5 Tips Untuk Mengembangkan Hobi Menulis Anda

Sejak dahulu, sejak kita masih di bangku sekolah dasar tentu akan dibiasakan untuk menulis sesuatu. Baik itu pelajaran, atau mengarang. Pada intinya kita dibiasakan untuk menulis dan berfikir kreatif dalam menuangkan ide kita ke dalam bentuk tulisan. 

Biasanya, ketika sudah beranjak dewasa, orang-orang yang hobi dengan menulis menjadi sangat kesulitan dalam menemukan ide kreatif yang akan mereka tuangkan kedalam tulisan mereka. Anda tidak perlu khawatir, inilah beberapa tips agar anda dapat mengembangkan hobi menulis anda dengan baik




1. Tulis Berdasarkan Pengalaman Anda


Setiap orang pasti memiliki aktivitas keseharian yang berbeda-beda. Anda bisa menuliskan semuanya dalam satu artikel atau memilah-milah mana kegiatan yang menarik untuk dituliskan. Bagi penulis, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagaimana menyajikan aktivitas kita menjadi menarik untuk diceritakan.


2. Gunakan Gaya Bahasa Anda Sendiri


Gaya bahasa anda akan tercipta dengan sendirinya jika anda tidak meniru orang lain. Apalah arti tulisan yang bagus jika itu berisi kebohongan yang anda sajikan demi meraih popularitas?


3. Berlatih Margin


Margin sangat berguna untuk merapikan paragraf-paragraf tulisan anda menjadi lebih enak dan mudah dibaca. Ketahui pula bahwa tulisan anda akan sangat ditentukan oleh kenyamanan pembaca. Semakin nyaman tulisan yang anda buat maka akan semakin lama tulisan anda dibaca dan pembaca akan semakin memahami apa maksud dari tulisan anda.


4. Menulis Dengan Rutin


Dengan menulis secara rutin, anda secara tidak langsung telah melatih cara menulis anda sendiri dengan gaya anda sendiri. Tidak perlu serius dalam menulis, yang penting maksud dan tujuan anda menulis terpenuhi dan anda akan terlatih untuk menulis dengan sendirinya.


5. Baca Tulisan Anda Sendiri


Anda membaca tulisan anda sendiri berarti anda sedang mengoreksi kesalahan dan kekurangan anda dalam menulis. Hal ini baik untuk pengembangan menulis anda karena anda akan menjadi tahu letak kesalahan anda dalam menulis. Bisa juga dengan meminta tolong orang terdekat anda untuk membaca tulisan anda agar menjadi bahan uji apakah tulisan anda layak dipublikasikan atau masih perlu beberapa pengembangan lagi.

No comments:

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.