Header Ads

5 Makanan yang Mampu Mengatasi Insomnia

Halo Serupedians

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.


Berikut serupedia akan mengulas 5 Makanan yang Mampu Mengatasi Insomnia. Berikut ulasannya !


1. Susu hangat ditambah Madu

Ini adalah minuman yang baik untuk dikonsumsi sebelum tidur. Susu hangat mengandung amino-acid disebut tryptophan (selain kalsium yang sangat bermanfaat juga) sedangkan madu membantu melemaskan otot-otot dan menenangkan pikiran. Ini adalah minuman lezat dan bergizi yang bertindak sebagai obat tidur alami.

2. Kentang

Kentang goreng atau panggang termasuk makanan lezat, tidak hanya lezat, tapi kentang adalah sumber besar dari tryptophan (hormon yang merangsang tidur), dan kentang juga memiliki efek menenangkan keseluruhan yang bermanfaat bagi tubuh dan pikiran.

Kentang rebus lebih rendah kalori dan lemak Kentang yang direbus lebih kaya akan protein, mineral terutama kalium, fosfor, dan vitamin B kompleks serta vitamin C secara alami. Kentang rebus juga lebih rendah kalori dan lemak, namun tinggi kadar serat yang akan membantu Anda merasa lebih kenyang. Berbeda dengan kentang yang diolah dengan digoreng serta menambahkan mentega atau krim, dimana yang akan meningkatkan kadar kalori dan lemak secara signifikan. Selain itu, kadar gizi alami kentang juga bisa banyak berkurang.

3. Teh

Berbicara tentang minuman sebelum tidur, susu dan madu mungkin kombinasi lezat tetapi beberapa jenis teh memiliki efek penenang ringan yang sangat cocok untuk menghilangkan stres yang membuat kesulitan tidur. Peppermint, teh herbal atau teh chamomile adalah tiga dari jenis yang paling populer yang dikenal untuk efek merangsang tidur.

4. Oatmeal (Bubur gandum)

Oatmeal (bubur gandum) adalah camilan baik sebelum tidur, karena sangat kaya akan karbohidrat. Dari faktanya, oatmeal dapat dipertimbangkan sebagai solusi win-win. Oatmeal tidak hanya merangsang produksi alami serotonin (neurotransmitter yang meningkatkan suasana hati dan membuat merasa bahagia), tetapi juga mencerna makanan lebih lambat yang akan membuat merasa kenyang sepanjang malam.

Salah satu alasan dari kurang tidur malam adalah bangun di tengah malam untuk mencari makanan ke dapur dan kembali ke tempat tidur, namun ini tidak akan terjadi jika mengkonsumsi semangkuk oatmeal secukupnya sebelum tidur, agar merasa kenyang.

5. Pisang

Pisang telah digunakan sebagai perangsang tidur yang alami selama berabad-abad, karena seperti kacang-kacangan dan oatmeal, pisang juga meningkatkan kadar serotonin dan melatonin. Selain itu, pisang adalah buah lezat yang juga dikenal bertindak sebagai relaksan otot alami (relaksasi otot), sehingga membantu bersantai dan bersiap-siap untuk tidur dengan cara alami, cepat dan efisien.

No comments

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.