Mengenal Google Allo : Aplikasi Chatting dari Google

Halo Serupedians

Google memang tidak ada matinya. Setelah mengakuisisi banyak vendor startup, kini google tak ingin ketinggalan membuat aplikasi instan massanger. Seolah tak mau kalah dengan facebook yang telah mengakuisi WhatsApp, Google berani membuat  instan massanger yang menurut banyak pengamat sudah ketinggalan.


Google Allo merupakan pengembangan dari Google Hangouts yang digunakan hanya di aplikasi mobile saja. Google mengatakan, Allo hadir dengan tampilan yang sangat segar dan baru. Antarmukanya bersih dan mudah utuk dipahami penggunanya. Beberapa fitur dan inovasi yang ada pada Allo dikatakan juga mirip pada aplikasi populer WhatsApp dan Messenger.

Apa yang menjadi keunggulan  Google Allo?

Allo juga akan didukung oleh jaringan dan mesin pencarian Google untuk menyuguhkan percakapan yang lebih cerdas. Allo juga akan memanfaatkan riwayat percakapan untuk menghadirkan saran jawaban yang dinilai sesuai untuk merespon percakapan. Respon akan dipersonalisasikan berdasarkan perilaku percakapan pengguna.

Sementara itu, mode incognito pada aplikasi ini dilengkapi dengan enkripsi end-to-end, kadaluarsa pesan dan notifikasi personal. Google menjelaskan, saat pengguna menonaktifkan aplikasi, maka percakapan akan dihapus secara otomatis dan tanpa back up. Hal ini sesuai untuk percakapan yang lebih pribadi.

The Verge menyebut, mode incognito pada aplikasi ini dikembangkan oleh Open Whisper Systems, dan dibuat berbasis protokol Signal terbuka milik perusahaan ini. Protocol Signal menyematkan sistem enkripsi yang kuat kepada mode incognito yang mendukung Allo.

Dukungan teknologi enkripsi Open Whisper System juga menjadi pembeda Allo dari layanan percakapan serupa, yaitu WhatsApp. Google menyebut, pesan yang dikirimkan via Allo tidak akan dienkripsi secara default, dan pengguna dapat berganti dari saluran pribadi ke saluran tidak terlindung dengan mudah.

Apa yang membuat beda dangan WhatsApp?

Menurut situs Maxmanroe, Terkait dengan teknologi integrasi signal protokol, nyatanya teknologi pengaman yang satu ini juga digunakan pada aplikasi chatting populer WhatsApp. Bahkan ketika mengembangkan fitur pengamanan deskripsi yang rampung pada awal tahun ini, nyatanya pihak Whatsapp juga menggandeng  Open Whisper System sebagai rekanan.

Terkait dengan hal ini, pengembang aplikasi menyatakan implementasi enkripsi yang diterapkan pada aplikasinya secara umum berbeda dengan yang telah diterapkan pada aplikasi WhatsApp. Pasalnya, pada aplikasi WhatsApp pengguna tidak mempunyai pilihan untuk menonaktifkan fitur pengamanan enkripsi karena akan bekerja secara default.

Sedangkan untuk aplikasi Google Allo, pengguna diberikan pilihan untuk bisa mengaktifkan secara manual fungsi fitur pengamanan enkripsi. Nantinya ketika pengguna masih berada di jaringan internet yang lemah, maka fitur enkripsi akan dinonaktifkan agar pengiriman pesan tetap berjalan dengan baik. Sedangkan ketika sambungan internet kembali kuat, maka mode pengamanan akan secara otomatis aktif kembali.

Apa yang Menarik di Google Allo?

Ternyata Allo juga disebut sebagai jawaban Google untuk bersaing dengan Facebook Messenger. Namun banyak kelebihan Allo yang ternyata tidak dimiliki pesan instan lain.

Seperti yang dikutip dari viva.co.id, Berikut enam fitur Allo yang dianggap cukup menarik dan tidak dimiliki WhatsApp maupun Facebook Messenger.

1. Asisten pribadi dari Google

Saat sedang melakukan percakapan, pengguna bisa memasukkan bantuan dari Google, entah itu hasil pencarian/rekomendasi dari Google Search maupun game yang menghibur.

2. Smart Reply

Pengguna bisa membalas percakapan tanpa harus repot-repot mengetik teks. Kolom ketik akan merekomendasikan beberapa kata yang sesuai untuk menjawab percakapan.

3. Ink

Allo ternyata tidak hanya bisa memposting teks dan gambar biasa. Gambar bisa diedit atau ditambahkan teks secara langsung di aplikasi berkat fitur Ink, tanpa bantuan aplikasi edit foto.

4. WhisperShout

Untuk membuat ekspresi pada teks, Allo tidak hanya menyediakan emoji tapi juga karakter yang bisa diperbesar dan diperkecil secara otomatis. Kalimat dengan huruf yang diperbesar bisa difungsikan untuk mengekspresikan kegembiraan, amarah, dan sejenisnya. Sedangkan huruf yang diperkecil bisa untuk mengekspresikan berbisik, berbicara pelan, atau rahasia.

5. Sticker

Pesan instan akan terasa hambar tanpa stiker khusus. Selain emoji yang umum digunakan, Google juga mendesain stiker khusus bagi Allo. Entah apakah stiker ini akan digratiskan atau berbayar seperti yang dilakukan Line, Facebook Messenger dan KakaoTalk.

6. Incognito Mode

Ini merupakan fitur yang memungkikan pengguna berbicara secara rahasia dan menghindari penyadapan. Percakapan dengan mode Incognito akan membuat perbincangan rahasia terenkripsi dan bisa disimpan dalam durasi yang ditentukan.

Bagaimana cara daftar di Google Allo?

Mendaftar pada Google Allo sangat mudah dan simple , kalian bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor telepon kalian dan juga bisa dihubungkan dengan akun google kalian jika dirasa perlu . Pada aplikasi chatting Google Allo , kalian akan menemukan banyak hal baru yang belum pernah kalian temukan pada aplikasi chatting lain . Google Allo memiliki indikator pesan terkirim dan diterima , emoji dan banyak sekali kumpulan custom sticker . Sticker yang ada pada aplikasi ini sangat unik dan menarik karena dibuat oleh seniman yang memang dipilih oleh google agar sticker dapat digunakan secara universal .

Seperti pada aplikasi chatting lain , kita juga bisa mengirim foto dan file multi media lain , pada Google Allo kita bisa menambahkan doodle secara langsung pada foto tersebut . Lalu fitur eksklusif lainnya adalah disaat kita mengirimkan pesan , kita bisa merubah ukuran font dengan sangat mudah , kita bisa memperbesar tulisan yang hendak kita kirimkan , fitur ini disebut WishperShout oleh Google .

Video tentang Google Allo bisa kamu simak dibawah ini

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete