7 Kekuatan Superhero yang Terwujud dalam Dunia Teknologi

Halo Serupedians

Kekuatan Superhero yang sering kita lihat di film-film merupakan hal yang direkayasa namun merujuk pada konsep fiksi ilmiah yang berlandaskan fakta sains. Alhasil, lambat laun kekuatan superhero tersebut dapat ditemukan dalam kehidupan nyata.

Berikut serupedia akan mengulas 7 Kekuatan Superhero yang Terwujud dalam Dunia Teknologi seperti yang dilansir dari livescience.

1. Kekuatan menyembuhkan diri Ala Wolverine


Salah satu kekuatan super dari Wolverine yang menakjubkan adalah dapat menyembuhkan diri. Hal ini sedikit mustahil jika diterapkan dalam dunia nyata. Namun eksperimen militer Amerika Serikat sedang mengambangkan implan kecil yang diharapkan bisa menyembuahkan dirinya sendiri tanpa pengobatan.

The Electrical Prescriptions Program, atau ElecRXberusaha mengembangkan implan mini yang akan terus memantau kondisi fisik seseorang dan memberikan rangsangan listrik ke sistem yang membutuhkan. Perangkat ini sangat kecil sehingga bisa ditanamkan tepat di ujung saraf dengan menggunakan jarum.

Implan ini dapat digunakan untuk mengobati kondisi peradangan kronis yang menyakitkan seperti rheumatoid arthritis, sindrom respon inflamasi sistemik atau penyakit radang usus.

2. Lari Cepat Ala The Flash



Berlari cepat layaknya superhero The Flash memang mustahil terjadi dalam kehidupan nyata. Kecepatan yang dimiliki manusia berlari tak mungkin mengalahkan kecepatan Flash yang memang memiliki kepiawaian berlari super cepat. 

Namun baru-baru ini para peneliti telah menemukan Jetpack bertenaga baterai yang dipakai seperti ransel. Alat ini membantu seseorang bisa berlari cepat layaknya superhero. Hasil tes yang telah dilakukan seperti yang dilansir livescience adalah 20 detik dalam 1 mil berlari.

Teknologi ini awalnya dikembangkan sebagai bagian dari program DARPA yang ingin menemukan cara untuk membuat tentara bergerak lebih cepat di medan perang, dan sekarang para peneliti mencoba menerapkannya untuk membantu atlet meningkatkan kinerjanya dalam berlari.

3. Tembus pandang Ala Invisible Woman


Kehebatan Invisible Women dalam Fantastic 4 adalah kemampuannya tidak dilihat atau tembus pandang. Bagi kita yang berada di dunia nyata mungkin hal ini sangat mustahil untuk mewujudkannya.

Namun salah satu upaya menciptakan jubah tebus pandang ini adalah dengan cara merekayasa gelombang cahaya. Seseorang menggunakan jenis teknologi baru yang disebut metascreen yang mampu menghilangkan gelombang cahaya yang memantul dari benda berjubah. (Sejauh ini hanya bekerja di microwave). 

Sejauh ini, hanya benda-benda kecil yang telah berhasil dihilangkan dengan menggunakan jubah tersebut, namun para ilmuwan terus mengerjakan kedua proyek tersebut.

4. Visi sinar-X Ala Superman


Salah satu kehebatan superman adalah Visi X-ray yang dapat membuat melihat melalui dinding, dan sekarang berkat karya ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology, hal tersebut akan segera terwujud.

Sistem RF Capture MIT ini menggunakan sinyal radio gelombang pendek untuk melacak pergerakan melalui dinding, dan dalam eksperimen, ilmuwan berhasil mengidentifikasi 15 orang melalui dinding dengan akurasi hingga 90 persen. Dan dapat melacak gerakan mereka dalam waktu kurang dari satu inci. 

Aplikasi awal teknologi ini akan diterapkan dalam perawatan kesehatan, karena para peneliti berharap dapat menciptakan sebuah sistem yang dapat memantau para manula yang berisiko terjatuh - sebuah proyek yang pasti didukung Superman.

5. Teleportasi Ala Nightcrawler


Ilmuwan telah mampu membuat partikel teleportasi seperti Nightcrawler. Salah satu yang mungkin menjadi favorit kita saat melihat kehebatan Nightcrawler adalah mampu berpindah-pindah tempat dalam hitungan detik yang sangat cepat.

Namun konsep teleportasi yang masih dikembangkan para ilmuwan adalah meindahkan partikel sub atomik. Sejauh ini, para ilmuwan telah mampu teleport partikel antara jarak hingga hampir 90 mil (145 kilometer).

Suatu hari nanti, mereka berharap bisa menciptakan cybersecurity kuantum yang bisa diterapkan pada benda skala makro.

Baca Juga : 10 Superhero Indonesia yang Terlupakan

6. Berjalan di dinding Ala Spider Man


Spider-Man mungkin tidak memiliki masalah dalam memanjat untuk skala gedung pencakar langit, tapi untuk rata-rata manusia, prestasi semacam itu tetap menjadi bahan dalam fiksi ilmiah - sampai sekarang.

Terinspirasi oleh kaki tokek yang lengket, Peneliti di Pentagon telah mengembangkan dayung genggam yang memungkinkan manusia memanjat dinding, seperti halnya Spider-Man. 

Dayung dikembangkan untuk memungkinkan tentara mendapatkan akses ke tempat yang lebih tinggi di lingkungan perkotaan. Pada saat yang sama, para peneliti di Stanford University menciptakan hal yang serupa, dan hal ini memungkinkan untuk menemukan dayung genggam yang lebih canggih dan dapat menandingi kehebatan spider man.

7. Telekinesis Ala Jean Gray


Para peneliti di University of Minnesota telah menciptakan interface otak-komputer yang memungkinkan pengguna melakukan hal seperti Jean Gray dalam kemampuannya untuk memindahkan objek dengan pikirannya.

Dan yang paling mengejutkan sistem ini memungkinkan pengguna menerbangkan quadcopter jarak jauh dengan pikiran mereka.

Cara Kerja Pengguna memakai topi dengan elektroda terpasang yang mengambil sinyal listrik dari otak dan mentransmisikannya ke komputer, yang kemudian menerjemahkannya ke dalam gerakan. 

Relawan pelajar pertama kali menghabiskan waktu untuk belajar bagaimana memindahkan pesawat virtual melintasi model simulasi kampus Universitas Minnesota dengan menggunakan pemikiran mereka, dan kemudian mencoba menerbangkan quadcopter melalui rintangan.

"Internet kuantum memungkinkan Anda membuat saluran komunikasi yang jauh lebih aman daripada protokol enkripsi standar yang kami gunakan setiap hari," Martin Stevens, peneliti optik kuantum di Institut Nasional Standar dan Teknologi di Boulder, Colorado, seperti yang dilansir livescience.

Baca Juga : 9 Game Superhero Terbaik Sepanjang Masa


No comments:

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.