5 Alasan Mengapa Olahraga di Alam Terbuka itu Sangat Menyehatkan

Halo Serupedians

Bila kita perhatikan banyak yang menyebut olahraga di alam terbuka  itu sangat melelahkan dan sangat berat. Olahraga ini kemudian tidak banyak diminati oleh banyak orang. Hanya segelintir aja yang suka dan hobi yang satu ini.

gambarnya dari http://kaltara.prokal.co/

Sebenarnya olahraga di alam terbuka ini tidak melulu harus pergi ke hutan atau gunung tinggi. Kita bisa juga ngelakuinnya di taman atau lapangan yang sejuk buat ngelakuin gerakan-gerakan yang dapat ngebakar lemak.

Berikut serupedia akan mengulas Mengapa Olahraga di Alam Terbuka itu Sangat Menyehatkan. Berikut ulasannya.


1. Dapat meningkatkan mood kamu

Salah satu yang ngasyikin banget dari berolahraga di alam bebas adalah bisa berjalan menelusuri hutan rimba yang punya bau tanah yang khas. Menurut sebuah artikel penelitian yang diterbitkan oleh The Telegraph, menunjukan bahwa berjalan di hutan dua kali lebih baik dari pada berjalan ke kantor atau ketempat lainnya di sekitar tempat tinggalmu, hal ini juga sangat baik untuk kesehatan mental kita. 

Penelitian ini juga menyoroti bahwa berjalan-jalan di taman yang asri punya dampak positif pada orang yang menderita kecemasan dan depresi berat. Bahkan, hanya beberapa menit latihan di ruang hijau dapat meningkatkan kesehatan mental kita lho. 

2. Ini membantu kamu mengelola stres

Menurut beberapa penelitian, berolahraga di alam terbuka dapat menurunin kadar kortisol. Jika kadar kortisol kita tinggi maka akan semakin stress kita ngejalanin roda kehidupan yang fana ini.

Selain itu, jika ini dilakukan menjelang siang hari,  kita akan terkena pancaram sinar matahari, tentunya ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, mengingat pancaran langsung sinar matahari dapat meningkatkan suasana hati kita kearah yang lebih baik dan meningkatkan kadar kami vitamin D. Hal ini tentunya kan berakibat akibat mengurangi risiko asma, gangguan autoimun dan penyakit tiroid.

3. Dapat Ngenjaga motivasi Kamu

Berolahraga di alam bebas enggak hanya bagi kesehatan fisik tubuh kita, melainkan juga bermanfaat untuk kondisi psikologis kita. Menurut sebuah studi, "berolahraga di alam terbuka yang hijau dapat ngebantu motivasi untuk melakukan aktivitas fisik dengan meningkatkan kenikmatan hidup yang lebih baik"

Sebuah survei tahun 2011 menemukan bahwa berolahraga di alam terbuka juga dapat meperkuat perilaku. Hal ini jauh lebih baik dari orang yang suka pergi ngegym atau berjalan-jalan di mall.

4. Dapat ningkatin fokus kamu

Kita semua tahu kalo berolahraga meningkatkan memori dan konsentrasi kita. Selain itu ternyata kegiatan olahraga dapat meningkatkan produksi hormon tertentu yang bermanfaat bagi kognisi dan kesehatan otak.

Menurut sebuah studi yang dilakuin oleh University of Illinois, anak-anak yang mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD),  dapat mengalami peningkatkan konsentrasi mereka setelah berjalan-jalan singkat 20 menit di taman atau alam terbuka daripada berjalan-jalan di area kota.

5. Dapar ngebantu kamu mengelola berat badan kamu

Menurut International Journal of Obesity, anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di alam terbuka memiliki 27-41 persen lebih sedikit kemungkinan kelebihan berat badan daripada mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan.

Aktivitas fisik yang terjadi saat berolahraga di alam terbuka akan membakar banyak kalori yang tertimbun dalam tubuh kamu sehingga proses metabolisme dapat berjalan lebih baik..

No comments:

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.