Beberapa Fakta Menarik Tentang Sabun yang Harus Diketahui

Sabun merupakan surfaktan yang digunakan dengan air untuk mencuci dan membersihkan tubuh dari kotoran serta kuman. Sabun  secara efektif mengikat parikel agar mudah di bawa oleh air. Sabun menjadi benda yang  sangat dibutuhkan oleh manusia. Bahkan manusia tidak dapat membayangkan bagaimana mereka hidup tanpa adanya sabun. Nah, jika melihat fungsinya sabun merupakan benda penting yang harus ada di dalam kehidupan manusia.


Namun, meskipun penting bukan berarti semua orang tahu semua hal mengenai sabun tersebut. Ternyata ada beberapa fakta menarik dari sabun yang tidak diketahu oleh manusia.

1. Diproduksi pertama kalinya oleh bangsa Babilonia

Sekitar 2800 SM, untuk pertama kalinya sabun diproduksi oleh bangsa Babilonia dengan tiga macam proses pembuatan sabun yaitu, Proses pemanasan, proses pendinginan, dan proses pencairan. Sabun pertama kali digunakan di industri tekstil dan obat.

2. Bahan pembuat sabun
Pada umunya sabun dibuat dengan menggunakan lemak hewan atau nabati yang dicampur dengan formula basa seperti soda.

3. Produksi sabun industri
Pada awal 1200-an sabun pertama kali di minati di Timur Tengah, dan pada 1450 sampai 1500 produksi  sabun industri mulai terjadi pertama kali di Prancis.

4. Sabun atau soap
Soap merupakan bahasa inggris sabun, yang berasal dari bahasa Latin yaitu sapo. Sapo merupakaan nama dari gunuk fiktif yang berada di daerah Roma dan dikatakan juga memiliki sangkatan dengan sejarah sabun.

5. Saponifikasi
Saponifikasi merupakan sebutan untuk proses pembuatan sabun, dimana minyak nabati dan lemak akan dicampur menjadi satu sebagai bahan utama pembuatan sabun.

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete