5 Jurusan Kuliah Paling "Neraka"

Halo Serupedians

Memilih jurusan kuliah memang tidak boleh sembarangan, karena hal ini menyangkut masa depan. Setiap universitas/institut banyak menawarkan pilihan jurusan. Namun tetap pada akhrinya jurusan di tentukan oleh pribadi masing-masing dengan segala resiko yang akan dihadapi.


Tidak sedikit jurusan yang menyuguhkan kajian ilmu yang dianggap "Neraka" oleh banyak orang. "Neraka" disini bisa diartikan sulit, sukar, menyuguhkan hal yang serba ribet, dan lain-lain. Berikut serupedia.com, mencoba mengulas jurusan yang dianggap "neraka" versi serupedia

1. Astronomi

Astronomi adalah ilmu yang mempelajari tentang luar angkasa seperti bintang, meteor, galaksi dan lain-lain. Dan jurusan astronomi adalah salah satu jurusan yang langka di Indonesia. Di Indonesia sendiri jurusan ini hanya ada di ITB. 

Mengapa jurusan ini sulit?

Belajar astronomi sangatlah kompleks. Banyak persamaan matematika tingkat tinggi yang harus dikuasai untuk membedah ilmu yang satu ini. Jika kamu pernah belajar integral, maka tidak tanggung - tanggung intergral yang digunakan adalah intergral lipat dua atau tiga. Tidak hanya integral, penyelesaian kajian ilmunya pun sangat komplek dan membutuhkan alat bantu yang canggih seperti teleskop.

Tak heran jika mahasiswa jurusan ini banyak yang tidak sanggup sampai lulus. Jika lulus, ia pun harus berdarah -darah.

2. Fisika/Teknik Fisika

Pelajar dimanapun pasti setuju jika ilmu yang satu ini adalah ilmu paling sulit dan membutuhkan otak yang encer. Batapa tidak, ilmu fisika membahas analisis secara kuntitatif dan kualitatif melalui persamaan-persamaan yang terkadang sangat kompleks. Fisika juga mempelajari kajian tentang hal-hal yang sangat besar seperti kosmologi sampai kajian tentang hal-hal yang kecil seperti fisika inti atau fisika kuantum.

Mengapa jurusan ini sulit?
Jurusan fisika/teknik fisika dikenal sebagai jurusan yang gampang masuk, susah keluar. Mengapa dikatakan gampang masuk? karena untuk masuk ke jurusan ini tidak banyak saingan alias sepi peminat. Namun jika jika sudah masuk, untuk lulus pun tidak segampang keluar alias susah.

Di jurusan ini, mahasiswanya dituntut untuk ngulik rumus dan rumus. Menjabarkan secara fisis dan banyak lagi. Tidak heran jika mahasiswa jurusan ini banyak yang DO gara-gara tidak sanggup melanjutkan kesukaran.

3. Matematika

Matematika bisa dikatakan sebagai ilmu tertua yang sangat populer. Matematika adalah Mother of Science atau bisa juga dikatakan sebagai bahasanya sains. Mempelajari matematika sama dengan mempelajari fisika. Banyak persamaan atau rumus yang harus di ulik. 

Mengapa jurusan ini sulit?

Berkuliah dijurusan matematika memang membutuhkan kerajinan yang konsisten. Jika tidak maka akan terseret-seret. Banyak materi yang dipelajari merupakan materi yang sangat kompleks dan abstrak. Tak heran jika kamu kuliah di jurusan ini, kamu akan banyak ngulik dan ngulik persamaan, teorema sampai dalil.

Baca Juga : 6 Mata Kuliah Unik yang Diajarkan di Perguruan Tinggi

4. Teknik Geofisika

Geofisika merupakan cabang dari ilmu fisika yang mempelajari kebumian dengan segala isinya. Sebenarnya mirip dengan geografi, namun di geofisika kajiannya lebih dalam dan lebih matematis. 

Mengapa jurusan ini sulit?

Kajian di geofisika emang bisa dikatakan rumit. Banyak intrepretasi dan analisis yang cermat. Tidak hanya memainkan persamaan matematika, di jurusan ini kamu harus punya skil untuk menvisualisasikan kajian, seperti seismik, gempa bumi dan lain. Tak heran mahasiswa di jurusan ini banyak yang kesusahan punya IP diatas 3,5.

5. Farmasi

Faramasi adalah ilmu yang mempelajari obat-obatan dan zat-zat yang terkandung didalamnya. Ilmu ini bisa dikatakan ilmu yang cukup tua. Seiring perkembangan zaman, ilmu farmasi mengalami perkembangan yang sangat berbeda dan sangat pesat. Ditemukannya banyak unsur dan senyawa kimia mendorong ditemukannya jenis obat-obatan baru yang memiliki khasiat yang lebih manjur.

Mengapa jurusan ini sulit?

Modal dasar dalam mempelajari ilmu farmasi adalah ilmu kimia. Jika di SMA nya saja kimia sangat sukar dipelajari, maka jangan harap kamu sukses di jurusan ini. Di jurusan ini, mahasiswa dituntut untuk teliti karena jika tidak akan fatal akibatnya. Salah perhitungan nyawa taruhannya. 

Tidak hanya itu, kamu juga harus menghafal nama-nama kimia yang terkandung dalan obat dengan bahasa yang tidak sederhana. Di samping itu kamu akan mempelajarai bagaimana menterjemahkan tulisan dokter yang sangat sulit dibaca.

Baca Juga : 9 Jurusan Paling Langka Dengan Prospek Gaji Luar Biasa

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete