6 Menu Sarapan Bagi Vegaterian Agar Kenyang Lebih Lama

Halo Serupedians

Jika Kamu pernah sarapan dengan semangkuk sari manis atau beberapa donat, mungkin setelah 1 jam kemudian, Kamu akan merasa lapar lagi. Hal ini menandakan bahwa makanan yang dicerna mudah terbakar walau nampaknya bergizi.


Sebuah studi baru-baru ini oleh The University of Warwick di Inggris menegaskan ada kaitan antara perasaan kenyang dengan sinyal sel saraf otak ke otak.

Para peneliti menemukan bahwa sel otak yang disebut tanycytes akan mengatakan kepada otak bahwa Kamu merasa kenyang saat mereka mendeteksi dua asam amino spesifik dalam makanan, yakni arginine dan lisin. Makanan yang memiliki asam amino ini meliputi steak sirloin daging sapi, ayam, makarel, plum, aprikot, alpukat, kacang lentil dan kacang almond. Secara teori, mengonsumsi makanan ini harus memicu kenyang dan kita harus merasa kenyang saat memakannya.

Namun bagi Kamu yang seorang Vegetarian bagaimana cara menemukan penganti asam amino ini. Jangan kwatir, berikut serupedia akan mengulas 5 Menu Sarapan Bagi Vegaterian Agar Kenyang Lebih Lama.

1. Raspberi

Bagi sebagian orang, nama buah raspberry mungkin terdengar asing. Bisa dimaklumi mengingat keberadaan buah ini cukup langka di Indonesia. Buah raspberry dikenal juga dengan nama frambos yang masuk ke Indonesia sudah diolah dalam bentuk sirup kemasan.

Buah merah ini kaya akan serat dan mangan. Serat dapat memperlambat proses pencernaan sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama. Mangan meningkatkan metabolisme yang membantu membakar lemak. Kandungan raspberry juga dapat mematahkan jaringan lemak dengan meningkatkan produksi adiponektin (hormon protein dalam jaringan lemak yang meningkatkan kemampuan metabolisme lemak).

2. Yogurt

Menjadi sumber protein yang sangat baik, yoghurt juga membantu membuat Kamu merasa kenyang lebih lama. Yogurt juga tinggi kalsium dan rendah gula. Serata mengandung probiotik di dalamnya yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. 

Selain itu, yogurt memiliki manfaat tambahan potensial yakni pembakaran lemak yang membantu menjaga berat badan yang sehat. Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal Nutrition menyimpulkan bahwa makan makanan ringan yang tinggi protein seperti yogurt dapat mengontrol nafsu makan, kenyang dan mengurangi asupan makanan berikutnya.

Menurut Forbes, ketika para ilmuwan mempelajari kebiasaan makan orang-orang yang tidak bertambah gemuk saat mereka berusia, yoghurt paling banyak dikaitkan dengan menjaga berat badan. Ini mungkin karena probiotik dalam yogurt mempromosikan flora usus sehat, sehingga tidak akan mudah menjadi gemuk.

3. Alpukat

Alpukat mengandung serat dan lemak tak jenuh tunggal. Hal ini membuat alpukat menjadi salah stau makanan yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama pada Anda. Selain itu, lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat dalam alpukat mengirim sinyal ke otak Anda bahwa perut Anda sudah penuh. 

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Nutrition Journal melaporkan bahwa orang-orang yang menambahkan setengah alpukat segar untuk makan siang mereka akan mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama sehingga enggan untuk makan di waktu berikutnya. 

Sebuah studi lain di tahun 2014 yang didanai oleh Haas Avocado Board menemukan bahwa Mereka yang makan setengah alpukat memiliki 40 persen penurunan keinginan untuk makan dalam tiga jam ke depan dan penurunan 28 persen dalam lima jam ke depan.

4. Pisang

Di Indonesia, pisang sudah biasa menjadi buah yang disajikan setelah makan. Selain karena harganya yang lumayan murah, pisang juga mengandung banyak zat gizi, sehingga bisa menjadi pencuci mulut yang menyehatkan. 

Selain itu, ternyata buah pisang adalah buah yang bisa mengenyangkan karena kandungan seratnya yang lumayan banyak. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung serat sebanyak 3,1 gram. Jadi, jangan lewatkan untuk makan satu buah pisang setelah makan bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Buah pisang juga bertindak sebagai penekan nafsu makan dan membuat Anda merasa kenyang selama beberapa jam karena kandungan serat yang tinggi. Jadi usahakan untuk mengonsumsi buah pisang sebelum makan. Selain mengandung nutrisi yang tinggi, pisang juga berguna untuk membuat perut Anda tetap kenyang dalam waktu yang lama.


5. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang mengandung banyak serat dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Jika Anda memakan 1 buah apel sedang dengan kulitnya, Anda telah mengonsumsi serat sebanyak 4,4 gram. 

Ya, jika Anda makan apel, jangan lupa untuk makan dengan kulitnya juga. Justru di dalam kulit apel terkandung banyak serat dan juga fitokimia yang tentu bermanfaat untuk tubuh.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan bantuan apel, Anda bisa makan apel terlebih dahulu setengah jam sebelum Anda makan. Ini akan membantu Anda untuk makan lebih sedikit. Seperti yang dikatakan oleh Debra Wein, RD, Presiden Wellness Workdays, “Serat dan air dari apel akan membuat Anda kenyang, sehingga Anda akan makan lebih sedikit.”

6. Kacang Pistachio 

Pistachio mengandung banyak lemak baik dan cukup banyak kalori. Lemak baik ini dapat larut di dalam air sehingga tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan. Pistachio juga mengandung protein yang dapat membantu membakar lemak. 

Konsumsi pistachio juga dapat membuat anda merasa kenyang sehingga membuat anda tidak makan dalam jumlah berlebihan sehingga dapat mencegah terjadinya obesitas dan peningkatan berat badan.

Kacang badam atau Pistachio juga mengandung komponen dikenal sebagai Vitustirollat, ia bekerja untuk memblokir penyerapan kolesterol dalam usus, menurut Pollack, seorang profesor, dan seorang ahli diet di East Carolina University.

Kami menambahkan juga bahwa pistachio merupakan sumber serat larut kolesterol represif, selain Alkorotonidat dan komponen lain yang mengurangi risiko penyakit jantung. Itu adalah unsur makanan penting dalam diet manusia, khususnya.


No comments:

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.