7 Manfaat Daging Merah yang Jarang Diketahui

Halo Serupedians

Salah satu sumber makanan yang kaya akan nutrisi dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh adalah daging merah. Menurut Wikipedia, Daging merah merupakan istilah kuliner yang merujuk kepada daging yang bermwarna kemerahan. Oxford dictionary menjelaskan bahwa daging merah umumnya adalah daging sapi, daging domba, daging kambing, dan daging kuda. Daging bebek dan daging angsa juga dikategorikan daging merah. Sedangkan daging ayam, daging kelinci, dan daging babi, serta daging mamalia muda seperti daging sapi muda dan daging domba muda dikategorikan bukan daging merah (daging putih).


Secara kimiawi, daging merah berwarna kemerahan karena kandungan myoglobin yang relatif lebih tinggi dibandingkan daging putih. Daging ayam hanya mengandung 0.05 persen myoglobin, daging babi mengandung 0.1-0.3 persen, dan daging sapi muda 0.4-1 persen. Sedangkan daging sapi tua memiliki 1.5 hingga 2 persen myoglobin.Dalam definisi USDA, hanya daging ayam dan daging ikan yang dikategorikan daging putih.

Berikut serupedia akan mengulas 7 Manfaat Daging Merah yang Jarang Diketahui. Selamat menyimak !

1. Sumber Protein Tinggi

Manfaat pertama, daging mengandung protein yang tinggi, kandungan ini sangat penting peranannya untuk tubuh. Selain meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, daging juga berfungsi sebagai perbaikan dan pembangunan jaringan tubuh, serta produksi antibodi melindungi tubuh dari infeksi. Daging mengandung semua asam amino esensial, dan salah satu sumber terbaik protein dibandingkan bahan pangan lainnya.

Satu hal yang harus diingat, apakah daging merah atau putih yang kita konsumsi, pilihlah tanpa lemak. Bila tidak, kadar kolesterol darah kita pun meningkat karena konsumsi lemak tadi.

2. Sumber Nutrisi Penting

Disamping kaya akan nutrisi, daging juga mengandung tiga nutrisi baik, yaitu zat besi, seng dan selenium. Zat besi dalam daging berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh organ tubuh. Sedangkan seng, membantu pembentukan jaringan dan metabolisme. Dan selenium sendiri berfungsi untuk memecah lemak dan bahan kimia dalam tubuh.

3. Sumber Vitamin yang Vital

Vitamin merupakan nutrisi penting yang dapat dipenuhi melalui asupan makanan. Kebutuhan Vitamin A, B dan D ternyata bisa Anda temukan dalam daging. Manfaat vitamin tersebut tidak hanya mempromosikan kesehatan mata, gigi dan tulang kuat tetapi juga mendukung kerja sistem saraf pusat sehingga mempromosikan kesehatan mental juga. Konsumsi daging juga memiliki manfaat lebih lainnya, yaitu menjaga kesehatan kulit.

4. Sumber Energi  untuk Diet

Kita tidak harus meninggalkan konsumsi daging jika sudah terbiasa makan daging dalam diet harian. Jika mencoba meninggalkannya, bisa jadi diet harian kita kurang seimbang. Daging adalah salah satu sumber energi bagi tubuh. Bila kita tinggalkan, maka kita hanya memiliki energi lebih sedikit untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

5. Anti-karsinogen

Produk susu dan daging sapi mengandung asam linoleat yang merupakan senyawa anti-karsinogen, pencegah kanker. Beberapa penelitian juga membuktikan asam linoleat mengobati kanker payudara. Kabar baik nih buat para wanita.

Produk susu dan daging sapi mengandung asam linoleat yang merupakan senyawa anti-karsinogen, pencegah kanker. Beberapa penelitian juga membuktikan asam linoleat mengobati kanker payudara.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Daging merah mengandung mineral seng, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat lain dari seng adalah memperlambat penuaan.

Kekurangan seng merupakan salah satu kekurangan gizi yang paling umum pada orang dewasa Amerika, terutama bagi vegetarian dan orang yang telah mengurangi porsi makan daging sapi, sumber utama mineral yang memperkuat kekebalan.

Kekurangan zinc dalam taraf ringan saja dapat meningkatkan risiko infeksi. Seng dalam makanan sangat penting untuk perkembangan sel-sel darah putih, sel-sel sistem kekebalan tubuh yang berfungsi mengenali dan menghancurkan bakteri, virus, dan berbagai macam substansi lainnya.

7. Kecerdasan otak

Lemak baik dan nutrisi dalam daging merah membantu pertumbuhan otak dan kecerdasan kita. Inilah alasan besar mengapa kita harus mengonsumsi daging merah. 

Daging terutama daging merah kaya akan kandungan zat besi. Dimana zat besi ini sangat diperlukan untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Selain zat besi, daging juga mengandung mineral seng yang baik untuk meningkatkan daya ingat atau memori.

Referensi :
[1]. http://manfaatnyasehat.blogspot.co.id/2013/08/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-daging-merah.html
[2]. http://onthespot7langka.blogspot.co.id/2012/09/7-manfaat-daging-merah-untuk-kesehatan.html
[3]. http://www.ayahbunda.co.id/keluarga-gizi-kesehatan/daging-merah-kaya-zat-gizi-
[4]. http://www.teruskan.com/37471/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-daging-merah.html

No comments:

Post a comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete