Jam Alarm Pertama Hanya Bisa Bunyi Pada Pukul 4 Pagi.

Bagi yang suka susah bangun pagi, jam alarm merupakan alat yang sangat berguna untuk membangunkan. Dengan suaranya yang nyaring membuat kita mudah bangun. Hampir semua jam weker memiliki sebuah tombol yang bisa ditekan agar dering lonceng (bunyi alarm) bisa berhenti.

Saat ini jam alarm telah diproduksi dengan beragam jenis dan bisa disetel kapan saja sekemauan kita. Tapi tahukah jika jaman dulu jam alarm hanya bisa dibunyikan pada jam 4 pagi saja. Berikut sejarah yang berhasil dihimpun serupedia.
 
Pada tahun 1787 Jam alarm mekanis yang pertama diciptakan pengrajin jam dari New Hampshire bernama Levi Hutchins . Jam buatannya lebih mirip jam lemari daripada jam weker sekarang. Tingginya sekitar 73 cm dan lebarnya 36 cm. Jam tersebut hanya bisa berbunyi setiap pukul 04.00 pagi, saat penciptanya harus bangun untuk bekerja. 

Pada waktu itu, Hutchins tidak tertarik untuk menjual penemuannya tersebut. Setelah semakin banyak orang bekerja di pabrik, bangun pagi pada waktu yang sama menjadi kebutuhan banyak orang. Pada tahun 1876, Seth E. Thomas dari Thomaston, Connecticut menciptakan jam weker mekanis yang pertama. Hak paten nomor 183,725 diterimanya tanggal 24 Oktober 1876 untuk jam yang bisa disetel agar berbunyi pada pukul yang diingini. Namun jam weker ciptaan Seth Thomas belum memiliki tombol untuk menghentikan dering lonceng.

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete