10 Festival Rakyat Paling Aneh dan Unik di Dunia

Halo Serupedians!

Festival rakyat umumnya merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang sebagai ucapan terima kasih atau untuk menghindari bala bencana.

gambar : google.com

Seperti Indonesia yang memiliki festival rakyat larung, terdapat beberapa festival rakyat yang terbilang unik di berbagai belahan bumi. Berikut Serupedia ulas 10 Festival Rakyat Paling Aneh dan Unik di Dunia.

1. Festival Lumpur Boryeong - Berlangsung di bulan Juli

gambar : tempo.co

Festival tahunan diselenggarakan tiap musim panas di Boryeong, Korea Selatan. Saat itu, sepanjang pantai Daecheon yang penuh lumpur mineral, digunakan untuk gulat lumpur, perang lumpur,  kontes lumpur, permainan lumpur dan sebagainya.


2. La Tomatina - Hari Rabu di akhir bulan Agustus

gambar : holidaysgenius.com

Perayaan ini dikenal sebagai festival tomat terbesar di dunia. Diadakan di Buñol, dekat Valencia, acara tahunan ini menarik ribuan peserta, yang saling melempar dengan tomat busuk.


3. Menyelam di Rawa - Berlangsung Bulan Agustus

gambar : bbm.liputan6.com

Bila ingin berenang dan menyelam dalam lahan gambut di Llanwrtyd Wells di Powys, Wales, datanglah pada bulan Agustus. Dalam festival Waen Rhydd Bog, anda dapat ikut menyelami dan berenang di rawa sepanjang 150 kaki. Di hari biasa, kegiatan ini terlarang.

4. Kanamara Matsuri- Belangsung Bulan April

gambar : yourworldcalendar.com

Kanamara Matsuri adalah festival kesuburan tahunan dalam agama Shinto.  Pada festival ini, patung-patung raksasa berbentuk kelamin pria diusung ke segala penjuru kota. Patung tersebut kemudian disembah terutama para pelacur. Penis adalah simbol kesuburan dan dengan alat menjaga kelangsungan keturunan. Di masa lalu, festival ini digunakan para pelacur untuk berdoa dan melindungi diri dari penyakit menular.


5. Fetival Waikiki - Berlangsung Bulan April

gambar : everfest.com

Festival jalanan yang berlangsung tiap April adalah cara orang Hawaii untuk merayakan kecintaan terhadap makanan. Di sepanjang jalan, puluhan ribu orang menghadiri festival dan dapat memilih berbagai macam makanan.

6. Cheese Rolling Cooper Hill - Senin terakhir di bulan Mei

gambar : youtube.com

Tiap tahun di bukit Cooper Gloucester di Inggris, Sebongkah keju digulingkan dari puncak bukit. Pesertanya harus mengejar dan menangkap  keju dengan berguling sebelum mencapai bagian bawah. Karena kekhawatiran banyaknya peserta yang terluka, pemerintah Inggris membatalkan festival pada tahun ini.

7. Malam Walpurgis - Berlangsung Bulan pril

gambar : wikipedia.org

Malam Walpurgis atau 'malam penyihir' di Jerman diadakan sesuai tradisi setempat. Menurut legenda Jerman, pada malam Walpurgis, semua penyihir terbang ke Gunung Brocken di Timur Jerman untuk mengadakan perayaan dan menunggu awal musim semi sebelum menuju puncak. Festival ini diadakan enam bulan sebelum Halloween, lengkap dengan pakaian ala penyihir, tarian dan dan nyanyian ala penyihir di sekitar api unggun.

8. Festival memanggul istri - Berlangsung Bulan Juli

gambar : live.viva.co.id

Berakar pada praktek penculikan istri pada abad ke-19, Finlandia mengadakan festival tahunan ini. Para suami harus membopong istri mereka melewati 253,5 meter arena sambil berlari melewati pasir, rumput dan aspal serta dua rintangan sebelum finis.

9. El Colacho - Berlangsung Bulan Juni

gambar : google.com

El Colacho atau 'lompatan iblis' dirayakan di Castrillo de Murcia, Spanyol, sejak tahun 1620. Untuk menyingkirkan iblis dalam diri anak, bayi yang baru lahir akan ditempatkan diatas kasur dan akan dilompati orang yang berpakaian menyerupai iblis. Diyakini, sang 'iblis' akan mengambil dosa sang bayi di kehidupan sebelumnya.

10. Festival Up Helly Aa - Berlangsung Bulan Januari

gambar : google.com

Festival tahunan Up Helly Aa Festival berlangsung di Lerwick, pulau Shetland, Skotlandia. Festival ini merayakan kedatangan pada Viking Skandinavia di Kepulauan Shetland, dan telah ada sejak tahun 1870. Pada punak acara, 1000 'guizers' atau pria yang mengenakan kostum viking akan melemparkan obor ke sebuah kapal Viking.

Itulah 10 Festival Rakyat Paling Aneh dan Unik di Dunia versi Serupedia. Selamat mencoba.

Baca Juga :
5 Festival Balap Lari Bugil Paling Unik Di Dunia
10 Peristiwa Besar Yang Dilupakan Sejarah Dunia

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete