Penyakit Ini Ditimbulkan Karena Keseringan Memakai High Heels


Beberapa profesi menuntut pekerja wanita harus mengenakan high heels nyaris sepanjang hari. Dengan alasan sopan dan estetika, memang mengenakan high heels membuat wanita tampil berbeda. Seperti mengubah postur tubuh secara instant, high heels menyumbangkan kepercayaan diri pada si pemakainya. Tetapi apa kata podiatrist soal pemakaian high heels terus menerus sepanjang hari? Apakah kira-kira efek yang akan terjadi pada kaki?

Dilansir IndiaTimes, beberapa problem sebenarnya sangat mungkin terjadi ketika Anda mengenakan high heels setiap hari dalam jangka waktu yang lama.

Kram kaki
Problem yang paling sering terjadi adalah kram kaki. Berdiri cukup lama dalam kondisi tegang akan membuat kaki kelelahan, sehingga tak heran jika tiba-tiba Anda mengalami kram kaki. Rasanya sangat nyeri dan mengganggu, dan akan memberikan tekanan tertentu pada kaki.

Peradangan
Tekanan high heels pada jempol kaki akan menyebabkan peradangan pada jemari kaki. Apalagi jika tak ada perlindungan yang nyaman atau bahan sepatu Anda cukup keras.

Menderita Achilles tendonitis
Penyakit yang disebut dengan nama Achilles tendonitis ini adalah kondisi di mana otot terlalu lama dalam kondisi stretching dan sebenarnya kondisi otot akan kembali normal saat Anda melepas heels dan menapakkan kaki dengan nyaman.

Namun, karena keseringan memakai high heels, biasanya akan ada rasa sakit yang berulang setiap jali melepas heels dari kaki.

Peradangan pada telapak kaki
Coba periksa beberapa bagian telapak kaki, apakah ia mulai meradang, membentuk gelembung udara melalui kulit kaki dan rasanya sakit? Umumnya saat peradangan terjadi diawali dengan kulit kaki yang berair. Setelah itu ia bisa mengalami pecah gelembung dan keluar cairan dari dalamnya.

Sebaiknya mengatasi hal ini juga tetap perlu berhati-hati. Jangan sepelekan karena bakteri bisa dengan mudah masuk melalui luka di telapak kaki.

Posisi penyebab kram
Pada saat mengenakan high heels lebih dari 5 cm, umumnya posisi tubuh akan mengarah maju ke depan sehingga berat badan bertumpu pada ujung jemari. Inilah yang menyebabkan jemari kaki menjadi bekerja berlebihan. Kram seringkali terjadi saat kaki sudah terlalu lelah.

Untuk itu disarankan memilih heels yang cukup nyaman dan tidak terlalu membebani seperti stiletto. Heels yang dapat membuat beban tubuh tetap seimbang biasanya yang rata bagian depan dan belakangnya.

Secara keseluruhan, berat badan yang ditumpukan pada kaki juga akan mempengaruhi kondisi lutut, pinggang dan punggung. Bila dibiarkan terus menerus, tulang belakang dan syaraf yang ada di tulang belakang akan terpengaruh. Dalam beberapa kasus, syaraf terjepit juga disebabkan karena pemakaian high heels yang terlalu sering dan dalam waktu yang cukup lama.