Beberapa Hal Sepele yang Dapat Memicu Depresi

Halo Serupedians

Depresi adalah kondisi dimana sistem kerja tubuh dan otak tidak dalam kondisi yang baik dan sejalan. Depresi biasanya dapat menyerang siapa saja. Kondisi ini tentu sangat berbahaya untuk perkembangan mental seseorang, jika tidak ditangani dengan baik, maka depresi dapat menyebabkan kegilaan permanen. 


Apa saja sebenarnya yang membuat depresi? Jawabannya bisa bermacam-macam. Ada masalah yang berat, ada juga masalah yang sepele. Berikut serupedia akan mengulas sedikit tentang Beberapa Hal Sepele yang Dapat Memicu Depresi.

1. Terlalu Sering Browsing Situs Jejaring Sosial

Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, semua orangpun gemar dengan media bernama jejaring sosial seperti Facebook, Path, Instagram dll. Dengan penggunaan situs jejaring sosial yang semakin marak, para pakar telah memperingatkan pengguna, khususnya anak-anak, terhadap dampak buruknya. Terlalu sering membuka Facebook ternyata dapat menyebabkan 'Facebook Depresi', kondisi ini biasanya mempengaruhi remaja yang sangat terobsesi dengan situs jejaring sosial tersebut.

2. Kurang Konsumsi Ikan

Stres dan depresi bisa mudah terjadi karena kurangnya kandungan omega 3 dalam tubuh. Asam lemak omega 3 pada ikan terbukti dapat memerangi gejala depresi. Seseorang dengan asupan ikan yang teratur dapat menangani masalah emosional lebih efektif. Oleh karena itu, dokter sering kali memberikan resep minyak ikan kepada penderita depresi.

3. Pil KB

Siapa bilang pil KB tdak mengandung efek samping? Pil KB memiliki efek samping pada kesehatan mental. Penelitian terbaru menunjukkan, obat-obatan yang menandung synthetic version of progesterone dapat menyebabkan depresi bagi beberapa wanita.

4. Cuaca

Apakah Anda pernah merasa sedih atau putus asa setiap pergantian musim panas ke musim dingin atau hujan? Jangan khawatir, ini bukan kondisi yang parah. Kondisi ini disebut dengan Seasonal Affective Disorsed atau SAD. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi siapa saja, termasuk orang yang memiliki kondisi kesehatan mental normal.

5. Merokok

Merokok tidak hanya menyebabkan timbulnya penyakit-penyakit berat seperti yang tertera pada bungkus rokok, namun dapat juga menimbulkan depresi. Depresi sering dikaitkan dengan tingkat kecanduan merokok. Sering kali, orang yang ingin berhenti merokok mengalami perubahan suasana hati dan cemas.

6. Kurang Tidur
Kita sering merasa kesal dan cepat marah jika kurang tidur. Jika masalah kurang tidur ini terjadi terus-menerus, lama-lama efeknya bisa membuat seseorang depresi.

7. Penyakit Tiroid

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa depresi merupakan tanda penyakit tiroid yang tidak diobati. Ketika kelenjar tiroid di leher tidak memproduksi hormon tiroid yang cukup, maka mengarah pada kondisi yang dikenal sebagai hypothyroidism. Gejala utama dari penderita tiroid adalah depresi. Oleh sebab itu, jika Anda merasa tiba-tiba depresi, sangat sensitif dan mudah lelah, pastikan untuk melakukan tes tiroid.


No comments:

Post a comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete