5 Manusia Berhasil Mengelilingi Bumi Dengan Cara Tak Biasa

Halo Serupedians

Setiap orang punya passion dan tujuan hidupnya sendiri-sendiri. Ada yang biasa-biasa, ada juga yang greget dan luar biasa. Bahkan ada lho orang-orang yang keinginannya seperti hal yang mustahil. Misalnya mengelilingi dunia. Terdengar mustahil untuk manusia kecil seperti kita. Kecuali bagi miliarder yang bisa terbang ke mana pun mereka suka. Namun, memang benar-benar ada orang gila yang mengelilingi dunia dengan caranya sendiri.

Tak pakai jet-jet pribadi atau carter pesawat terbang, orang-orang ini berhasil mengelilingi bumi. Caranya pun macam-macam dan sama sekali tak terbayangkan di pikiran kita. Tekad, kemauan dan keyakinan yang membuat mereka bisa menciptakan pencapaian yang takkan mudah dilakukan banyak orang itu.

Inilah kisah-kisah para juara yang berhasil mengelilingi Bumi dengan cara-cara super unik. Selamat terinspirasi, ya!

1. Laura Dekker, Berlayar Mengelilingi Bumi Sendirian Saat Usianya Baru 14 Tahun


Tak semua anak gadis punya keberanian seperti pria dewasa. Tapi, hal tersebut dimiliki oleh seorang remaja bernama Laura Dekker. Ia adalah pemegang rekor untuk manusia termuda yang mengelilingi Bumi. Laura melakukan pencapaian tak mudah ini dengan berbekal yacht tua milik ayahnya.

Sebagai anak gadis, tentu saja mimpi ini tak mudah dijalani. Apalagi karena ia masih begitu muda. Dalam prosesnya, Laura mengalami banyak rintangan termasuk dari pemerintah Belanda tempat asalnya tinggal. Ia sempat dipisahkan dari orangtuanya selama 10 bulan, berharap agar nyalinya untuk berkeliling dunia surut. Namun, pemerintah menyerah dan akhirnya mengembalikan Laura kepada kedua orangtuanya. Mimpinya pun dimulai saat itu.

Laura mengawali perjalanan gilanya dari Gibraltar untuk kemudian mencapai Saint Marteen di Amerika Tengah setengah tahun kemudian. Lalu, ia melanjutkan lagi ke Selandia Baru dan akhirnya tinggal di sana.

2. Robert Garside, Mengelilingi Bumi Dengan Berlari


The Running Man, begitu pria bernama Robert Garside ini dijuluki. Alasannya, mungkin pria ini jadi satu-satunya manusia Bumi yang pernah menjelajahi negara-negara di dunia dengan berlari. Selama lima tahun delapan bulan ia berhasil menjelajahi dunia yang dimulai pada tahun 1997 di India.

Berkeliling dunia sambil berlari bukan perkara mudah. Selain harus mempersiapkan fisik yang luar biasa prima, Garside sendiri harus siap dengan segala risiko yang akan dialaminya di perjalanan. Dan benar saja, ia mengalami banyak hal buruk. Misalnya ditembaki oleh para ekstrimis di Rusia, ditangkap di China gara-gara dikira mata-mata, sampai diburu oleh orang-orang India. Namun, di balik perjuangan berat pasti ada hadiah besar menanti. Robert mendapatkan dua hadiah besar sekaligus dari pencapaiannya ini. Pertama adalah rekor dunia, dan kedua adalah sang pujaan hati yang ditemuinya ketika berlari di Caracas, Venezuela.

3. Mike Hall, Gowes Keliling Dunia


Penggemar sepeda pasti sudah tahu siapa Mike Hall. Bisa dibilang jika pria ini pesepeda paling cepat di planet Bumi. Raihannya tak cuma itu, Mike juga melakukan pencapaian besar yang mungkin takkan mudah untuk dilakukan para pesepeda bahkan atlit sekalipun. Yup, mengelilingi dunia.

Mike benar-benar mengelilingi dunia dengan sepedanya. Dimulai pada suatu hari di tahun 2012, Mike berhasil mengelilingi satu putaran Bumi 107 hari kemudian. Sebenarnya tak 107 hari penuh karena ia harus berurusan dengan dokumen dan juga penerbangan. Kecuali Mike bisa bersepeda di atas air, tentu ia takkan buang-buang waktu untuk itu. Tercatat ia berhasil mengelilingi sekitar 20 negara dengan jarak tempuh 24,9 mil. Gila, kan?

4. Karl Bushby, Berjalan Kaki Mengelilingi Dunia


Semua orang bisa keliling dunia dengan modal apa pun. Bahkan jika kamu tak punya sepeda balap seperti Mike Hall, kamu bisa tetap berkeliling dunia dengan berjalan kaki seperti yang dilakukan oleh Karl Bushby. Pria ini benar-benar mengayunkan kaki-kakinya dan menjadi manusia pertama yang berjalan kaki paling jauh.

Karl menghabiskan bertahun-tahun dan sudah berhasil mencapai jarak sekitar 36 ribu mil. Ia memulai langkah pertamanya dari Amerika Selatan hingga sampai London. Rutenya adalah melalui Amerika Tengah, lalu Amerika Serikat, Kanada, kemudian mampir di Selat Bering, dan kemudian Russia. Dari Russia, ia melanjutkan perjalanannya keliling Eropa dan akhirnya sampai di London. Sepanjang perjalanan ia mengalami banyak hal. Pasti ada banyak dukanya, namun kegembiraannya juga tak kalah besar.

5. Jason Lewis, Mengelilingi Dunia Hanya Berbekal Nekat


Jason Lewis mungkin manusia dengan obsesi mengelilingi Bumi paling besar di antara deretan orang-orang ini.Ya, ia benar-benar mempersiapkan apa pun untuk bisa melakukan ekspedisi maut ini. Namun, ia sama sekali tak mengandalkan apa pun, selain alat-alat yang dioperasikan dengan tenaganya sendiri. Mulai dari perahu pedal, sepeda dan juga sepatu roda.

Jason melakukan ekspedisi ini selama hampir 13 tahun dan benar-benar mengelilingi dunia dengan putaran penuh. Ia mengawalinya dari Greenwich, Inggris, lalu melalui Eropa, Amerika, Australia, lalu Asia dan sampai lagi ke titik start. Semuanya dilakukan dengan tenaganya sendiri. Termasuk ketika ia harus menggunakan perahu pedal untuk melintasi lautan dan samudera.

Punya mimpi besar memang mudah, namun mewujudkannya yang susah. Namun, hal tersebut bukanlah hal yang mustahil. 5 orang ini buktinya jika kemauan besar bisa memudahkan langkah kita meraih apa pun. Orang-orang ini berhasil menginspirasi tentang mimpi yang ternyata bisa dikejar dengan cara-cara kita sendiri.

No comments:

Komen yang mengandung Spam akan kami detete

Powered by Blogger.