa dan kesehatan manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh puasa dan kesehatan ginjal berpuasa cara memperbaiki sel tubuh Manfaat puasa untuk kesehatan ginjal manfaat puasa kesehatan ginjal puasa &ginjal memperbaiki fungsi ginjal yang rusak

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pada saat berpuasa, tubuh akan lemas yang menurut beberapa orang akan menjadi lebih mudah sakit. Hal ini salah dan ternyata puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit bahkan sampai 10 kali lipat dalam tubuh, hal ini dapat memberikan pengaruh yang besar dan baik terhadap sistem kekebalan tubuh, sehingga puasa dapat menghindarkan dari berbagai virus.

Sel berkembang biak dengan dua cara yaitu meosis dan metosis.meosis adalah proses pembelahan sel reproduksi. Metosis adalah proses pembelahan berbagai sel dari mulai sel yang berada di ujung rambut sampai ujung kaki. Jumlah sel dalam tubuh mencapai miliaran, maka diperlukan penggantian “suku cadang”, tapi sayangnya pergantian ini selalu ada hambatan, hambatan ini bisa dicegah dengan berpuasa.

Saat puasa kita tidak memerlukan banyak energi, tapi karena tidak makan dan minum maka sumber energi diambil dari glikogen didalam hati, dan lemak dibawah permukaan kulit, dengan mengambil sumber energi dari tubuh ini maka proses pembelahan sel dapat dilakukan serentak dan sempurna, namun proses ini bisa terganggu apabila anda marah-marah, karena energi untuk pembelahan sel digunakan untuk melepaskan hawa nafsu. Demikian penjelasan puasa meningkatkan daya tahan tubuh.Tags: puasa untuk kekebalan tubuh berpuasa meningkatkan ketahanan tubuh Cara memperkuat imun tubuh saat puasa kenapa berpuasa bisa meningkatkan kekebalan tubuh manfaat puasa tahan puasa meningkatkan daya tahan tubuh puasa meningkatkan kekebalan tubuh

5. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Puasa selain untuk kita beribadah, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa dalam mengeluarkan racun atau toksin dalam tubuh kita selama berpuasa. Toksin atau racun, tentu harus dikeluarkan dari tubuh. Jika jumlahnya sudah berlebih, ia akan menumpuk dan menyebabkan toksemia (kondisi keracunan dalam darah). Jangan aggap enteng toksemia sebab ia berkaitan dengan hampir semua penyakit degeneratif.

Selama berpuasa, Anda dapat mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam sistem pencernaan dalam satu bulan. Ketika tubuh memakan cadangan lemak untuk mendapatkan energi, cadangan lemak akan membakar setiap racun yang berbahaya dalam tubuh.

Apakah benar puasa dapat membuang racun dalam tubuh? Jawabannya benar. Prinsipnya seperti ini saat berpuasa kita tidak makan atau minum apalagi makanan yang tidak sehat selama 12 jam, lambung akan kosong sehingga energi yang ada dapat dimanfaatkan tubuh untuk menghancurkan semua racun. Saat berpuasa usus akan sejenak beristirahat untuk membersihkan diri, begitu juga dengan organ hati, energi yang ada akan benar-benar digunakan untuk mendetoksifikasi racun tadi.

Lama melakukan detoksifikasi adalah 30-40 hari, hal ini tergantung dari kondisi kesehatan anda, semakin buruk akan semakin lama juga proses detoksifikasinya. Proses detoksifikasi memang berjalan lama respon awal tubuh saat racun memasuki tubuh adalah pusing, flu mual, bau mulut, kedinginan dll. Perubahan didalam tubuh saat detoksifikasi disebut helaing crisis. Demikian penjelasan hikmah puasa membuang racun dalam tubuh.Tags: puasa membuang racun dalam tubuh apakah ari degan bisa ngilangin racun puasa buang toksin kenapa puasa bisa menghilangkan racun manfaat puasa membunuh racun puasa bisa membuang eacun Manfaat puasa untuk mengeluarkan racun dalam tubuh respon tubuh mengeluarkan racun dalam tubuh manfaat puasa bagi kesehatan membuang racun tubuh bagaiman puasa bisa menghilangkan racun tubuh.

Referensi :
[1]. http://ayokesehatan.blogspot.co.id/2014/07/12-manfaat-puasa-bagi-kesehatan-tubuh.html
[2]. http://www.herbalogi.com/pengaruh-positif-puasa-pada-otak/
[3]. http://www.pesona.co.id/read/a-turunkan-kolesterol
[4]. http://www.republika.co.id/berita/ramadhan/shaum-sehat/12/08/12/m8mfj2-subhanallah-puasa-turunkan-kolesterol-jahat
[5]. http://harianpos.com
[6]. http://doktersehat.com/puasa-dpat-mengeluarkan-racun-dari-tubuh/


No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete