10 Makanan Yang Dipandang Sehat Padahal Tidak

Halo Serupedians!

Menjaga kesehatan sudah sewajarnya dilakukan oleh setiap orang. Dan nampaknya, sudah mulai sedikit demi sedikit orang paham akan pola hidup sehat. Tidak heran saat ini banyak yang mulai memilih makanan mana yang baik dan mana yang buruk tentu dengan alasan kesehatan. Selain itu, tidak sedikit pula yang beralasan ingin menjaga penampilan agar tetap trendi dan menarik.


Menjaga kesehatan tidak hanya dilakukan ketika kita sudah mulai merasakan sakit. Bahkan ketika berusia remaja pun pasti akan menjaga kesehatan melalui makan makanan sehat. Dengan makanan yang bergizi, tidak hanya badan yang sehat, tapi juga membuat semangat dan pandai dalam beraktifitas. Makanan sehat biasanya tergolong dari sayur-sayuran, buah-buahan, atau daging segar.

Tetapi apakah anda semua tahu bahwa ada makanan yang katanya sehat, tetapi di balik itu semua, terselip bahaya yang tak terduga. Mereka mengandung efek buruk yang sama dengan makanan berlemak kadar tinggi. Makanan apa saja yang sehat tapi katanya saja? Serupedia akan membahas 10 Makanan Yang Dipandang Sehat Padahal Tidak.

1. Ayam Goreng Tepung


Kita semua sudah tahu, tubuh memerlukan asupan protein setiap harinya. Di Indonesia bahan makanan paling populer dan mudah didapat untuk sumber protein adalah daging ayam. Tapi sayangnya pengolahannya kebanyakan digoreng. Tentu akan menimbulkan bahaya penyakit baru. Terlebih lagi ayam digoreng menggunakan balutan tepung yang tentu saja akan menyerap banyak sekali minyak pada tepung tersebut. Gorengan memang enak, tapi waspadalah terhadap tekanan darah dan tingkat kolesterol yang akan ditimbulkan.

Ada baiknya pengolahan ayam goreng dilakukan sendiri dirumah dengan menggunakan minyak yang dapat dikontrol sendiri kejernihannya. Apabila minyak yang digunakan sudah tidak layak pakai, maka kita dapat menggantinya dengan yang lebih jernih.

Apabila memang ingin menggoreng ayam dengan balutan tepung agar lebih renyah, maka alangkah baiknya ayam ditiriskan menggunakan tissue agar minyak yang terbawa tidak menumpuk di ayam dan ayam pun bisa lebih renyah.

2. Nasi Putih


Di beberapa negara Asia, khususnya Indonesia, nasi putih menjadi makanan pokok sehingga banyak yang beranggapan bahwa tidak nasi putih tidak sehat. Padahal, nasi putih justru membuat tubuh menyimpan lemak yang tidak dibutuhkan.

Selain karbohidrat, tidak ada lagi kandungan gizi yang dimiliki oleh nasi putih. Lalu apa pengganti bila bukan nasi putih? Jawabannya adalah Nasi merah . Karena selain banyak serat, nasi merah juga lebih banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang tentunya berbeda dengan nasi putih biasa.

Satu lagi, beras merah akan membuat orang tahan kenyang lebih lama sehingga cocok bagi mereka yang sedang mengatur dietnya.

3. Energy Bar


Energy bar adalah makanan zaman sekarang yang biasanya dibuat dari oat, biji-bijian, dan buah kering. Banyak yang beranggapan bahwa makanan ini katanya menyehatkan dan rendah kalori. Tapi, faktanya makanan ini mengandung banyak tambahan gula. 

Energy Bar yang mengandung gula berlebih akan meningkatkan gula darah yang ada pada tubuh. Sangat berbahaya bila dikonsumsi setiap hari. Walaupun pada kemasannya terdapat tulisan bebas gula, justru malah berarti makanan tersebut mengandung pemanis buatan yang jauh lebih tidak sehat.

4. Margarin


Margarin biasanya digunakan sebagai pengganti minyak goreng untuk menumis atau membuat telur goreng. Margarnin ini memang terbuat dari tumbuhan atau lemak nabati. Tetapi, sebagian besar margarin mengandung lemak trans atau minyak jenuh terhidrogenesi. Minyak jenuh ini akan membuat tingkat kolestrol naik melabung yang tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan.

5. Jus Buah Kemasan


Jus buah memang sehat asalkan tanpa tambahan bahan apapun. Jus buah yang sehat adalah jus buah yang asli langsung dari buah yang diambil sarinya dan langsung diminum tanpa tambahan gula atau bahan lain yang membuat komposisi jus tersebut berubah. Jus buah kemasan biasanya mengandung sedikit sari buah dan banyak zat perisa buah serta gula tambahan. Bila anda mengkonsumsi jus buah ini terus menerus, anda dapat terkena obesitas dan gangguan penyakit lainnya.

6. Keripik Kentang Kemasan


Olahan segala macam kentang adalah makanan yang sehat. Baik dibakar, direbus, ataupun digoreng karena mengandung gizi dan karbohidrat yang sehat. Tapi, banyak ahli kesehatan yang menyebutkan bahwa keripik kentang kemasan yang menggunakan pengawet buatan dapat menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.

Oleh karena itu para peneliti menyarankan agar mengolah makanan kentang sendiri. Karena kebersihan dan lain sebagainya dapat diatur agar lebih sehat.

7. Salad Menggunakan Saus Krim


Bagi para Vegetarian, salad yang satu ini merupakan menu santapan yang wajib dikonsumsi saat sarapan ataupun makan siang. Salad memang bernutrisi karena tersusun atas sayuran, buah, dan bahan rendah kalori lainnya.

Akan tetapi kebanyakan mereka kurang memperhatikan saus salad yang mereka konsumsi. Banyak yang beranggapan bahwa asalkan salad, pasti sehat begitu saja. Perlu anda ketahui, bahan krim yang ada dalam saus salad ternyata mengandung banyak lemak dan kalori. Apalagi menggunakan mayonaise yang notabene bahan dari mayonaise tersebut adalah minyak dan kuning telur yang mengandung banyak sekali lemak.

Anda dapat menggunakan saus berbahan minyak sayur untuk saus salad yang ingin dikonsumsi. Selain ringan untuk pencernaan, saus yang satu ini punya kalori yang lebih sedikit.

Baca Juga : 5 Menu Sarapan yang Bisa Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh

8. Roti Tawar Putih


Banyak negara terutama eropa yang menggunakan roti tawar sebagai makanan pokoknya. Tetapi sebenarnya, roti putih mengandung banyak gula dan tetap tak bisa mengenyangkan perut yang mengkonsumsinya. Justru yang lebih baik dari roti putih ini adalah roti gandum, karena roti gandum mengandung serat lebih banyak sehingga dapat mengenyangkan lebih lama. Tidak heran jika roti gandum cocok bagi mereka yang sedang diet menurunkan berat badan.

9. Sirup Jagung


Sampai saat ini masih banyak diperdebatkan tentang penggunaan sirup jagung sebagai pengganti gula karena kadar kalorinya yang rendah. Tapi nyatanya sirup jagung dapat mempercepat penambahan berat badan yang drastis.

Selain itu, seseorang yang mengonsumsi sirup jagung lebih besar kemungkinannya untuk makan makanan manis yang lain.

Semua orang tahu bahwa makanan manis dapat menyebabkan diabetes jika dimakan secara berlebihan. Pakar medis lantas menyarankan penggunaan buah atau madu sebagai untuk pengganti gula dibandingkan dengan sirup jagung.

Baca Juga : 7 Menu Makan Malam Rendah Kalori

10. Saus Tomat Kemasan


Tomat memang buah yang kaya akan manfaat. Tapi, bila mengkonsumsi saus tomat kemasan, manfaat tomat itu tidak bisa anda dapatkan. Pasalnya, saus tomat kemasan mengandung sirup jagung fruktosa tinggi yang kurang bagus buat kesehatan dan bisa mempercepat kerusakan gigi.

Itulah 10 Makanan Yang Dipandang Sehat Padahal Tidak. Segala sesuatu apabila dikonsumsi berlebihan tidaklah baik. perlu ada sedikit penyeimbang agar makanan yang dikonsumsi tidak melulu sehat ataupun tidak melulu tidak sehat. Yang terpenting adalah bagaimana kita dapat mengatur bagaimana asupan makanan yang dikonsumsi agar makanan tersebut tidak membuat kita jatuh sakit.

No comments:

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.