Header Ads

Bitcoin, Masa Depan Mata Uang Digital

Halo Serupedians!

Dalam kehidupan sehari-hari, transaksi sangat lazim dilakukan oleh siapapun dan dimanapun. Transaksi dilakukan sebagai tanda kesepakatan antara kedua belah pihak. Transaksi dapat berupa pertukaran antara barang dengan uang, atau barang dengan barang (barter).



Pada masa sekarang, akan sangat memakan waktu untuk bertransaksi dengan cara bertemu antara kedua belah pihak. Mengingat kesibukan dan padatnya waktu yang dimiliki masing-masing. Untuk itu, diperlukan 'sesuatu' yang lebih praktis untuk memenuhi transaksi tersebut. 'sesuatu' tersebut harus praktis dan tidak perlu melewati pihak ketiga. 'sesuatu' tersebut disebut dengan Bitcoin.

Bitcoin adalah sebuah mata uang digital yang dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Tidak tahu pasti apa tujuan sebenarnya Satoshi membuat mata uang digital tersebut, tetapi nyatanya Bitcoin menjadikan transaksi jauh lebih mudah.

Bitcoin angat praktis karena untuk melakukan transaksi melalui Bitcoin, pengguna tidak perlu melalui pihak ketiga yang berarti tidak ada bank. Tidak ada bank berarti tidak ada biaya transaksi. Cukup menarik untuk dilakukan mengingat biaya transaksi sedikit merugikan.

Seperti halnya mata uang lainnya, Bitcoin dapat digunakan untuk transaksi seperti pembelian barang atau bahkan pizza sekalipun (selama penjual pizza menerima pembayaran dengan Bitcoin). Hal menarik dari transaksi menggunakan Bitcoin adalah transaksi tanpa identitas. Hal ini berimbas pada ketidakterikatan Bitcoin pada aturan manapun secara internasional. Sehingga tidak ada biaya transaksi.


Selain transaksi tanpa identitas, dengan nilai tukar terhadap mata uang di berbagai dunia yang cukup positif, kepemilikan Bitcoin dianggap sebagai investasi yang cukup menjanjikan untuk beberapa puluh tahun kedepan. Bitcoin dapat ditukar dengan mata uang di berbagai belahan dunia yang disebut dengan 'exchange'. Exchange dapat dilakukan di beberapa situs pertukaran resmi Bitcoin seperti menjual Bitcoin atau membeli Bitcoin.

Bitcoin dapat disimpan didalam wallet digital yang ada pada cloud atau penyimpanan pada PC. Wallet ini seperti akun bank virtual yang memungkinkan pemilik Bitcoin untuk mengirim atau menerima Bitcoin dari pengguna lain.


Bagaimana transaksi Bitcoin bisa aman? transaksi Bitcoin akan dicatat pada public log yang ada pada jalur pengiriman Bitcoin. Meskipun demikian, nama pengguna tidak pernah diperlihatkan. Hanya ID dari wallet mereka yang diperlihatkan. Hal ini bertujuan agar privasi dari transaksi tidak diperlihatkan dan mencegah penelusuran orang tidak bertanggung jawab yang menyelewengkan transaksi untuk kepentingan pribadi mereka.

Jadi bagaimana? anda tertarik untuk menggunakan Bitcoin sekarang?

No comments

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.