Wow ! Ada Jam Malam untuk Kucing di Sydney


Beberapa kawasan di Sydney, Australia, memberlakukan aturan tak biasa. Kucing-kucing dilarang keluyuran sejak matahari terbenam sampai matahari terbit. Jam malam kucing itu untuk mengurangi serangan terhadap satwa liar yang asli Australia.
Peraturan ini terinspirasi tindakan putra deputi wali kota Michele McKenzie yang menyelamatkan satwa brushtail possum (sejenis tupai) dan bayinya dari serangan kucing.
Possum, sejenis hewan berkantung, termasuk salah satu hewan asli Australia dan tergolong hewan nocturnal atau aktif di malam hari.
Peluang hidup dan berkembang biak possum menipis karena mereka sering menjadi korban serangan kucing di malam hari. Seringkali possum tak bisa lolos dari kejaran kucing karena seperti mereka, kucing juga bisa memanjat.
Dalam setahun terakhir, setidaknya terjadi 564 ringtail possum yang diserang kucing di wilayah itu. Sementara menurut Asosiasi Dokter Hewan Australia, setiap tahun 74 juta satwa asli Australia tewas karena serangan kucing.
"Permintaan kami pada pemilik kucing sangat sedikit, yakni mengurung kucing-kucing mereka di dalam rumah, jika ingin melindungi satwa asli kita," deputi wali kota Michele McKenzie.
"Bagaimanapun mereka tinggal di sini lebih dulu, sebelum kita memelihara hewan di rumah. Jadi kita bertanggung jawab untuk mengontrol satwa peliharaan kita," imbuhnya.
Aturan jam malam itu memang tidak akan diberlakukan secara ketat. Namun aturan ini didukung program edukasi dan informasi agar pemilik kucing mengurung peliharaan mereka itu dari senja hingga fajar. Juga mengawasi kucing masing-masing di siang hari serta memasang dua lonceng di leher mereka.
Aturan ini meliputi wilayah Balmain, Rozelle, Lilyfield, Annandale, dan Leichhardt. McKenzie mengatakan para pemilik kucing sangat kooperatif.
Jam malam itu tidak berlaku untuk anjing karen anjing tidak bisa memanjat pohon.
 
sumber : international.kompas.com

No comments:

Post a Comment

Komen yang mengandung Spam akan kami detete