Header Ads

5 Kehebatan Semut yang Tak Bisa Dilakukan Hewan Lain

Halo Serupedians

Semut merupakan binatang kecil yang memiliki banyak kelebihan. Meskipun ukuran tubuhnya yang relatif kecil, semut termasuk hewan terkuat di dunia. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, dapat dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri. 


Berikut serupedia akan mengulas 5 Kehebatan Semut yang Tak Bisa Dilakukan Hewan Lain yang dilansir dari berbagai sumber.


1. Membangun jebakan

Allomerus decemarticulatus adalah satu spesies semut yang hidup di pedalaman Amazon. Semut ini merupakan semut 'pemalas' yang lebih suka menunggu makanan daripada mencarinya.

Semut dari genus Allomerus ini mampu membangun sebuah jebakan di batang pohon dan dedaunan. Jika ada serangga lain yang terjebak di dalamnya, maka kawanan Allomerus decemarticulatus pun langsung mengerubungi serangga itu meski ukurannya lebih besar dari semut-semut tersebut.

2. Budidaya jamur

Bertani merupakan kegiatan yang dilakukan manusia untuk mengumpulkan makanan. Namun, hal ini juga dilakukan oleh semut.

Pada 1970, sebuah penelitian berhasil membongkar fakta bahwa semut melakukan budidaya fungi di sebuah tempat khusus. Layaknya petani, semut pun memenuhi kebutuhan hidup jamur tersebut mulai dari air, pestisida, hingga pupuk alami sebelum jamur mereka panen.

3. Pintar matematika

Menurut prinsip Fermat, jika sebuah gelombang merambat dari satu titik ke titik yang lain, maka gelombang tersebut akan memilih jejak yang tercepat. Hal ini juga dipahami oleh semut dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika sebuah koloni semut menemukan sebuah tempat penuh dengan sumber makanan, maka koloni tersebut akan memikirkan sebuah cara agar bisa menjangkau tempat tersebut dengan cepat. Semut juga memilih jalan yang memiliki permukaan lembut untuk dilewati. Namun jika jalan itu terlalu jauh, maka jalan yang keras pun dijadikan pintasan bagi mereka.

4. Semut bisa berperang

Semut merupakan satu-satunya binatang selain manusia yang dapat berperang dengan batalion yang terorganisasi secara kompleks, melawan batalion lain yang juga terorganisir . Seperti manusia, semut berperang untuk mendapatkan teritori atau sumber makanan dari koloni semut lainnya. Terkadang peperangan ini berakhir pada kekalahan total satu pihak, di mana semut yang masih hidup akan dijadikan budak untuk bekerja di kota koloni yang menang.

Kemampuan pengorganisasian, perencanaan, dan pengkoordinasian yang dibutuhkan untuk melakukan perang menjadi bukti bahwa semut adalah makhluk yang cerdas.

Lebih dahsyat lagi, Semut juga bisa mengadakan duel di mana semut terkuat dari sebuah koloni di adu oleh semut terkuat dari koloni lainnya. Jika jagoan dari sebuah koloni kalah, maka seluruh koloni itu akan diperbudak oleh koloni yang menang.

5. Semut bisa mengajar dan berkomunikasi

Penelitian terakhir menunjukkan bahwa semut bisa berbagi pengetahuan kepada semut lainnya dan mengajarkan semut lain cara mendapatkan makanan. Cara ngajar semut ini disebut "tandem running" di mana semut yang jadi guru mengajarkan secara langsung ke muridnya bagaimana cara mencari makanan. Si guru akan memperlambat langkahnya agar murid-murid bisa mengikutinya mencari makan.

Perilaku si guru ini tidak memberikan keuntungan langsung. Kalau aja si guru tidak sedang mengajari murid-muridnya, dia bisa mencari makanan 4 kali lebih cepat. Tapi dengan menyediakan waktu untuk mengajar, semut-semut murid akan dapat membantu mencari makan yang tentu saja memberikan keuntungan untuk seluruh koloni.

Lebih dahsyat lagi, Para ilmuwan meyakini bahwa inilah satu-satunya sekolah formal yang dilakukan oleh makhluk selain manusia.

No comments

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.