Eropa Menciptakan Klakson Yang Mampu Membunuh Manusia

kekuatan-suara-klakson-ini-mampu-membunuh-manusia

Sahabat serupedia, seberapa kuatkah sound system sehingga dapat merusak gangguan pendengaran? Badan Luar Angkasa di Eropa memiliki perangkat penghasil suara yang kekuatannya diklaim dapat membunuh manusia seperti yang dilansir laman berita8.com.

Alat tersebut berupa klakson yang diklaim terkuat di Eropa. Jika dibunyikan dalam volume maksimal maka dipastikan tidak ada manusia yang bisa bertahan hidup mendengarnya. Alat mematikan itu merupakan bagian dari Fasilitas ESA Eropa Acoustic atau kamar uji tes kebisingan akustik di pesawat ulang alik untuk memastikan tidak ada kerusakan terjadi selama peluncuran roket.

Ruang tes suara itu sendiri tingginya 16,4 m dengan lebar 11 m dan kedalaman 9 m. Klaksonnya yang berukuran raksasa tertanam dalam dinding dengan kekuatan 154 decibel. Efeknya sama seperti berdiri dekat beberapa jet lepas landas sekaligus sehingga cukup untuk menulikan manusia secara permanen.

Suara yang dihasilkan itu memiliki efek sama rusaknya dengan serangan menggunakan senjata. Gelombang suara yang tidak terlalu kuat dapat dilepaskan untuk mengendalikan kerumunan massa, mencegah perampokan dan melawan teroris. Sedangkan "suara granat" berkekuatan 120-190 desibel diklaim penelitian Jerman dapat merusak organ internal, mengakibatkan cedera dan kematian.

Untunglah, klakson ESA ini tidak didesain sebagai senjata dan diisolasi yang hanya beroperasi ketika semua pintu keselamatan ditutup. Baja yang diperkuat dinding beton dengan lapisan resin epoxy digunakan untuk meredam suara dan menetralkannya di dalam ruangan. Sehingga hingga kini belum ada manusia yang secara langsung benar-benar mendengarkan klakson itu berbunyi.

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete