6 Hal Ajaib yang Terjadi Saat Kamu Jatuh Cinta

Halo Serupedians

Jatuh cinta memang hak semua orang di dunia ini, dan menurut banyak orang-orang berjuta rasanya. Siang terasa malam, malam terasa siang. Jauh jadi dekat. Nah itu semua pasti ada yang terjadi dengan tubuh kita. 


Para peneliti mencoba terus melakukan penelitian terkait apa saja yang terjadi saat seseorang mengalami jatuh cinta. Berikut serupedia akan  mengulas tentang 7 Hal Ajaib yang Terjadi Saat Kamu Jatuh Cinta.

1. Otak Kamu berfungsi seperti sedang menggunakan obat-obatan

Ketika kamu jatuh cinta, banjir zat kimia yang memenuhi otak kamu — kayak hormon oksitosin, dopamin, adrenalin dan vasopresin — sama dengan tipe zat kimia yang dilepasin oleh heroin. 

Perasaan jatuh cinta tersebut muncul akibat adanya pelepasan dopamin. Dopamin adalah zat kimia pada otak yang dilepaskan saat Anda sedang jatuh cinta. Hal ini memberikan Anda perasaan bahagia.

Saat Anda sedang jatuh cinta, bagian otak yang bertanggung jawab atas keputusan dan pertimbangan terhadap suatu hal berhenti bekerja, sesuai laporan pemindaian (scan) Magnetic Resonance Imaging (MRI).

Kondisi ini membuktikan, mengapa orang yang sedang jatuh cinta sering dituduh kehilangan akal juga tidak berpikir praktis dan realistis, ditulis dari The Health Site.


Dari hasil pemindaian MRI, dopamin tidak hanya membuat Anda bahagia, tapi juga sedih.

2. Kamu mendadak rajin bercerita

Satu jam yang lalu, kamu adalah orang asing. Kini kamu menceritakan bagaimana kamu tidur dengan boneka kelinci sampai usia 10 tahun. Otak kamu memutuskan selama 20 menit apakah orang itu bisa dipercaya atau tidak — jadi, merasa aman untuk saling bertukar cerita adalah tanda yang bagus kalau hubungan kamu akan kuat.

Beberapa jam yang lalu, Kamu kelihatan cuek. Namun ketika bertemu dengan orang yang Kamu cintai, tiba-tiba Kamu bisa bercerita lepas tentang masa kecil yang konyol. Perubahan sikap menjadi lebih akrab dan hangat ini ternyata disebabkan karena perasaan jatuh cinta.

3. Tubuh kamu akan merasakan sensasi yang aneh

Kamu tahu sensasi menggetarkan yang terjadi ketika mendengar lagu menakjubkan seperti "Rollin' in the Deep?" Atau melihat matahari terbenam yang luar biasa indah? Yah, semua sensasi itu juga muncul ketika kamu sedang jatuh cinta.

4. Ryan Gosling? Tidak tertarik tuh

Oksitosin lebih dikenal dalam dunia medis dengan istilah hormon cinta. Disebut hormon cinta karena oksitosin dilepaskan ketika kamu sedang merasakan yang namanya jatuh cinta. Hormon ini juga bisa mempengaruhi rasa kepercayaan terhadap orang lain. Hormon oksitosin akan lepas jika kamu sering menunjukkan rasa cinta kepada orang terkasih secara fisik seperti menyentuh, memeluk bahkan mencium sehingga hormon oksitosin yang dilepaskan pun akan lebih besar dan membuatmu akan merasakan kalau jatuh cinta itu indah

Ketika lagi jatuh cinta, pria yang tadinya kamu idolakan kini tidak bisa mengalahkan orang yang kamu taksir. Itu semua karena hormon "obat cinta" oksitosin — yang menurut para peneliti bisa membuat kamu lebih bersahabat dan ramah.

5. Sakit kepala jadi berkurang

Siapa yang membutuhkan ibuprofen (obat sakit kepala)? Penelitian menemukan fakta kalau oksitosin dapat mengurangi gejala migrain.

Oksitosin yang sering disebut sebagai hormon cinta, ternyata bisa mengusir rasa nyut-nyutan di kepala secara efektif. Seperti dikutip dari Live Science, hormon oksitosin bekerja pada syaraf bagian wajah yang mengangkut informasi rasa sakit dari wajah dan kepala. 

Saat sakit kepala udah mulai terasa, hormon ini mengikat reseptor pada syaraf dan memblokir sinyal sakit yang terjadi. Hasilnya, rasa sakitnya berkurang atau justru hilang sama sekali.

6. Memengaruhi mata kamu

Seperti pepatah mengatakan “mata adalah jendela jiwa”, sehingga saat anda berbicara dengan orang yang anda suka, maka mata anda akan melebar. Ini terjadi ketika anda sangat gembira. Jadi jika mata seseorang terlihat lebih melebar, ini menunjukkan tanda tertarik.

Ketika melihat orang yang kamu taksir, pupil kamu tiba-tiba akan membesar. Fakta yang keren tentang hal itu? Penelitian menemukan fakta kalau orang dengan mata besar dianggap lebih menarik dibandingkan yang lain, jadi semua kontak mata yang kamu lakukan hanya akan membuat kamu semakin seksi.



No comments:

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.