Berbahayakah Sikat Gigi Setelah Makan?

Anda pernah mendengar saran seperti ini: "Kalau habis makan empek-empek, langsung sikat gigi supaya asam di kuahnya nggak ngerusak gigi!" atau "Langsung sikat gigi kalau baru minum soft drink, supaya manisnya cepat hilang di mulut dan nggak bikin gigi bolong."

Saran-saran seperti di atas memang terdengar baik dan benar. Asam dan manis yang tertinggal di mulut bisa menyebabkan berbagai masalah gigi, mulai dari kerusakan gigi dan gigi berlubang. Namun saran tersebut ternyata tidak tepat dan justru dapat merusak kesehatan gigi.

Dilansir oleh Huffingtonpost.com, dokter gigi Jeffrey M. Cole , mantan presiden dari Academy of General Dentistry mengatakan, "Apa yang kami temukan adalah banyak hal yang bisa menyebabkan gigi berlubang, tidak hanya gula, tetapi juga makanan lain yang bisa menjadi asam dengan sendirinya."

Tingkat keasaman dalam mulut yang bagus adalah pH 7. Makanan yang terlalu asam dapat merusak gigi, sedangkan makanan manis dapat berubah menjadi asam. Langsung menggosok gigi dalam kondisi mulut masih asam justru dapat memperburuk masalah. Asam dan manis akan menyebar ke seluruh bagian mulut dan gigi. Lapisan luar gigi dapat tergores saat Anda menyikat gigi.

Sang dokter menyarankan agar Anda tidak langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan/minuman asam dan manis. Tunggulah kira-kira setengah jam, karena air liur akan menetralkan asam di dalam mulut. Baru sikat gigi Anda.