Mengenal Lebih Jauh Tentang Château de Fontainebleau

Halo Serupedians

Château de Fontainebleau sebuah istana termegah di Prancis tepatnya di kota Fontainebleau 60 km sebelah tenggara kota Paris. Château de Fontainebleau berdiri sejak 8 abad yang lalu dan telah ditempati oleh seluruh dinasti Prancis secara terus menerus, dari Capetian, Valois, Bourbon, Bonaparte dan Orleans.

Seluruh raja dan ratu yang berkuasa telah banyak melakukan perubahan untuk memperkuat dan mempertahankan keaslian dari Château de Fontainebleau. Di tempat inilah banyak terjadi peristiwa-peristiwa yang menentukan sejarah Prancis.


Sejarah


Penamaan Château de Fontainebleau pertama kali disebut dalam piagam kerajaan pada tahun 1137 oleh raja Louis VII dan diperuntukkan sebagai benteng dan penjara. Kemudian pada tahun 1169 diperluas dengan tambahan sebagai biara dan rumah sakit yang di serahkan pengelolaannya kepada biarawan tritunggal atau Mathurins. Diperluas kembali pada tahun 1528 dan mulai dijadikan kediaman musim dingin raja pada bulan Desember 1536 atas permintaan raja Skotlandia Jackues V. 

Baru pada Desember 1539 Château de Fontainebleau mulai dijadikan kediaman tetap oleh raja Henry II. 1593, raja Henry IV menghapus bagian penjara dan disatukan dengan kediaman raja dan ditambahkan gedung pengadilan. Banyak sekali momen-momen penting yang terjadi di Château de Fontainebleau, mulai dari konflik katolik – protestan, pernikahan keluarga kerajaan, pemberontakan Bonaparte,pergantian dinasti hingga kelahiran Spanyol juga berasal dari Château de Fontainebleau. Di istana ini juga terjadi perjanjian yang menetapkan perbatasan Italia dengan Austria.

Arsitektur

Simbol Château de Fontainebleau yaitu tangga yang berbentuk tapal kuda dibangun pada saat raja Louis XIII berkuasa.Secara umum Château de Fontainebleau beraksitektur gabungan mulai dari abad kedua belas hingga abad kesembilan belas yang merupakan arsitektur terkuat Renaissance. 

Galeri pertama Château de Fontainebleau dibangun pada tahun 1528 yang dikhususkan bagi keluarga kerajaan dan tamu agung khususnya dari Inggris. Bahkan pada tahun 1854 – 1857 dibangun teater dan taman atas saran dari kerajaan inggris. Selama itu terus terjadi pemugaran dan perluasan yang disesuaikan dengan semangat dan tujuan raja yang berkuasa.

Galeri & Teater

Ruang sosial, jalan setapak dari pengadilan dan galeri Château de Fontainebleau merupakan tiga tempat yang sangat penting dan penuh dekorasi dari setiap raja yang pernah berkuasa.

Kapel

Saat ini ada tiga kapel di Château de Fontainebleau, namun yang masih asli dari awal pembangunannya berada di bawah gedung oval dan terdiri dari 2 kapel bertingkat. 

Tingkat pertama dikhususkan untuk menghormati Francis I dan tingkat kedau dibangun atas permintaan biarawan Trinitarian. Kemudian kapel lainnya dibangun atas saran dari biarawan Mathurins pada saat raja Henry II berkuasa.

Museum

Terdapat empat museum di Château de Fontainebleau, museum pertama dikhususkan untuk menyimpan benda seni dari kekaisaran Cina, museum kedua untuk koleksi dinasti Bonaparte dan 2 museum lainnya untuk koleksi umum atau saluruh dinasti kerajaan Prancis. 

Banyak sekali benda-benda bersejarah dan bernilai seni tinggi dari setiap raja sejak awal pembangunan Château de Fontainebleau yang masih terjaga dan utuh. Bahkan untuk koleksi dari Inggris, Spanyol, Itali dan Cina yang sangat luar biasa.

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete