Terlalu Lama Tidur Juga Bisa Bikin Sakit

 
Kurang tidur itu tidak baik, tetapi kebanyakan tidur juga tidak baik lho. Ditemukan hasil penelitian terbaru soal tidur yang ternyata cukup mencengangkan dan membuat orang harus berhati-hati. Para ilmuwan melibatkan sekitar 50 ribu orang dalam penelitian terbarunya soal kurang tidur. Tak disangka, dari penelitian tersebut justru ditemukan fakta bahwa kebanyakan tidur juga tidak baik.

Umumnya orang akan tidur 7-9 jam dalam sehari. Dalam jangka waktu itu, seseorang mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan berkualitas. Namun bila Anda tidur rata-rata lebih dari 10 jam sehari, apa yang terjadi pada tubuh Anda?

Dikutip dari DailyMail bahwa tidur terlalu berlebihan dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, obesitas serta kecemasan. Penyakit tersebut merupakan ancaman yang sama seperti yang dialami mereka yang hanya tidur maksimal 6 jam dalam sehari.

Dr. Safwan Badr, mengatakan "hidup sehat itu tak cukup dengan diet seimbang dan fitnes saja. Seseorang juga harus cukup tidurnya."

Sudah sering diungkapkan oleh para ahli bahwa tidur yang cukup adalah 7-8 jam sehari. Dan hal ini ditekankan bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan serta mereka yang sedang diet. Tidur menjadi salah satu hal yang sangat menentukan kesehatan, sehingga perlu dijaga dan tidak disepelekan.

Menjaga kualitas tidur juga tak kalah penting. Agar tidur Anda nyaman dan tidak terganggu, inilah beberapa tips yang bisa dilakukan:
  • Matikan lampu agar mata dan tubuh benar-benar beristirahat dengan maksimal
  • Usahakan tidur dalam kondisi perut kenyang
  • Pastikan tubuh sudah dalam keadaan bersih sehingga tidur tetap nyaman dan tidak terganggu
  • Jauhkan gadget dari tempat tidur, kalau perlu letakkan saja di luar
  • Jangan membaca atau menonton film sambil menunggu rasa kantuk, karena pada dasarnya kedua hal itu justru membuat Anda terjaga lebih lama.
Tak bisa tidur bukanlah alasan Anda kemudian kembali menyalakan televisi atau mengambil ponsel. Lebih baik pejamkan mata karena rata-rata dalam waktu 3 menit, seseorang akan mengantuk dan memasuki mode tidur.

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete