Mitos Kesehatan Yang Berakibat Fatal

Halo Serupedians!

Kesehatan adalah hal yang utama dalam kehidupan. Dalam dunia kesehatan, masih banyak hal-hal yang dianggap mitos walaupun fakta medis menunjukan hal lain yang lebih ilmiah. Mitos tersebut timbul karena masih kentalnya adat istiadat dari kultur disebuah daerah.

gambar : bandung.merdeka.com

Dari cacar air hingga angin duduk, berikut Mitos Kesehatan Yang Berakibat Fatal versi Serupedia.

1. Kerokan sebagai obat masuk angin.

gambar : rubik.okezone.com

Kerokan adalah kebiasaan orang Indonesia, yaitu menggosokkan dengan keras kebagian tertentu dengan uang koin yang sudah dibaluri dengan minyak kelapa atau minyak kayu putih. Kerokan menjadi standar pengobatan penyakit orang Indonesia itu sendiri, yaitu masuk angin.

Faktanya bahwa kita mengeluarkan angin setelah kerokan adalah karena angin terdorong keluar. Pada dasarnya angin akan keluar tanpa perlu dikerok. Hanya dipijat dengan lembut angin sudah dapat keluar.

2. Angin duduk perlu dipijat

gambar : tutorialoka.com

Angin duduk adalah penyakit yang sering terjadi terutama di Indonesia. Angin duduk adalah sebutan bagi rasa sakit seperti tertekan di bagian tubuh tertentu. Sebenarnya, bahwa rasa sakit tersebut timbul karena kurangnya pasokan oksigen ke bagian tubuh yang terasa sakit, bukan karena ada angin di bagian tubuh tersebut.

Penanganan yang tepat adalah bukan dipijat, melainkan diberi pasokan oksigen. Oksigen tersebut kurang karena kemungkinan ada penyumbatan atau pengentalan darah sehingga darah kurang membawa oksigen terlarut.

3. Cacar air jangan terkena air

gambar : dokter.id

Cacar air adalah penyakit kulit yang kemungkinannya kecil untuk terkena dua kali pada orang yang sama. Cacar air perlu penanganan obat yang teratur agar cepat sembuh. Mitos bahwa penderita cacar air tidak boleh terkena air adalah hal yang salah. Justru penderita cacar air harus terus menjaga kebersihan kulitnya dari debu dan polusi.

4. Reumatik bila mandi malam

gambar : sains.me

Reumatik atau asam urat adalah kondisi dimana naiknya kadar asam pada bagian tubuh tertentu yang menyebabkan rasa pegal hingga sakit. Kondisi tersebut dapat ditangani dengan obat yang tepat.

Mitos bahwa penderita asam urat tidak diperkenankan mandi malam adalah hal yang salah. Penderita reumatik masih boleh mandi malam asalkan dengan syarat mandi dengan air hangat. Bagi orang yang sehat, tidak apa-apa mandi malam.

5. Menggunakan pakaian tebal saat demam

gambar : obattipes.id

Menggunakan pakaian tebal saat demam adalah penanganan yang kurang tepat bagi penderita demam. Justru penderita demam perlu penyesuaian suhu dengan lingkungannya karena suhu tubuhnya tinggi. Dengan memakai pakaian yang tipis cukup untuk penderita demam.

Baca Juga :
Coklat Tanpa Lemak? Kini Ada Coklat Dibuat Dengan Jus Buah!
6 Mitos Kesehatan Yang Masih Percayai Orang Indonesia

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete