5 Kecerdasan Manusia yang Dapat Memicu Hancurnya Peradaban Dunia

Seiiring dengan perkembangan zaman, maka kecerdasan manusia akan terus berkembang dan menghasilkan buah pemikiran yang semakin cerdas. Namun dari semua itu, akan timbul permasalahan baru. 

Dalam sebuah laporan yang ditulis oleh Dennis Pamlin dari Global Challenge Foundation dan Stuart Armstrong dari Future of Humanity Institute menyebutkan, terdapat risiko atau bisa dikatakan bahaya yang memicu kehancuran dunia lebih awal, kepunahan manusia yang mengarah pada runtuhnya peradaban yang diakibatkan oleh kecerdasan yang dibuat oleh manusia itu sendiri.

Dilansir dari laman Vox, Minggu (22/2/2015), serupedia mencoba merangkum risiko yang dapat menghancurkan dunia, bila tidak dijaga dengan baik.


1. Kecerdasan Buatan

Kemajuan ilmu teknologi memang membantu kehidupan manusia, bahkan kini dapat menciptakan kecerdasan buatan. Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) diciptakan dan dimasukkan ke dalam komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia. Al ini banyak digunakan dalam jaringan syaraf tiruan, robotika, dan games. Namun jika kecerdasan buatan ini disalahgunakan untuk hal yang buruk, maka ini dapat mempengaruhi kehidupan manusia.

2. Nanotechnology

Sama halnya dengan biologis sintetis, ancaman nano teknologi dapat dirasakan pada masa mendatang. Mengapa demikian, hal ini dapat menciptakan banyak aktor yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan persenjataan yang kuat.

Adapun kekhawatiran lain yang disebabkan oleh nano teknologi ini ialah akan menciptakan skenario gray goo, di mana ia akan tumbuh di luar kendali sehingga berpotensi meruntuhkan peradaban.

3. Biologi Sintentis

Biologi Sintentis ini mungkin tidak berdampak saat ini namun akan berdampak pada masa yang akan datang. Biologi sintesis adalah bidang ilmiah baru yang berfokus pada penciptaan sistem biologis, termasuk kehidupan buatan.

Yang menyebabkan bahaya ialah alat-alat biologis sintetis dapat digunakan untuk merancang supervirus atau superbakteria yang lebih menular. Selain itu, organisme tersebut dapat dibuat sebagai senjata biologis, baik militer atau oknum tertentu.

4. Pemerintahan yang Buruk

Sebagaian besar ancaman yang telah disebutkan membutuhkan koordinasi secara global untuk mengatasinya. Perubahan iklim merupakan contoh yang paling menonjol, namun risiko seperti nano tech dan regulasi kecerdasan buatan perlu di koordinasikan secara internasional.

Bahayanya ialah bahwa struktur pemerintahan sering kali gagal dan kadang-kadang berakhir memburuk masalah yang coba ingin mereka perbaiki. Kegagalan kebijakan dalam menangani risiko tersebut yang akan membawa dampak negatif.

5. Supervolcano

Letusan kecil dari gunung berapi saja dapat mempengaruhi iklim, merusak biosfer, mempengaruhi pasokan makanan, dan menciptakan ketidakstabilan politik, lalu bagaimana jika letus besar itu terjadi, maka akan menyebabkan pendinginan global yang signifikan dan mengganggu produksi pertanian sehingga dapat mengganggu kelangsungan hidup manusia.

No comments:

Post a comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete