Mengenal Urbexpeople dan Munculnya Topeng Urbex

Halo Serupedians

Kita mungkin pernah melihat ada orang yang mengunakan topeng anonymous yang terkenal itu. Jika pernah melihat topeng seperti itu atau sejenisnya, merekalah yang kita sebut sebagai Urbexpeople.



URBEX adalah singkatan dari Urban Exploration/UE yang berarti penjelajahan kawasan kota. Kegiatan ini dilakukan oleh sekelompok orang yang berani mengambil resiko tinggi guna menjelajahi kawasan yang dianggap berbahaya seperti reruntuhan bangunan tua, gorong-gorong gelap atau tempat-tempat yang dianggap menakutkan. Biasanya pelaku hanya mengambil foto dari tempat-tempat tersebut tanpa melakukan kerusakan.

Diera modern seperti saat ini, penggemar urbex sudah menjamur diwilayah perkotaan. Sehingga, tak heran bilka saat diperjalanan atau dikawasan-kawasan tertentu banyak menemui sekelompok orang yang menggunakan pakaian aneh dan membawa kamera.

sasaran utama kegiatan urbex people ini adalah para remaja yang masih tertarik pada dunia hiburan, terutama remaja laki-laki. Mereka menganggap bahwa kegiatan tersebut merupakan sarana berkumpul bagi mereka yang jarang meluangkan waktu. Selain sebagai sarana berkumpul, kegiatan tersebut juga berguna sebagai penghilang strees. Selain remaja laki-laki, kagiatan urbex juga diminati oleh para remaja perempuan yang menyukai kegiatan ekstrim.

Para urbex people sudah menentukan tempat-tempat mana yang cocok dijadikan sebagai backround untuk pengambilan gambar. Mengapa demikian? Kerena, ketika gambar sudah diambil maka akan terlihat seni yang ada ditempat tersebut. Biasanya, tempat-tempat yang mereka cari bersifat ekstrim dan sudah tidak dipergunakan lagi.

Ciri khas dari para urbex di Indonesia adalah topeng yang dikenakan pada wajah dan alat-alat lainnya. Topeng yang digunakan pun berbeda dengan topeng yang digunakan pada umumnya. Contohnya seperti topeng tengkorak, joker, badut, anonynous dan masih banyak topeng lainnya.

Banyak diantara mereka yang mencari ketenaran melalui photo urbex yang mereka upload dijejaring sosial media, contoh utama dari jejaring sosial media adalah instagram. Di innstagram kita dengan mudah menemukan photo-photo urbex dengan berbagai kreasi editing. Mulai dari yang biasa hingga yang menakjubkan dan membuat kita terkesan saat melihatnya.

Topeng Urbex

Anonymous pada awalnya ialah kata dari bahasa inggris yang memiliki arti dalam bahsa Indonesia nya sebagai Anonim atau Tidak Dikenal, namun nama tersebut memiliki arti berbeda di ranah internet / dunia digital, Anonymous ialah nama atau arti yang ditujukan kepada seorang / suatu individu / sekolompok / sekumpulan individu yang memiliki kemampuan untuk meretas atau membobol suatu sistem keamanan, baik itu keamanan pada suatu perangkat digital, situs / website, server, banking, ataupun hal lainya.

Nah karena kebanyakan dari kegiatan yang disebutkan diatas ialah ilegal / bisa dikatakan melanggar hukum, para hacker menyampaikan pesan melalui video, demo ataupun dengan cara lain membutuhkan sebuah topeng untuk melindungi identitas mereka dalam hal ini Wajah / Muka. Disini dipakailah topeng Anonymous yang aslinya bernama topeng Guy Fawkes, dan topeng ini awalnya berasal dari film berjudul V for Vendetta. 

Pemakaian topeng ini juga bukan tanpa sebab atau alasan yang tidak jelas, untuk singkatnya didalam film V For Vendetta, orang beridentitas V atau Guy Fawkes ( Tokoh Utama ) ialah seorang yang berkeinginan menegakkan keadilan dan menumpas kekuasaan totaliter / kediktaktoran dari para penguasa yang telah menyebabkan kekacauan dan krisis dimana-mana. Dalam hal ini V atau Guy Fawkes mengenakan topeng untuk menyembunyikan / melindungi identitas aslinya.  

Lebih Jelasnya Guy Fawkes juga dikenal dengan nama Guido Fawkes ialah pelaku peledakan bom di Gedung Parlemen Inggris. Dia bersama anggotanya melakukan aksi tersebut karena ingin membunuh Raja James 1. Namun aksi Guy Fawkes dan teman-temannya berhasil di gagalkan oleh pihak keamanan kerajaan. Peristiwa pengeboman sekaligus penangkapan Guy Fawkes dan anggotanya terjadi pada 5 November 1605. 

Namun anehnya, penangkapan hanya di tunjukan pada Guy Fawkes, 30 anggoatanya berhasil meloloskan diri. Peristiwa pengeboman besar itu di kenal dengan sebutan ‘’Peristiwa Bubuk Mesiu’’ atau ‘’ Gun Powder Plot’’. Untuk mengenang peristiwa tersebut masyarakat inggris menggelar perayaan kembang apa setiap tanggal 5 November. Topeng Guy Fawkes juga didesain supaya mirip dengan tokoh asli nya Guido Fawkes.

Baca Juga : Sejarah Bajaj dan Fakta Menarik Tentangnya

Dan hal ini lah yang ditiru para hacker / hacktivist, karena selain tampilan topeng Anonymous yang mengandung makna " senyum mematikan " hacker asli ( yang memang hacker ) memang seharusnya menutupi identitas asli karena ketika melakukan sebuah aksinya di internet, kehidupan mereka didunia nyata sedang dipertaruhkan. Jadi itulah asal usul topeng Anonymous yang dipakai para hacktivist untuk menyampaikan pesan - pesan mereka entah melalui video, demo dan cara lain.

Dirangkum dari berbagai sumber

No comments:

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.