9 Aktivitas yang Biasa Dilakukan Sebelum Hadirnya Internet

Halo Serupedians

Perkembangan internet saat ini sudah sangat luar biasa. Tak hanya memudahkan dalam pekerjaan manusia, internet juga banyak menghubungkan banyak orang di seluruh dunia tanpa batasan. Namun seiring perkembangannya internet ternyata telah membuat kegiatan atau aktivitas orang sebelum adanya internet menjadi semakin tergusur.



Dikutip dari The Richest, Rabu (16/3/2016), di bawah ini adalah hal-hal yang Anda lakukan bila Anda hidup pada waktu ketika internet belum mewabah seperti sekarang ini.

1. Bermain di luar

Sebelum ada internet, bermain dengan teman merupakan pilihan ketika sedang bosan. Hari yang cerah maupun hujan yang mengguyur, tetap tidak menghalangi Anda untuk bermain.  Selain itu, bermain sepeda, mengumpulkan serangga maupun bunga-bunga dengan teman, juga merupakan hal menyenangkan. Jujur saja, pasti Anda juga pernah keluar rumah untuk menghindari tugas-tugas di rumah.

2. Interaksi dilakukan secara langsung

Berkumpul dengan sahabat menjadi hal paling berharga. Jika ingin bertemu, paling tidak Anda harus membuat jadwal dan memikirkan tempat menyenangkan untuk jalan-jalan. 

Saat berbicara bertatap muka, hampir tidak ada habisnya topik yang dibicarakan. Bertemu orang baru juga bisa dilakukan secara langsung, dengan melakukan interaksi di tempat umum, misalnya saat sedang menunggu angkutan umum.

3. Ketidaksepakatan diungkapkan secara sopan

Bukan berarti sebelum adanya internet, Anda tidak pernah memiliki ketidaksepakatan. Hanya saja, ketika Anda memiliki unek-unek, Anda akan mengutarakannya langsung secara baik-baik daripada menyindirnya lewat posting di media sosial. 

4. Menggunakan buku petunjuk telepon (Yellow Pages)

Tentu saja sebelum aplikasi chatting berkembang, orang-orang lebih memilih untuk saling bertelepon saat ingin berbicara. Untuk mengetahui nomor telepon seseorang, Anda cukup mencarinya di buku petunjuk telepon atau yellow pages. Setelah itu, bila nomor telepon tersebut sering dihubungi, Anda tinggal mengingatnya. 

Walaupun terlihat ribet, tetapi menyenangkan, bukan? Anda dapat mempertajam daya nalar Anda dibandingkan harus mencatat setiap nomor telepon di ponsel Anda lalu melupakannya.

5. Membeli majalah

Majalah adalah blog sebelum internet mewabah. Dengan fungsi yang sama, yaitu memberikan artikel dan cerita menarik, blog lebih banyak diminati karena gratis. Akan tetapi sensasi yang Anda dapatkan ketika menunggu majalah terbitan baru, merupakan pengalaman yang tidak akan terbayarkan.

6. Menonton televisi bersama keluarga

Tidak banyak yang bisa dilakukan sebelum internet muncul. Oleh karena itu, menonton televisi menjadi pilihan. Satu keluarga akan melakukannya bersama-sama, karena masing-masing dari mereka tidak memiliki smartphone. 

Daripada menonton YouTube, kebanyakan orang lebih memilih menonton bersama keluarga dan saling berkomentar satu sama lain. Contoh kecilnya, mudah bagi seorang public figure untuk menerima cacian dari para haters. Begitupun sindiran-sindiran yang dilakukan Anda kepada teman Anda.

Baca Juga : 10 Wabah Yang Ada Dalam Dunia Internet

7. Berkirim surat

Ingatkah hari-hari ketika menerima surat merupakan kegiatan yang sangat lama, tetapi begitu dinanti-nanti? Surat-surat tersebut datang dari pegawai pos bersama surat-surat tagihan. 

Untuk berhubungan dengan kawan jauh, Anda harus membeli perangko, amplop dan menulis dengan pulpen dan kertas. Mengumpulkan perangko juga menjadi hobi beberapa orang.

8. Membaca ensiklopedia di perpustakaan

Mengerjakan tugas tidak dilakukan dengan browsing di Google, melainkan pergi ke perpustakaan dan mencari buku yang bersangkutan. Waktu itu, ensiklopedia menjadi andalan dalam mengerjakan tugas. 

Bila ingin membaca novel, Anda harus menyewanya di perpustakaan atau membelinya di toko buku. Lagipula, membaca di layar membuat mata cepat lelah dibandingkan membaca kertas yang tidak memancarkan cahaya.

9. Request lagu di radio

Lagu favorit Anda saat ini bisa didengarkan dengan sekali tekan. Dulu, sebelum YouTube dan iTunes ada, orang akan mendengarkan lagu di radio, bahkan request agar lagu kesayangan mereka diputar. Saking terlalu banyak orang yang request, terkadang stasiun radio yang bersangkutan tidak dapat memenuhi beberapa request. 


No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete