10 Console Game Paling Ngetop di Era 90an

Halo Serupedians!

Bermain video game memang menyenangkan. Apalagi bermain dengan console yang anda kuasai. Tentunya bermain bersama teman jauh lebih mengasyikkan. Anda bisa bermain video game sepak bola atau bermain video game platform seperti Mario Bros pun sama serunya.

Bagi anda yang hidup sebagai anak-anak maupun remaja di era 90an, pasti anda mengenal console-console yang ngetop di zamannya seperti Nintendo, Sega, PlayStation, dan lain sebagainya. Untuk anda yang rindu akan console-console ini, Serupedia sajikan 10 Gadget paling Ngetop di Era 90an berikut ini.

1. The Nintendo 64


Gambar : wikipedia.com

Pada saat pesaing lain yang hanya merilis dengan 32 bit console game, Nintendo melangkah ke depan dan melahirkan Nintendo64, membuka sebuah dunia baru bagi pecandu game di mana-mana, console dengan kemampuan grafis 3D, dan permainan Mario64 masih dianggap sebagai salah satu game 3D terbaik sepanjang masa hingga saat ini.
                                         
2. PlayStation



Gambar : genk.vn

Salah satu console paling populer di Indonesia. PlayStation menyajikan game yang sangat berkualitas pada era 90an menjadikan para gamers lebih memilih console ini. Dengan game seperti Final Fantasy, Winning Eleven dan lain-lain dapat membuat gamers dapat memilih kategori game seperti apa yang ingin mereka mainkan.

PlayStation dapat mengalahkan Nintendo dan Sega pada saat itu dengan grafik dari PlayStation yang tergolong detail pada masanya. Persaingan yang sangat ketat membuat pihak Sony terus melakukan pengembangan pada console ini hingga terciptalah PlayStation 2 sehingga pada tahun 2006 PlayStation generasi 1 ini dihentikan produksinya.

3. GameBoy Color


Gambar : wasd.pt

Untuk console game kecil, GameBoy Color menjadi juaranya setelah beberapa tahun kebelakang console game kecil selalu berwarna hitam putih. GameBoy Color menjadi pionir yang mengubah sudut pandang dari sebuah game. Nintendo mengubah warna dari hitam putih menjadi penuh warna dengan adanya console ini. Sayang produksi console ini berhenti di tahun 2002.

4. Dreamcast


Gambar : gamesradar.com


Sega ingin bersaing dengan PlayStation, maka dari itu mereka mengeluarkan Dreamcast. Sebuah console yang dari tampilannya saja mirip dengan PlayStation. Console game ini hanya sebentar masuk ke Indonesia karena console game ini harus bersaing dengan PlayStation 2 yang jauh lebih maju dibandingkan dengan console keluaran Sega ini. Sehingga pada tahun 2001 Sega menghentikan produksi console game ini. Karena tidak dapat bersaing dengan console PlayStation yang mengeluarkan PlayStation 2 pada tahun 2000an.

5. Super Famicom


Gambar : gamesradar.com

Super Famicon adalah console game produksi Nintendo yang menyajikan game berkualitas pada era 90an. Karena console ini adalah salah satu console yang dapat memainkan game dengan kapasitas warna yang sangat baik. Permainan yang menjadi andalan nintendo seperti Mario Bros menjadi primadona bila dimainkan dengan console game ini. Super Famicom berhenti diproduksi pada tahun 2000.

6. Super NES


Gambar : gamesradar.com

Nintendo tidak ada habis-habisnya mengembankan game hingga saat ini. Pada era 90an, Super NES menjadi andalan Nintendo untuk memanjakan pada gamers. Dengan game andalan seperti Contra III dan Super Metroid, Super NES menjadi primadona pada saat itu. Sayangnya produksi console ini terhenti pada tahun 1999. Karena sudah tidak dapat bersaing dengan PlayStation pada saat itu.

7. NeoGeo Aes


Gambar : gamesradar.com

Inilah console yang masih ada penggemarnya paling tidak hingga 2004. Bayangkan saja, untuk console serumit ini masih saja eksis walaupun permainnannya cukup tertinggal pada era 90an.

Tetapi console NeoGeo Aes produksi SNK ini menyuguhkan permainan dengan software yang tergolong handal pada zamannya. Console inilah yang menginspirasi Nintendo Wii untuk berkembang saat ini.

8. Sega CD


Gambar : gamesradar.com

Dirilis di Jepang dan kemudian di US dan Eropa, Sega CD langsung menduduki deretan console yang paling digemari pada era 90an. Dengan joystick yang tergolong mudah untuk dimainkan dan permainan yang cukup memacu adrenalin seperti Sonic menjadikan console ini layak masuk top 10 console gaming pada era 90an. 

Walaupun demikian, dengan persaingan yang sangat ketat para developer console game, produksi Sega CD harus terhenti pada tahun 1995.

9. Playdia


Gambar : gamesradar.com

Console yang satu ini memang jarang di Indonesia. Playdia produksi Bandai ini hanya memiliki beberapa game saja untuk dimainkan, seperti Dragon Ball Z dan Ultraman. Dan pada era 90an Playdia pun kalah bersaing dengan console-console lain seperti PlayStation ataupun Super NES. Tetapi console ini masih cukup populer untuk anak-anak di Jepang pada masanya.

10. Virtualboy

Gambar : gamesradar.com

Bagi anda yang senang dengan console yang sedikit bermain fisik mungkin anda memiliki console yang satu ini. Console bernama Virtualboy ini cukup membuat anda bermain seperti latihan fisik pada era 90an. Console yang berat dan sulit untuk dimainkan membuat console ini sedikit tidak populer.

Walaupun demikian, console yang satu ini menjadi cikal bakal Virtual Reality (VR) yang pada era sekarang sangat populer di kalangan gamers. Dengan sedikit sentuhan digital, maka console Virtualboy ini disulap menjadi jauh lebih menarik dan lebih mudah untuk dimainkan.

Itulah 10 console game paling populer di Indonesia versi Serupedia. Atau menurut anda ada console lain yang tidak masuk jajaran top 10 kami? Boleh beri komentar dibawah bila anda memiliki console selain console diatas.

Baca Juga :
6 Game Modern yang Lahir dari Ketidaksengajaan
5 Game Paling Sulit Yang Wajib Dicoba