Bagaimana Investasi Emas di Pegadaian?

Halo Serupedians

Investasi Emas merupakan trend baru dalam berinvestasi. Bukan rahasia lagi, logam mulia atau emas batangan bisa dijadikan alat investasi jangka panjang. Nilai emas cenderung naik dan tidak rentan terhadap pergolakan ekonomi.


Banyak instrumen investasi lainnya yang memberikan imbal hasil lebih tinggi seperti saham. Namun, sesuai dengan keuntungan yang diperoleh, risikonya juga tinggi.

Investasi lainnya yang juga memberikan keuntungan tinggi adalah properti. Namun, kelemahan dari properti adalah tidak likuid seperti emas. Sehingga pada akhirnya akan membutuhkan waktu lama untuk menjual properti.

Emas bisa menjadi pilihan bagi Kamu yang ingin memiliki investasi jangka panjang yang mudah dilikuidasi dengan sedikit resiko. Bagi Kamu yang masih memulai untuk investasi emas, berikut adalah langkah jitu investasi emas yang dapat Kamu coba terutama menggunakan jasa pegadaian.

Mengapa harus di pegadaian?

Pegadaian merupakan salah satu perusahaan BUMN yang sudah merilis produk investasi baru berbasis logam mulia emas beberapa waktu lalu. Kamu mempunyai tiga pilihan dalam investasi emas di pegadaian. Jenis produk pertama yang ditawarkan oleh Pegadaian adalah bernama Mulia. Produk investasi Mulia ini memberikan fasilitas layanan penjualan emas berbentuk fisik kepada Kamu secara tunai maupun kredit dengan jangka waktu tertentu, secara kolektif, atau arisan.

Jangka waktu yang diberikan jika membeli emas secara kredit di Pegadaian adalah mulai dari tiga bulan hingga 36 bulan. Dengan memberikan uang muka mulai dari 15 persen saja, investor bisa memilih berat emas batangan mulai dari 5 gram sampai dengan 1 kilogram. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa logam mulia emas baru bisa dimiliki apabila angsuran sudah lunas.

Sementara itu, produk kedua investasi emas di Pegadaian adalah Tabungan Emas. Sebagian masyarakat mungkin berpikir menabung atau menyimpan uang di bank memberikan imbal hasil yang menjanjikan, tapi pada kenyataannya uang tersebut akan tergerus inflasi. Oleh karena itu, sebaiknya uang disimpan dalam bentuk lain yang anti inflasi seperti pada logam mulia emas. Tidak seperti uang kertas, nilai emas setiap tahunnya cenderung naik, jadi selain investasi tanah atau properti, investasi emas dengan memanfaatkan tabungan emas di Pegadaian bisa jadi alternatif yang tepat.

Tabungan emas di Pegadaian merupakan suatu produk jasa yang melayani transaksi pembelian dan penjualan emas serta memberikan fasilitas titipan dengan harga bersaing. Sebenarnya konsep tabungan emas tersebut adalah Kamu membeli emas dan menitipkan emas tersebut di Pegadaian. Namun, pembelian bisa dicicil, alias tidak tunai. Tabungan emas ini lah yang dipromosikan Pegadaian dengan label "menabung emas mulai dari 5000 rupiah".

Ketika membuka rekening tabungan emas ini, Kamu bisa mencicil hingga mencapai jumlah minimal pembelian dalam kelipatan 0.01 gram. Harga emas akan disesuaikan dengan waktu transaksi pembelian. Di samping itu, apabila memerlukan dana tunai, saldo titipan emas minimal 1 gram dapat dijual kembali (buyback) ke pihak Pegadaian dengan harga yang disesuaikan dengan harga saat transaksi dilakukan.

Selanjutnya, produk investasi emas ketiga di Pegadaian adalah bernama Konsinyasi Emas. Layanan ini menawarkan jasa titip-jual emas berbentuk fisik (emas batangan) yang apabila terjual, investor akan mendapatkan pembagian hasil penjualan emas tersebut. Investor dapat memperoleh bagi hasil penjualan setelah emas pengganti diterima. Akan tetapi, jika selama jangka waktu 3 bulan emas belum terjual, maka investor dapat memperpanjang kontrak konsinyasi baru lagi karena transaksi di produk konsinyasi emas hanya bisa dilakukan satu kali per akad.

Cara Investasi Emas di Pegadaian

1. Arisan emas

Cara lain untuk menyimpan atau investasi emas adalah melakukan arisan logam mulia di Pegadaian. Kamu dapat mengikuti program ini dengan mengajukan permohonan ke kantor Pegadaian terdekat atau dengan membentuk kelompok yang terdiri dari minimal enam orang atau lebih.

Dalam program ini, akan dilakukan pengundian setiap bulan untuk mendapat satu keping emas. Adapun pemesanan dalam satu kali undian minimal sebesar 1 gram dan maksimal tak terbatas. Tapi sebaiknya Kamu mengomunikasikan kemampuan anggota untuk menentukan berat emas yang dipesan agar tidak membebani biaya bulanan. 

Kamu pun tidakk usah khawatir mengenai fluktuatifnya harga karena Pegadaian menerapkan harga flat, sehingga naik atau turunnya harga emas tidak akan memengaruhi harga emas di program ini karena tidak akan berubah sejak awal perjanjian. 

2. Gadai emas

Jika Kamu membutuhkan uang tapi tidak ingin menjual emas yang Kamu miliki, maka Kamu bisa menitipkan dengan cara gadai ke Pegadaian. Adapun nilai peminjaman yang bisa Kamu dapatkan dari gadai emas ini sebesar 85% dari harga emas. Jadi, jika emas Kamu ditaksir senilai Rp 1 juta maka dana pinjaman yang Kamu dapatkan Rp 850.000.

Penitipan emas di Pegadaian selama empat bulan, namun dapat diperpanjang dengan tambahan biaya sewa. Biaya gadai dihitung per 10 hari masa pinjaman di Pegadaian syariah, sedangkan Pegadaian konvensional per 15 hari. Selain biaya gadai, Kamu juga bakal dikenakan biaya administrasi.

3. Tabungan emas

Konsep tabungan emas maksudnya Kamu membeli emas dan dititipkan di Pegadaian dan bisa mencairkannya, sehingga bisa diartikan Kamu mengambil tabungan.

Produk ini semakin memberikan kemudahan kepada masyarakat lantaran hanya dengan minimal Rp 5.000 dan Rp 10.000, Kamu sudah investasi emas seberat emas 0,01 gram.

Harga emas di tabungan emas akan disesuaikan dengan harga ketika transaksi dilakukan kali pertama dan Kamu akan menabung mulai berat emas terendah. Jika Kamu ingin mencairkan tabungan emas maka harganya akan disesuaikan dengan saat itu.

4.  Mencicil

Kamu juga bisa mencicil emas di Pegadaian. Kamu hanya tinggal datang ke kantor Pegadaian terdekat untuk memilih logam mulia yang diinginkan.

Sebelumnya Kamu kudu membayar uang muka (DP) yang besarannya antara 20-30 persen dari nilai emas. Selanjutnya, menentukan lamanya jangka waktu cicilan antara 1 bulan hingga 36 bulan dan jumlah cicilan. Tenor cicilan ini berkorelasi dengan besarnya jumlah cicilan.

Setelah menentukan semua itu dan cicilan dilunasi, Kamu bisa menerima emas dalam waktu 1-2 minggu dari waktu pelunasan. Oh ya, selain datang langsung ke kantor Pegadaian, Kamu juga bisa melakukan cicilan emas ini secara online, dengan mengunjungi website Pegadaian.

5. Menitip

Pagadaian membuka layanan jasa penitipan emas, sehingga Kamu bisa menitipkan emas yang dimiliki, dengan aman dan terjamin serta biaya yang murah.

Emas yang Kamu simpan di Pegadaian diasuransikan, jadi Kamu tidak perlu khawatir emasmu akan hilang.

Adapun biaya jasa penitipan emas di Pegadaian cukup terjangkau, hanya Rp 20.000 per 100 gram tiap bulan. Jadi, kalau Kamu menitipkan emas seberat 1 kilogram (kg) maka biaya tiap bulannya senilai Rp 200.000.

dirangkum dari berbagai sumber

No comments:

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.