Header Ads

5 Manfaat Positif Tertawa untuk Kesehatan

Halo Serupedians

Tertawa merupakan hal ringan yang sering Kita lakukan dalam keseharian. Penyebab tertawa bisa bermacam-macam, ada yang spontan ada juga saat kita melihat lawakan. Dibalik itu semua, ternyata tertawa menyimpan manfaat positif yang luar biasa terutama bagi kesehatan.


Berikut serupedia akan mengulas 5 Manfaat Positif Tertawa untuk Kesehatan. Selamat menyimak.

1. Mengurangi Stres

Sebuah studi mengatakan bahwa manfaat dari rasa humor dan tertawa yaitu mempu meminimalisir pikiran negatif dalam kehidupan yang menyebabkan depresi. Tidak hanya itu, tertawa dapat mengurangi rasa kesepian dan membuat seseorang berpikir lebih positif terhadap diri mereka sendiri.

Dalam dunia psikoterapi, tertawa dapat dilakukan dengan terapi tertawa. Tertawa biasa dan tertawa yang dibuat-buat berbeda dengan terapi tertawa. Terapi tertawa merupakan tertawa yang dimulai dengan tahap demi tahap. Sehingga efek yang dirasakan bagi yang tertawa benar-benar bermanfaat.

Terapi tertawa untuk mengurangi stres sudah banyak dilakukan orang. Tertawa 5-10 menit bisa merangsang pengeluaran endorphine dan serotonin, yaitu sejenis morfin alami tubuh dan juga metanonin. Ketiga zat ini merupakan zat baik untuk otak sehingga kita bisa merasa lebih tenang.

Terapi tertawa merupakan teknik yang mudah dilakukan, tetapi efeknya sangat luar biasa, bahkan dapat menyembuhkan pasien dengan gangguan mental akibat stres berat. Tertawa dalam dunia medis, merupakan obat mujarab ganguan stres atau ganguan penyakit lainnya.

2. Baik untuk Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika Kamu tertawa, ada peningkatan aliran darah yang kaya akan oksigen ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya pelepasan endorfin, yang membuat perasaan negatif dan stres menghilang. Kamu bisa bantu menyehatkan jantung dengan melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan endorfin seperti,mendengarkan musik yang disukai, olahraga dan juga tertawa.

Ternyata tertawa yang kita lakukan bisa menyehatkan jantung. Sebagian peneliti menemukan ketika seseorang yang tertawa akan meningkatkan produksi oksigen di dalam peredaran darah. Diikuti dengan pelepasan endorfin yang membentuk reaksi dalam menangkal stres dan pikiran-pikiran negatif.

Beragam aktivitas lain yang bisa meningkatkan endorfin adalah berolahraga dan mendengarkan musik kesukaan. Yang pasti jangan lupa, masukkan tertawa sebagai daftar penghilang stres Kamu.

3. Seperti Berolahraga

Tertawa merupakan tindakan fisik yang bisa menjadi olahraga ringan untuk tubuh. Ketika tertawa, wajah Kamu mengalami peregangan otot. Hal ini akan meningkatkan denyut nadi dan oksigen yang tersebar ke jaringan. Ini dikarenakan saat tertawa Kamu akan benapas lebih cepat. Tidak hanya itu, tertawa membuat jantung memompa lebih cepat. Ini akan membuat peredaran darah jauh lebih lancar.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tertawa sebenarnya bisa menjadi bentuk olahraga. Beberapa temuan mengenai gelotology, cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tertawa, menunjukkan bahwa tertawa dapat menghasilkan beberapa efek positif yang sama seperti berolahraga.

Dalam sebuah penelitian, peneliti meminta 300 orang relawan menonton video film yang menyedihkan berjudul 'Saving Private Ryan' dan film komedi. Temuan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan 30 - 40 persen diameter pembuluh darah jantung saat menonton lucu dibandingkan saat menonton film menegangkan.

Pelebaran pembuluh darah yang terjadi ini mirip dengan yang dialami tubuh saat menjalani olahraga. Saat berolaharga dan tertawa, terjadi berbagai proses penting yang membantu tubuh mengatur aliran darah dan mengurangi peradangan.

4. Mengubah Mood Buruk

Saat seseorang sedang malas mau melakukan aktivitas, hawanya selalu ingin uring-uringan hal itu menandakan jika dirinya sedang dilanda bad mood. Mood yang buruk akan bepengaruh pada aktivitas seseorang. Mendadak jadi pemalas dan pemarah adalah ciri orang terkena bad mood. Ketika orang dilanda bad mood dan ada yang bisa membuatnya tertawa, orang tersebut akan berubah moodnya menjadi lebih baik. Sehingga dia melupakan bad mood yang tadi melandanya.

Tertawa juga membantu seseorang menahan energi negatif saat suasana hati buruk. Endorfin yang dihasilkan saat tertawa membuat perasaan jauh lebih baik.

5. Mengurangi rasa sakit

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa penderita penyakit kronis tidak merasa terganggu dengan rasa sakitnya tersebut ketika mereka sering tertawa. Tertawa tidak akan menyembuhkan sakit kronis Kamu, tetapi bisa membantu meringankan rasa sakit yang diderita.

Tertawa bisa membantu kita merasa berenergi dan segar. Hal ini karena tertawa bisa meningkatkan asupan oksigen dan melepaskan endorfin, yaitu hormon feel good yang membuat kita merasa bahagia. Seperti yang pernah dikatakan oleh Charlie Chaplin, bahwa tertawa adalah obat yang bagus untuk menghilangkan rasa nyeri.


No comments

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.