Makanan-Makanan Ini Bisa Membunuh Kecerdasan Anda


Zaman sekarang ini banyak wanita yang ingin jadi lebih pintar. Namun, hal tersebut juga berkaitan dengan gaya hidup dan apa yang Anda makan. Bukan hanya buku apa yang sudah Anda baca.

Kemampuan otak Anda juga bergantung pada konsumsi makanan harian Anda. Selain belajar dan berlatih, Anda juga harus mengimbanginya dengan makanan yang memang baik bagi otak. Nah, bila Anda ingin lebih pintar, hindari deh makanan berikut ini.

1. Makanan Manis
Makanan manis tidak hanya kurang baik bagi lingkar pinggan Anda, namun juga pada fungsi otak. Konsumsi gula yang terlalu tinggi dan terlalu banyak juga bisa membuat tumpukan masalah neurologis di masa mendatang dan mengganggu memori Anda. Makanan manis tidak selalu bisa membuat mood Anda baik. Konsumsi makanan dengan kandungan gula dalam jangka panjang bisa mempengaruhi kemampuan Anda untuk menelaah dan mempelajari sesuatu.

2. Alkohol
Anda mungkin sudah tahu bahwa alkohol tidak boleh sembarangan dikonsumsi. Namun, banyak yang tak menyadari bahwa alkohol juga bisa terdapat dalam kandungan makanan yang mungkin kita konsumsi sehari-hari. Misalnya rhum atau obat-obatan cair. Sebisa mungkin hindari penggunaan produk ini bila tak terlalu diperlukan. Kandungan alkohol memberikan efek semacam 'awan ilusi' yang membuat kita susah fokus dan kurang dapat berpikir jernih.

3. Junk Food
Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Montreal menyebutkan bahwa junk food dapat mengubah sistem kimia dalam otak. Salah satu akibat terlalu sering makan junk food adalah kecemasan tinggi dan depresi.
Konsumsi junk food seperti burger, kentang goreng, saus-sausan dan sebagainya bisa menghalangi produksi dopamin pada otak yang berfungsi untuk membuat kita lebih senang.

4. Makanan Yang Digoreng
Makanan yang diproses kebanyakan mengandung perasa buatan, MSG, bahan kimia dan sebagainya. Hal ini ternyata berpengaruh lho pada fungsi berpikir kita. Anak yang banyak mengonsumsi gorengan bisa memiliki kecenderungan untuk hiperaktif. Hal ini juga bergantung pada jenis minyak yang digunakan. Namun sebagian besar minyak goreng tergolong membahayakan setelah melalui proses memasak beberapa kali.

5. Makanan Dengan Lemak Trans
Makanan yang mengandung lemak trans ternyata juga bisa mempengaruhi kemampuan kognisi Anda. Selain sering diisukan menjadi penyebab utama penyakit jantung, makanan ini membuat Anda lebih melambat. Anda menjadi tidak reflek dan rawan terkena alzheimer. Hal ini karena lemak trans mengganggu wilayah arteri dan membuat gerakan Anda jadi terbatas.

6. Gandum Yang Bukan Gandum Utuh
Banyak orang yang termakan anggapan bahwa gandum itu sehat. Nyatanya, tak semua gandum itu menyehatkan. Apalagi bagi gandum yang tak 100% gandum utuh. Gandum biasa akan membuat Anda mengalami penuaan dini lebih cepat dan tentu saja hal ini mempengaruhi kondisi Anda seperti menjadi pelupa dan sebagainya. Jadi, jangan sembarangan makan gandum ya.

7. Nikotin
Ya, nikotin memang bukan makanan, namun zat ini bisa mempengaruhi kondisi otak Anda. Wanita yang tak suka tempat berasap rokok berhak protes pada mereka yang merokok sembarangan. Mengapa? Nikotin dalam rokok selain mampu meningkatkan resiko penyakit pernafasan seperti kanker paru-paru, namun juga membahayakan pembuluh-pembuluh darah kecil yang ada di kepala. Jadi, masih mau membayar rokok untuk tagihan rumah sakit di masa mendatang?

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete